Monday 4 February 2019

Cara Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux

Cara Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux – Pengguna distro Linux mungkin akan mengalami masalah tampilan saat menggunakan tema gelap (dark) GTK+ pada Mozilla Firefox. Terutama untuk form pengisian. Form akan terlihat terang dengan teks yang terlihat terang pula. Anda akan sedikit mengalami kesulitan saat membaca teks pada form web browser Mozilla Firefox karena warna latar dan warna teks yang hampir sama.

Hal ini memang permasalahan yang ada pada penggunaan tema gelap GTK+ di Mozilla Firefox Linux. GTK+ sendiri merupakan tema yang dipakai pada pada banyak lingkungan desktop Linux, seperti misalnya Gnome, Cinnamon, Budgie, Mate, Xfce dll.

Setiap distro Linux biasanya sudah dibekali dengan tema default dan biasanya disertakan juga untuk varian gelap. Bila Anda tidak puas dengan tema bawaan sistem Linux yang Anda pakai, Anda dapat menambahkan tema dengan cara yang cukup mudah. Anda dapat berkunjung ke website gnome-look.org untuk mendapatkan tema gtk+ dengan lebih banyak ragam dan variannya.

Sementara itu, Mozilla Firefox sendiri adalah peramban internet default system berbagai distro Linux, termasuk pada distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Mozilla Firefox adalah peramban situs web yang berbasis sumber terbuka, sehingga banyak disukai oleh para pengguna distro Linux. Selain itu, fitur yang ditawarkan oleh Mozilla Firefox juga banyak dan cukup lengkap.



Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux


Permasalahan tema gelap pada web browser Mozilla Firefox memang sedikit mengganggu dan sebaiknya segera Anda perbaiki. Contoh permasalahan yang muncul yaitu pada form google translate.

Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux

Pada gambar di atas Anda dapat melihat warna latar belakang form google translate hampir sama dengan warna teks. Hal ini tentu cukup menyulitkan Anda dalam membaca teks yang Anda ketik pada form tersebut. Untuk mengatasi Permasalahan Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox dapat Anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Jalankan peramban internet Mozilla Firefox melalui Menu Komputer.
  • lalu, ketik about:config pada address bar Mozilla Firefox untuk membuka pengaturan konfigurasi Firefox. Akan muncul pesan peringatan, klik saja pada tombol Saya terima resikonya.


  • Setelah itu, tambahkan new string atau teks baru dengan nama widget.content.gtk-theme-override (klik kanan > baru > teks) lalu pada pengaturan nilai teks, isi dengan adwaita:dark atau bisa juga arc:dark


  • Setelah selesai keluar dari jendela about:config dan jalankan ulang Mozilla Firefox.

Sekarang coba Anda buka kembali halaman Google Translate menggunakan peramban internet Mozilla Firefox. Bila tidak ada kesalahan, form google translate sekarang menggunakan latar dengan warna terang dengan teks berwarna gelap.

Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux

Sekarang Anda dapat menggunakan tema gelap GTK+ secara lebih baik pada Mozilla Firefox Linux. Demikian mengenai Cara Mengatasi Masalah Tema Gelap GTK+ Pada Mozilla Firefox Linux, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon