Monday 23 April 2018

OS Baru Microsoft Berbasis Linux , AZURA SPHERE

OS Baru Microsoft Berbasis Linux , AZURA SPHERE – Anda pasti sudah sangat mengenal Microsoft. Ya, perusahaan yang memproduksi perangkat lunak ini terkenal dengan sistem operasi Windows yang sampai saat ini masih mondominasi sebagai sistem operasi komputer desktop yang paling banyak dipakai.

Belum lama ini Microsoft mengumumkan Sistem Operasi terbarunya yang berbasis Linux yaitu Azura Sphere. Bila anda berpikir bahwa Azura Sphere adalah sistem operasi komputer desktop seperti Windows, ternyata tidak demikian. Microsoft Linux ini diperuntukan untuk melindungi micro-processor yang digunakan pada perangkat kecil dan “internet of thing”.


OS Baru Microsoft Berbasis Linux , AZURA SPHERE

OS Baru Microsoft Berbasis Linux , AZURA SPHERE


Seperti kita ketahui bahwa, system cloud dan internet of thing sebagian besar menggunakan sistem Linux, Microsoft mencoba mengambil bagian dari ini untuk micro-processor yang dibuatnya. Mungkin anda akan bertanya, mengapa tidak menggunakan sistem operasi Windows saja, bukankah Microsoft merupakan perusahaan yang memiliki Windows system?

Menurut mereka, tentu saja kami adalah perusahaan Windows namun, untuk keperluan perangkat/alat seperti ini (micro-processor) akan lebih cocok bila menggunakan Azura Sphere.

Micro-processor yang disebut disini bukan seperti prosesor komputer pada umumnya, tidak juga seperti prosesor smartphone atau “single board computer”. Mereka mengembangkan Azura Sphere menggunakan custom Linux kernel yang dilengkapi dengan berbagai perkembangan yang mereka lakukan. Tujuannya adalah untuk membuat sistem keamanan pada gadget pintar sebagai bentuk kemitraan tiga bagian :

  • Desain Baru untuk Micro Controller Unit (MCU)
  • Azura Sphere yang berbasis Linux
  • Azura Sphere Cloud Security

Jadi, OS Baru Microsoft ini tidak diperuntukan untuk komputer desktop dan mungkin Microsoft tidak akan pernah membuat OS berbasis Linux untuk komputer desktop. Soalnya, sekarang saja sudah banyak sekali distro Linux yang tersedia untuk komputer desktop. Microsoft mungkin ingin mengambil sisi lain dari bisnis mereka dengan menggunakan sistem operasi komputer berbasis Linux.

Azura Sphere merupakan sistem operasi khusus yang diperuntukan untuk alat khusus, termasuk pada perlengkapan “internet of thing”.  Azura Sphere lebih mengedepankan pada keamanan prosesor, cloud dan sistem operasi itu sendiri. Dengan menggunakan sistem dasar Linux, harapannya hal tersebut dapat tercapai dengan baik.

Sistem operasi berbasis Linux memang banyak digunakan untuk perlengkapan “internet of things”. Linux memiliki jenis dan varian distro yang cukup banyak, tidak hanya untuk perlengkapan khusus saja, Linux juga dapat dipakai pada komputer desktop. Dengan berbasis open source yang didukung oleh komunitas yang besar, Linux terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Setelah bergabung dengan Linux Foundation pada tahun 2016 dan membuat sistem Linux dapat berjalan di Windows melalui WSL (Windows Subsystem Linux), Azura Sphere merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Microsoft untuk keperluan penggunaan alat khusus micro-processor.

Setelah 43 tahun lamanya, ini untuk pertama kalinya Microsoft menggunakan custom kernel Linux pada sistem operasi terbarunya yaitu Azura Sphere.

Dengan membidik pada sistem keamanan untuk sistem operasi, prosesor dan cloud system, Azura Sphere harapannya dapat menjadi salah satu Sistem Operasi dengan tingkat keamanan yang baik. Seperti kita ketahui, sekarang ini banyak sekali terdapat celah pada perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk keperluan mereka. Banyak dari para pengguna internet dan komputer yang mungkin dirugikan dengan buruknya sistem keamanan pada sistem operasi, prosesor dan penyimpanan file berbasis awan (cloud).

Demikian mengenai OS Baru Microsoft Yang Berbasis Linux, semoga bermanfat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

Referensi:
  • https://www.omgubuntu.co.uk/2018/04/microsoft-linux-custom-kernel-azure-sphere


EmoticonEmoticon