Tuesday 23 October 2018

Indikator Caps Lock, Num Lock Gnome Desktop, Linux Ubuntu, Debian

Tags

Indikator Caps Lock, Num Lock Gnome Desktop, Linux Ubuntu, Debian – Bagi yang sering melakukan aktivitas ketik-mengetik di komputer dengan menggunakan lingkungan desktop Gnome, baik itu di Linux Ubuntu, Debian atau distribusi Linux lainnya, anda dapat memanfaatkan ekstensi yang bernama “Lock Keys” untuk menampilkan indikator Caps Lock dan Num Lock. Tujuannya adalah untuk memudahkan anda saat mengetik karena, anda akan melihat pesan melayang yang akan menampilkan bahwa Caps Lock sedang On/Off saat anda menekan tombol Caps Lock pada keyboard komputer.

Biasanya, setiap produsen keyboard sudah menyertakan indikator Caps Lock dan Num Lock langsung pada hardwarenya. Secara umum mereka memakai penggunaan lampu led sebagai indikator Caps Lock dan Num Lock. Bila anda menekan tombol Caps Lock atau Num Lock maka, lampu indikator akan menyala.

Meskipun demikian, karena letak lampu indikator yang kecil dan menyatu dengan keyboard, seringkali kita kesulitan untuk melihat lampu indikator yang tertanam langsung di hardware komputer. Maka dari itulah, kiranya diperlukan indikator Caps Lock dan Num Lock yang dapat terlihat di layar komputer.



Gnome Desktop Environment sendiri memiliki cukup banyak ekstensi yang dapat anda pakai secara gratis, termasuk ekstensi “Lock Keys” yang akan kita tambahkan. Keberadaan ekstensi tersebut sedikit banyak akan membantu anda saat melakukan aktivitas ketik-mengetik dalam membuat berbagai jenis dokumen.

Indikator Caps Lock, Num Lock Gnome Desktop, Linux Ubuntu, Debian

Cara Install Indikator Caps Lock Dan Num Lock “Lock Keys”


Cara menggunakan ekstensi atau “Extensions” Lock Keys mudah saja, anda cukup tambahkan ekstensi lock keys melalui pengaturan ekstensi tweak tool atau bisa juga melalui halaman web extensions.gnome.


Indikator Caps Lock, Num Lock Gnome Desktop, Linux Ubuntu, Debian

Pertama Install Ekstensi Lock Keys :

  • Silahkan jalankan web browser yang biasa anda pakai, bisa menggunakan Chrome/Chromium, Mozilla Firefox atau Opera Browser.
  • Setelah itu, kunjungi alamat website berikut ini “https://extensions.gnome.org”
  • Lalu pada kolom pencarian ketik lock keys
  • Klik pada tombol On/Off dan setelah itu, akan muncul menu popup untuk install ekstensi, klik saja pada tombol Install
  • Setelah selesai menambahkan ekstensi, anda akan melihat ikon Lock Keys di Panel Gnome Shell. Anda dapat mencobanya dengan menekan tombol Caps Lock, bila muncul pesan “Caps Lock On/Off” maka, anda sudah berhasil menambahkan ekstensi Lock Keys ke dalam lingkungan desktop Gnome pada sistem Linux yang anda pakai.

Pengaturan Ekstensi Lock Keys

Lock Keys dilengkapi dengan beberapa pengaturan, anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi tweak yaitu Gnome Tweak Tool. Silahkan jalankan tweak tool lalu lihat pada menu extensions. Setelah itu klik pada ikon roda gigi pada ekstensi Lock Keys, anda akan melihat menu pengaturan untuk ekstensi Lock Keys, antara lain :


Indikator Caps Lock, Num Lock Gnome Desktop, Linux Ubuntu, Debian

  • Indikator Style : Merupakan gaya dari indikator yang muncul di panel gnome shell, diantaranya : Caps Lock Only, Num Lock Only, Both dan Show/Hide.
  • Notifications : Klik pada tombol On/Off untuk mengaktifkan/nonaktifkan notifikasi.

Hapus Ekstensi Lock Keys

Bila anda sudah mahir dan terbiasa mengetik di komputer tanpa perlu memperhatikan indikator Caps Lock atau Num Lock, anda mungkin tidak memerlukan ekstensi tersebut. Bila memang demikian, anda dapat menghapusnya melalui Gnome Tweak Tool atau Web Browser yang sudah terintegrasi dengan Gnome Shell.

Silahkan klik pada tombol “Remove” pada Tweak tool atau Klik pada tombol “Uninstall Extensions” pada halaman website extensions.gnome.

Demikian mengenai Indikator Caps Lock dan Num Lock di Gnome Desktop, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon