Saturday 16 December 2017

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer

Tags

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer -  Find and replace merupakan salah satu fitur yang terdapat di LibreOffice untuk mencari dan mengganti teks sesuai dengan apa yang kita inginkan. Cara menggunakan Find and Replace di LibreOffice cukup mudah, kita tinggal ketik kata yang kita cari pada kolom pencarian (find) lalu ketik kata pengganti pada kolom ganti (replace).   Setelah itu klik pada tombol Replace untuk menerapkannya. - sobmint.blogspot.co.id

Seperti aplikasi perkantoran pada umumnya, LibreOffice menyediakan fasilitas Find and Replace yang akan sangat membantu kita saat membuat dokumen writer (word), spreadsheet (excel) atau tipe dokumen lainnya. Fitur Find and Replace ini bukan sesuatu yang baru di LibreOffice, kita dapat menemukan Find and Replace hampir pada semua aplikasi perkantoran, tidak hanya di LibreOffice saja.
Bagi pengguna baru LibreOffice atau yang baru belajar membuat dokumen dengan aplikasi perkantoran LibreOffice mungkin belum mengetahui cara menggunakan Find and Replace di LibreOffice, untuk itulah kali ini saya akan berbagi mengenai cara menggunakan Find and Replace di LibreOffice.



Sebagai gambaran dasar, konsep kerja Find and Replace yaitu mencari kata atau teks pada sebuah dokumen lalu mengganti teks tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Pengaturan Find and Replace di LibreOffice cukup lengkap, kita dapat mengganti semua teks yang kita tandai (cari) atau sebagian teks saja (tidak semua teks tersebut diganti). Selain itu, kita juga dapat mengatur pencarian kata berdasarkan huruf kapital (Match Case), kelengkapan kata (hanya kata/teks yang sama persis, tidak kurang, tidak lebih) dan beberapa pengaturan lainnya untuk pencarian kata yang lebih tepat.

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer

Sebenarnya cara menggunakan Find and Replace di LibreOffice Writer, Calc, Draw, Impress (presentation) dan Math hampir sama, hanya beberapa bagian pada menu Option saja yang berbeda antara komponen LibreOffice yang satu dengan yang lainnya.

Sekarang silahkan anda jalankan LibreOffice Writer dan buat dokumen baru lalu ketik beberapa teks atau kalimat atau bila anda sudah pernah membuat dokumen word (writer) sebelumnya, silahkan buka dokumen tersebut untuk mencoba menggunakan fitur Find and Replace LibreOffice. Setelah itu lakukan seperti di bawah ini :
  1. Pertama buka jendela Find and Replace dengan cara sebagai berikut : Pada dokumen aktif, pilih Edit  ➛ Find & Replace atau tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+H
  2. Lihat pada kolom Find, silahkan ketik teks yang kita cari pada kolom yang tersedia, setelah itu tekan tombol  Find All, Find Previous atau Find Next. Find all akan mencari dan menandai semua teks yang sesuai pada dokumen, sedangkan Find Previous dan Find Next akan mencari teks satu persatu. Kita dapat menggunakan salah satu pilihan tersebut.
  3. Lihat pada kolom Replace, silahkan ketik teks pengganti sesuai dengan yang kita inginkan. Setelah itu klik pada tombol Replace atau Replace All. Replace akan mengganti teks satu persatu sedangkan Replace All akan mengganti semua teks atau kata yang sudah kita tentukan pada kolom Find (Cari).
Sebenarnya cara menggunakan Find and Replace di LibreOffice tidak terlalu sulit. Hanya saja, biasanya pengguna LibreOffice tidak terlalu memperhatikan fungsi lain pada menu Find and Replace di LibreOffice. Untuk itulah supaya kita lebih tahu dan memahami fungsi dari Find and Replace di LibreOffice, sebaiknya cermati dan gunakan secara maksimal fitur Find and Replace ini untuk menghasilkan dokumen yang lebih baik.

Sampai disini kita sudah dapat menggunakan fungsi Find and Replace di LibreOffice. Namun, itu baru penggunaan dasarnya saja, kita belum melakukan perubahan apapun pada setelan Find and Replace. Sekarang mari kita lihat menu setelan dari Find and Replace, supaya kita dapat mencari kata atau teks secara lebih tepat.
  1. Match Case : Centang pada tombol ini untuk pencarian kata atau teks sesuai dengan kapitalisasinya. Artinya, pencarian teks akan membedakan antara huruf kecil dan huruf besar.
  2. Whole Words Only : Centang pada tombol ini untuk mencari kata yang tepat sesuai dengan teks yang kita ketikan di kolom Find. Bila kita mengaktifkan fungi ini maka, pencarian teks hanya pada teks yang sesuai dengan teks yang kita ketikan di kolom Find, tidak kurang dan tidak lebih.
  3. Other Option : Silahkan klik pada tombol Other Option, nanti kita akan diperlihatkan pada beberapa pengaturan Find and Replace yang bisa kita gunakan untuk membantu kita dalam mencari kata yang tepat pada dokumen LibreOffice :
  • Current Selection Only : Centang pada tombol ini untuk mencari kata atau teks hanya pada wilayah, kalimat atau paragraf yang kita seleksi (tandai). Pertama, seleksi sejumlah kalimat atau paragraf lalu ketik kata yang kita cari di kolom Find, setelah itu aktifkan (centang) Current Selection Only. Klik tombol Find All, Find Previous atau Find Next untuk menerapkannya. Jadi, kata yang akan ditandai sebagai kata yang dicari hanya pada area yang kita seleksi saja, sedangkan pada area lain, kata tersebut tidak akan ditandai.
  • Regular Expressions : Centang pada tombol ini maka, kita dapat mencari teks menggunakan fungsi dari regular expression. Silahkan kunjungi alamat situs web ini : https://help.libreoffice.org/3.5/Common/List_of_Regular_Expressions untuk melihat daftar dari regular expressions.  Contoh penggunaan : Misalnya saya akan mencari kata bagaimana hanya pada awal paragraf saja, kita dapat menggunakan regular expressions “^”, ketik  ^bagaimana maka pencarian kata bagaimana hanya pada paragraf pertama saja.
  • Similarity Search : Centang pada tombol ini untuk mencari kata yang sama dan hampir mirip dengan kata yang kita cari. Klik pada tombol Similarities... untuk merubah pengaturan Similarity Search. kita akan menjumpai tiga macam pengaturan pada similarity search yaitu :

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer, Similarity Search
  1. Exchange Characters = Jumlah karakter yang tertukar : Pencarian pada kata atau teks yang mencakup kata dengan karakter yang tertukar. Misalnya kita akan mencari kata bagaimana atau lebih tepatnya membetulkan kata bagaimana yang mungkin salah ketik menjadi bagaimaan, isi jumlah exchange character 1,2, 3 dst (semakin besar nilanya maka, semakin banyak kata dengan karakter tertukar yang dapat dipilih). Setelah itu ketik kata bagaimana pada kolom Find maka kata bagaimaan akan masuk sebagai salah satu kata yang kita cari.
  2. Add Characters = Karakter yang ditambahkan : Pencarian kata atau teks yang mencakup kata dengan karakter (huruf) yang lebih banyak dari kata yang kita cari. Jadi, pencarian juga akan diberlakukan pada kata dengan karakter yang lebih. Misalnya : Kita akan mencari kata bagaimana, dengan mengaktifkan fungsi ini dengan nilai (minimal 2) maka, kata bagaimanaya akan termasuk kata atau teks yang kita cari.
  3. Remove Characters = Jumlah karakter yang dihapus : Fungsi ini merupakan kebalikan dari Add Characters, fungsi ini akan mencari kata yang sesuai termasuk kata dengan karakter yang lebih sedikit dari jumlah karakter dari kata yang kita cari. Misalnya : Kita akan mencari kata bagaimana, dengan memberikan nilai (minimal 2 ) pada fungsi ini maka, kata bagaima akan termasuk kata atau teks yang kita cari.
  • Replace Backwards : Ini merupakan salah satu fungsi Replace atau Ganti. Bila kita mengaktifkan fungsi ini maka, pencarian kata akan dimulai dari lokasi kita meletakan kursor mouse mundur ke belakang sampai awal kalimat dari dokumen tersebut. Replace Backwards akan mengganti kata yang kita cari dengan kata lain yang sudah kita tentukan. Pertama isi kata yang kita cari pada komlom Find lalu ketik kata pengganti pada kolom Replace, setelah itu centang tombol Replace Backwards dan klik tombol Replace untuk menerapkannya.
  • Paragraph Styles : Fungsi ini digunakan untuk mencari style yang terdapat pada dokumen, bila anda tidak membuat style pada isi dokumen maka, anda hanya akan menemukan default style pada seluruh dokumen tersebut. Centang pada tombol ini maka, kolom Find and Replace akan menampilkan sejumlah style yang bisa kita gunakan pada dokumen.
  • Comments : Centang pada tombol ini bila kita ingin mencari komentar yang terdapat di dokumen LibreOffice. Komentar biasanya digunakan untuk menandai bagian tertentu dari dokumen sehingga pembaca dokumen dapat lebih mudah dalam mencari atau memahami bagian tersebut.
  • Attributes : Digunakan untuk mencari kata atau teks dengan atribut tertentu, misalnya kita akan mencari teks yang diberi tanda garis bawah (underline) : Klik pada tombol Attributes lalu centang (aktifkan) tombol Underline lalu klik OK. Setelah itu, bila kita klik pada tombol Find all, Find Previous atau Find Next maka semua kata yang diberi atribut garis bawah akan ditandai semuanya (masuk sebagai kata yang kita cari).

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer, attributes

  • Format : Fungsi ini digunakan untuk mencari kata atau teks dengan format tertentu. Silahkan klik pada tombol Format... untuk menentukan format teks yang akan kita cari. Misalnya, saya akan mencari teks dengan font-family Lato Style Bold, pada jendela text format (search) pilih font-family Lato dan Style Bold lalu klik tombol OK. Setelah itu teks yang menggunakan font Lato Bold akan masuk sebagai kata atau teks yang kita cari dan untuk menerapkannya klik pada tombol Find all, Find Previous atau Find Next.

Cara Menggunakan Find And Replace LibreOffice Writer

  • No Format : Setelah kita selesai mencari teks atau kata dengan format tertentu, klik pada tombol ini untuk merubah pengaturan Find and Replace tanpa format, sama seperti saat kita belum melakukan perubahan pada menu format Find and replace.
  • Help : Merupakan tombol yang akan mengarahkan kita ke menu Help LibreOffice. Bila anda kesulitan saat menggunakan LibreOffice, anda dapat menggunakan fungsi help yang akan membantu anda untuk menjalankan atau menggunakan aplikasi perkantoran LibreOffice.

Cara menggunakan Find and Replace seperti diatas tidak hanya dapat dipakai pada LibreOffice writer saja, anda dapat menggunakannya pada komponen LibreOffice lainnya (Calc, Draw, Impress dan Math) . Secara umum penggunaan Find and Replace pada setiap komponen LibreOffice sama, hanya terdapat beberapa perbedaan pada menu pencarian terutama pada LibreOffice Calc.

Kesimpulan

Dengan adanya fungsi Find and Replace ini akan sangat membantu kita untuk memperbaiki atau mengganti kata yang salah atau salah ketik. Find and replace dapat kita temui hampir pada seluruh aplikasi perkantoran dan teks editor. Demikian cara menggunakan Find and Replace LibreOffice Writer, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon