Tuesday 4 September 2018

Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”

Tags

Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol” - LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran gratis dan open source yang paling populer saat ini. Dengan kelengkapan fitur yang dimilikinya, LibreOffice banyak dijadikan aplikasi perkantoran default system berbagai distro Linux, termasuk distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

LibreOffice terdiri dari dua jenis, yaitu fresh dan still, bila anda ingin menggunakan LibreOffice yang lebih stabil, anda dapat memilih yang Still namun, dengan versi yang lebih lawas. Sementara untuk dapat menggunakan fitur terbaru dari LibreOffice, anda dapat memilih LibreOffice Fresh, hanya saja mungkin masih memiliki bug yang lebih banyak dari LibreOffice Still.



Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”

Cara Mengatasi LibreOffice Gagal Startup “Symbol Lookup Error, Undefined Symbol”


Salah satu permasalahan yang muncul pada aplikasi perkantoran LibreOffice yaitu tidak berjalannya LibreOffice alias Gagal Startup. Hal ini biasanya terjadi setelah anda memperbarui LibreOffice ke versi terbaru.

Ketika anda menjalankan LibreOffice melalui Menu Komputer, LibreOffice hanya menampilkan splash screen saja, setelah itu tidak dapat masuk ke LibreOffice. Atau LibreOffice hanya sampai pada Menu Utamanya namun, tidak dapat menjalankan komponen LibreOffice, seperti misalnya : Writer, Calc, Impress dll.

Bila anda mengetikan perintah teks libreoffice di terminal Linux, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini :

/usr/lib/libreoffice/program/soffice.bin: symbol lookup error: /usr/lib/libreoffice/program/libmergedlo.so: undefined symbol: _ZN14LanguageTagIcu12getIcuLocaleERK11LanguageTagRKN3rtl8OUStringES6_

Anda mungkin pernah mengalami hal tersebut dan cukup kesulitan untuk mengatasinya. Anda dapat menggunakan cara seperti yang akan saya uraikan berikut ini untuk mengatasi LibreOffice yang tak bisa dibuka atau LibreOffice tak bisa jalan.

1. Hapus LibreOffice

Hapus/Uninstall terlebih dahulu paket aplikasi LibreOffice dari sistem komputer, anda dapat menggunakan terminal Linux untuk menghapus LibreOffice beserta konfigurasinya :

sudo apt purge libreoffice

Lalu hapus bersihkan paket aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi dengan mengetikan perintah teks berikut ini :

sudo apt autoremove

2. Hapus Folder Program LibreOffice

Setelah itu, hapus folder program LibreOffice yang terdapat pada direktori /usr/lib/ , anda memerlukan akses root untuk dapat menghapusnya. Sebaiknya, backup terlebih dahulu folder LibreOffice dengan cara salin dan tempel pada lokasi/direktori lainnya.

Hapus folder LibreOffice pada direktori /usr/lib/, hanya folder libreoffice nya saja ya, jangan di hapus /usr/lib/ nya.

3. Install Kembali LibreOffice

Setelah anda lakukan dua tahapan di atas, sekarang install kembali LibreOffice dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt install libreoffice

4. LibreOffice Sudah Dapat Berjalan Lagi

Setelah proses install LibreOffice selesai, anda dapat menjalankannya melalui Menu komputer atau ketik perintah teks libreoffice pada terminal Linux.

Sekarang LibreOffice sudah dapat berjalan lagi dengan normal dan anda dapat menikmati fitur-fitur terbaru dari LibreOffice.

Ketika anda sedang memperbarui LibreOffice, sebaiknya jangan di stop (interrupt), saat proses pembaruan sedang berjalan untuk meminimalisir kesalahan pada LibreOffice.

Demikian mengenai Cara Mengatasi LibreOffice Gagal StartUp dengan pesan kesalahan “Symbol Lookup Error dan Undefined Symbol”. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon