Monday 7 January 2019

Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa

Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa - Pertengahan bulan Desember tahun kemarin, tepatnya tanggal 19 Desember 2019, Linux Mint meluncurkan versi terbarunya yaitu Linux Mint 19.1 dengan kode nama Tessa. Beberapa perubahan dapat Anda lihat setelah Anda mengupgrade Linux Mint ke versi 19.1, baik itu pada lingkungan desktop Cinnamon, Mate maupun Xfce.

Cara memperbarui Linux Mint ke versi 19.1 cukup mudah, sama seperti saat Anda memperbarui Linux Mint versi rilis titik pada versi sebelumnya. Anda dapat berkunjung ke halaman blog resmi Linux Mint pada alamat situs web di bawah ini :

https://blog.linuxmint.com/?p=3715

Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa
Linux Mint Cinnamon



Cara Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa


Seperti yang diuraikan pada blog Linux Mint mengenai tata cara Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa, kurang lebihnya adalah sebagai berikut :

1. Membuat Snapshot (Backup System)

Sebelum memulai proses upgrade Linux Mint 19.1 Tessa, sebaiknya buatlah backup system operasi Linux Mint yang akan Anda perbarui. Linux Mint sendiri sudah menyertakan aplikasi backup system yang bernama Timeshift.

Bila pada sistem operasi Linux Mint yang Anda pakai belum terdapat aplikasi Timeshift, Anda dapat menginstallnya dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux.

sudo apt install timeshift

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Software Manager untuk menginstall aplikasi dengan cara yang lebih mudah, cukup klik pada tombol Install pada aplikasi Timeshift.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, install timeshift di linux mint
Software Manager Linux Mint

Setelah menginstall Timeshift, Anda dapat mulai menggunakannya untuk melakukan backup system. Proses backup akan memakan waktu cukup lama dan Anda juga dapat menjadwalkan waktu backup sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.

a. Jalankan Timeshift
Jalankan Timeshift melalui Menu Komputer, lalu lihat pada Menu Preferences untuk pengaturan proses pembuatan Snapshot sistem operasi komputer.

b. Atur Preferensi Timeshift
Pada Jendela Preferences silahkan atur sesuai dengan keinginan Anda, misalnya seperti berikut ini :


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Backup Linux Mint Dengan Timeshift
Timeshift

  • Type :  RSYNC
  • Location : Pilih lokasi atau partisi pada hardisk komputer untuk menyimpan hasil backup atau snapshot sistem operasi Linux Mint. Sediakan ruang kosong pada hardisk di atas 1GB
  • Schedule : Anda dapat mengatur waktu penjadwalan pembuatan snapshot sistem operasi menggunakan Timeshift sesuai dengan keinginan Anda masing-masing, misalnya :  Monthly (Bulanan), lalu pada kolom “keep” isi dengan jumlah snapshot lama yang tetap di pertahankan (tidak di hapus setelah pembuatan snapshot baru).
  • User  & Filter : Anda dapat mengatur direktori secara exclude atau include beserta polanya, sementara biarkan dalam kondisi default.

c. Keluar Dari Jendela Preferences Timeshift
Setelah selesai keluar dari jendela Preferences Timeshift.

d. Membuat Snapshot


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Backup sistem Linux Mint Dengan Timeshift
Timeshift

Selanjutnya, klik pada tombol Create pada Jendela Utama Timeshift untuk memulai proses pembuatan Snapshot sistem operasi Linux Mint. Silahkan tunggu sampai pembuatan Snapshot sistem operasi selesai.

2. Persiapan Sebelum Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa

Ada beberapa persiapan yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memulai proses pembaruan Linux Mint 19.1 Tessa, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Nonaktifkan Screensaver : Silahkan Anda buka pengaturan screensaver Linux Mint  lalu disable/nonaktifkan screensaver.  Lihat gambar di bawah ini :


    Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, matikan screensaver linux mint
    Screensaver Linux Mint

  • Upgrade Cinnamon Spices : Perbarui setiap applet, desklet, ekstensi dan tema Cinnamon melalui jendela pengaturan masing-masing Cinnamon spices tersebut.

3. Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa

Setelah selesai melakukan persiapan sebelum memperbarui Linux Mint 19.1 Tessa, selanjutnya Anda dapat mulai melakukan proses perbaruan Linux Mint ke versi terbaru saat ini yaitu 19.1 Tessa.

a. Jalankan Update Manager
Jalankan aplikasi Update Manager melalui Menu Komputer atau klik pada Ikon Update Manager (gambar perisai) di Panel Linux Mint.

b. Install Aplikasi Update
Pada jendela Update Manager, klik pada tombol Refresh, untuk melihat apakah ada versi terbaru dari mintupdate dan mint-upgrade-info, bila ada Install dua paket aplikasi tersebut dengan cara klik pada tombol Install updates.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Install Pembaruan Linux Mint
Update Manager Linux Mint

c. Jalankan Jendela Pembaruan Linux Mint
Selanjutnya jalankan Jendela Pembaruan Linux Mint melalui Menu edit > Upgrade to “Linux Mint 19.1 Tessa”.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa
Update Manager Linux Mint

d. Ikuti Instruksi Pembaruan Yang Tersedia
Pada Jendela Pembaruan Linux Mint, ikuti saja setiap instruksi yang tersedia sampai proses upgrade selesai.

Proses upgrade relatif mudah, siapkan saja power komputer/laptop yang cukup dan koneksi internet yang lancar.

Langkah-langkah yang dilakukan pada Jendela Pembaruan Linux Mint :

  • Introduction : Menampilkan Linux Mint versi 19.1 Tessa, klik pada tombol Next.
  • Release Note : Menampilkan catatan Rilis Linux Mint, Anda dapat klik pada tautan Release notes for “Linux Mint 19.1 Tessa”, untuk melihat catatan rilis Linux Mint, selanjutnya klik pada tombol Next.
  • New Features : Fitur baru Linux Mint 19.1 Tessa, Anda dapat klik pada tautan New features on "Linux Mint 19.1 Tessa" untuk melihat fitur baru Tessa, selanjutnya, klik pada tombol Next.
  • Requirement : Persyaratan proses pembaruan Linux Mint 19.1 Tessa. Centang pada tombol “I Understand the risk. I want to upgrade to “Linux Mint 19.1 Tessa”. Selanjutnya klik pada tombol Apply lalu masukan password.
  • Summary : Proses pembaruan Linux Mint 19.1 Tessa dimulai, tunggu saja sampai proses upgrade selesai.
  • Setelah selesai, Reboot komputer.

Welcome to Linux Mint 19.1 Tessa.

Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Upgrade Linux Mint 19.1 Tessa, Welcome Screen
Welcome Screen Linux Mint Tessa

Kesalahan Yang Mungkin Muncul

Ini terjadi dari pengalaman Admin sobmint.blogspot.co.id, yang menggunakan multiboot system pada UEFI Komputer.

Unsign Kernel


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Unsign kernel Linux Mint
Update Manager Linux Mint

Klik saja pada tombol Next.

Grub UEFI

Kendala lain yang muncul, masih pada penggunaan dual boot atau multi boot, mungin ada paket aplikasi yang tidak bisa di download atau diterapkan, Misalnya: kendala pada grub UEFI sistem. Abaikan saja, klik tombol Close.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, error saat proses download

Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa


Setelah selesai melakukan proses pembaruan Linux Mint, Anda dapat menggunakan fitur-fitur baru dari Linux Mint 19.1 Tessa. Banyak fitur menarik yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan Anda dalam menggunakan distro Linux Mint.

1.  Panel Komputer Cinnamon Desktop

Anda yang menggunakan Linux Mint Cinnamon dapat menikmati tampilan baru dari Panel Cinnamon yang terlihat lebih besar dan modern. Yang pasti Panel ini lebih mudah digunakan karena tampilannya yang besar, begitu juga tampilan ikonnya.

Meskipun demikian, Anda masih tetap dapat menggunakan Panel Cinnamon versi lama, bila Anda kurang suka dengan Panel Modern Cinnamon. Anda dapat berganti tampilan Panel Cinnamon melalui jendela Welcome >  First step > Desktop Layout > Pilih “Traditional” atau “Modern”


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Ganti Panel Linux Mint Cinnamon 19.1 Tessa
Welcome Screen Linux Mint Tessa

Selain itu, Anda juga dapat mengatur secara lebih spesifik ukuran ikon pada Panel Cinnamon melalui jendela pengaturan Panel Cinnamon. Anda dapat menikmati tampilan Panel Cinnamon yang lebih modern dan elegan.

2. Window List

Sebelumnya, Linux Mint menggunakan window list default tanpa app grouping. Bila Anda membuka banyak jendela aplikasi yang sama, window list akan menampilkannya secara terpisah.

Pada versi baru Linux Mint Cinnamon ini, sudah menggunakan window list dengan app grouping. Jadi, tampilan window list akan lebih terihat modern, rapi dan Anda dapat dengan mudah melihat daftar jendela aplikasi yang terbuka atau sedang berjalan.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, window list app grouping linux mint
Window List App Grouping

3. Nemo

Nemo File Manager mengalami peningkatan peforma, pada Linux Mint 19.1 Nemo tiga kali lebih cepat dan Anda dapat melakukan browsing file pada hardisk komputer secara lebih cepat. Selain itu, Nemo Preferences sekarang menggunakan Xapp preference window dengan beberapa perbaikan.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Nemo Preferences Linux Mint Tessa
Nemo Preferences Linux Mint Tessa

Tampilan Desktop Setting juga mengalami perubahan, Anda dapat mengatur tampilan desktop komputer secara lebih baik dan terlihat modern.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Desktop Settings Linux Mint 19.1 Tessa
Desktop Settings Linux Mint

Pengaturan tampilan thumbnail juga ditingkatkan, sekarang Anda dapat mengatur tampilan thumbnail secara lebih spesifik pada setiap direktori yang berbeda. Jadi, Nemo memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan thumbnail yang berbeda pada setiap direktori komputer.

Sekarang nemo-python dan python extentions sudah di porting ke python 3

4. Update Manager

Peningkatan fungsi juga terdapat pada Update Manager Linux Mint Cinnamon. Sekarang Anda dapat melihat informasi kernel yang tersedia beserta status dukungannya. Hal ini memudahkan Anda saat ingin memperbarui kernel Linux Mint.

Pada Jendela Update Manager Klik tombol View > Linux Kernel akan muncul jendela peringatan "Warning" klik tombol Continue


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Update Kernel Linux Mint Tessa
Update Kernel Linux Mint Tessa

Selain itu, tombol Remove Old Kernel juga ditambahkan untuk memudahkan Anda saat ingin menghapus kernel versi lama yang sudah tidak digunakan lagi.

6. Software Source

Sumber Perangkat Lunak atau Software Source juga mengalami perubahan pada tampilan. Sekarang tampilannya menggunakan Xapp sidebar dan headerbar. Selain itu, ditambahkan juga beberapa tombol fungsi untuk menambah kebergunaan dari Software Source ini.


Yang Baru Dari Linux Mint 19.1 Tessa, Sumber Perangkat Lunak Linux Mint Tessa
Sumber Perangkat Lunak Linux Mint Tessa

7. Lainnya

Fitur lain yang bisa Anda nikmati pada Linux Mint 19.1 Tessa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tampilan Input Method dan Language Settings sekarang menggunakan dua kolom terpisah atau sidebar.
  • Xreader tampil lebih baru dan lebih enak dilihat.
  • Xed berpindah ke libpeas, python 3 dan meson build.
  • Empat widget baru tersedia di LibXapp : XappStackSidebar, XappPreferencesWindow, XappIconChooserDialog dan XappIconChooserButton.
  • Konfigurasi Firewall ditambahkan pada Menu First step welcome screen.
  • Tersedia wallpaper baru pada Linux Mint Tessa.
  • Tema Mint-Y tersedia dalam banyak variant (Aqua, Blue, Brown, Grey, Orange, Pink, Purple, Red, Sand dan Teal). Selain itu, tema Mint-Y juga terlihat lebih kontras.
  • Peningkatan pada ikon Redshift, mate-volume-control-applet, onboard dan network-manager-applet pada Panel Linux Mint.
  • Menggunakan Cinnamon versi 4.0, Mate 1.20, Xfce 4.12, kernel versi 4.15 dan base system Ubuntu 18.04 LTS.
  • Mendukung pembaruan keamanan sistem sampai 5 tahun ke depan (2023). 

Kesimpulan


Linux Mint merupakan salah satu distro Linux dengan pengguna yang cukup banyak. Pembaruan rilis titik dilakukan setiap enam bulan sekali dengan membawa fitur baru yang pastinya selalu ditunggu oleh para pengguna distro Linux Mint.

Anda tidak melakukan pembaruan Linux Mint ke versi 19.1 Tessa juga tidak masalah. Selama Linux Mint yang Anda pakai masih didukung untuk keamanan sistemnya. Dengan demikian sistem komputer yang Anda pakai tetap terjaga keamanannya.

Namun, bila Anda ingin menggunakan fitur terbaru dari Linux Mint, Anda harus mengupgradenya ke versi terbaru saat ini yaitu 19.1 Tessa. Demikian, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon