Thursday 6 September 2018

Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS

Tags

Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS - Ubuntu 18.04 LTS hadir dengan wajah baru yaitu Gnome Desktop Environment. Sayangnya, Ubuntu 18.04 LTS tidak membawa sejumlah aplikasi yang diperlukan secara default, termasuk aplikasi Tweak Tool yang memiliki banyak fungsi untuk mengatur lingkungan desktop Gnome.

Gnome merupakan lingkungan desktop modern yang dimiliki oleh Linux dan merupakan lingkungan desktop default system Ubuntu dan Debian. Gnome memiliki cukup banyak extensions/ekstensi yang dapat membantu anda dalam menggunakan Gnome pada sistem Linux yang anda pakai. Untuk  menambah, menghapus dan mengatur extension pada Gnome Desktop Environment, dapat anda lakukan melalui aplikasi tweak yang bernama, Gnome Tweak Tool.

Gnome Tweak Tool tidak hanya berfungsi untuk mengatur extension saja, banyak pengaturan lainnya yang di handle oleh aplikasi ini, mulai dari tampilan tema, ikon, gnome shell, desktop, dll. Anda akan dapat dengan mudah untuk mengatur lingkungan desktop Gnome melalui Tweak Tool serbaguna tersebut.



Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS

Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS


Setelah anda install Ubuntu 18.04 LTS, anda tidak akan menjumpai aplikasi Tweak Tool pada daftar menu aplikasi default system. Anda dapat menginstallnya dengan cara yang sama ketika anda menginstall paket aplikasi lainnya yang terdapat di repository Ubuntu.

Gnome Tweak Tool dapat anda gunakan untuk menambah extension, ganti tema, ikon, gnome shell, atur desktop, tambah startup app, dan lain sebagainya. Pada postingan kali ini saya akan menguraikan mengenai Cara Install Extensions Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS.

1. Install Gnome Tweak Tool

Pertama install terlebih dahulu gnome tweak tool, silahkan buka terminal Ubuntu, lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gnome-tweak-tool

Setelah itu, anda dapat menjalankan Tweak Tool melalui Menu Aplikasi Gnome Desktop. Silahkan anda klik pada pengaturan extension di Tweak Tool. Secara default, hanya terdapat dua (2) extension saja, yaitu “Ubuntu Dock” dan “Ubuntu Appindicators”.

Pada Gnome Tweak versi 3.28, menu untuk install extension melalui Tweak Tool telah di hilangkan, anda dapat menggunakan web browser yang sudah terintegrasi dengan Tweak Tool untuk menambahkan extension gnome.

2. Install Web Browser

Ubuntu 18.04 LTS sudah menyertakan Mozilla Firefox sebagai web browser default system. Namun, bila anda ingin menggunakan web browser lainnya untuk install extension gnome, anda dapat menggunakan Chrome/Chromium atau Opera browser juga bisa.

Untuk install Chromium di Ubuntu 18.04 LTS, silahkan ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install chromium-browser

Setelah itu, anda dapat menjalankan web browser lalu kunjungi situs web gnome extension:

https://extensions.gnome.org/

3. Install Gnome Shell Host Connector

Anda belum dapat melakukan install extension gnome melalui web browser sebelum web browser yang anda pakai terhubung dengan Gnome Shell. Saat anda mengunjungi alamat situs web extensions.gnome.org, anda akan mendapatkan pesan ERROR seperti di bawah ini :

Although GNOME Shell integration extension is running, native host connector is not detected. Refer documentation for instructions about installing connector.

Silahkan install Gnome Shell Host Connector, dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt install chrome-gnome-shell

Setelah itu, Refresh halaman website extensions.gnome.org, sekarang, pesan ERROR yang sebelumnya muncul, sudah tidak terlihat lagi.

Bila masih pesan ERROR masih terlihat, anda dapat menjalankan ulang web browser, bila masih muncul juga, silahkan restart komputer.

4. Install Extension

Pastikan, pesan ERROR yang terdapat di halaman website extensions.gnome.org sudah hilang karena, bila masih terdapat pesan tersebut, anda tidak dapat install atau menambahkan extension gnome melalui web browser.

Silahkan gunakan kolom pencarian untuk mencari extension gnome yang ingin anda tambahkan. Misalnya :

Saya akan menambahkan extension gnome “Battery Percentage”, ekstensi ini akan menampilkan nilai dalam format persen di samping indikator baterai.

Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS

  • Pertama, buka alamat website extension gnome untuk Battery Percentage, “https://extensions.gnome.org/extension/818/battery-percentage/” 
  • Lalu klik pada tombol ON/OFF, setelah itu akan muncul pesan bahwa anda akan mendownload dan menginstall ekstensi Battery Percentage dari extensions.gnome.org,
  • Klik pada tombol Install.

5. Atur Extension

Setelah berhasil menginstall atau menambahkan ekstensi Gnome, lalu jalankan ulang Tweak Tool (bila sebelumnya dalam kondisi terbuka). Lihat pada menu Extension, Pilih extension yang baru saja anda tambahkan, klik pada ikon “roda gigi” untuk melihat pengaturan ekstensi.

Sampai disini kita sudah dapat menambahkan extensions gnome di Ubuntu 18.04 LTS. Silahkan anda tambahkan extension gnome sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam menggunakan lingkungan desktop Gnome.

Sebagai tambahan, anda dapat install ekstensi gnome yang sudah ada di reposiory Ubuntu 18.04 LTS, jalankan terminal lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gnome-shell-extensions

Ada beberapa ekstensi yang terdapat dalam satu paket gnome-shell-extensions tersebut.

Menghapus Extension

Bila anda sudah tidak memerlukan ekstensi yang pernah anda install, anda dapat menghapusnya dengan cara sebagai berikut :

  • Buka peramban file (Nautilus) lalu pilih pada direktori Home.
  • Tekan tombol Ctrl+H untuk menampilkan file yang tersembunyi.
  • Klik pada folder .local/share/gnome-shell/extensions
  • Hapus folder ekstensi yang akan anda hapus dari sistem.
  • Restart Komputer

Ubuntu mulai menggunakan Gnome Desktop Environment sebagai lingkungan desktop default system menggantikan Unity pada Ubuntu 18.04 LTS.

Demikian mengenai Cara Install Extension Gnome Di Ubuntu 18.04 LTS, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon