Thursday 1 November 2018

Cara Install Sublime Text 3 Di Ubuntu, Debian, Mint

Cara Install Sublime Text 3 Di Ubuntu, Debian, Mint - Mungkin sudah banyak yang mengenal aplikasi text editor powerfull yang satu ini. Sublime Text merupakan salah satu dari beberapa aplikasi text editor yang banyak digunakan oleh para programmer untuk mengolah berbagai jenis file teks. Sublime Text menjadi Populer karena kelengkapan fitur yang ditawarkan, ringan dan powerfull.

Banyak pilihan aplikasi text editor di sistem Linux, sebagian besar dapat kita gunakan secara gratis dan berbasis open source namun, ada juga yang berbayar. Sebut saja Sublime Text , Geany, Atom, Gedit, LightTable, Vim, Bluefish, nano, Emacs, Jed, Bracket, Kwrite dan lain-lainnya. Pada postingan kali ini, saya akan menguraikan mengenai cara install Sublime Text Editor pada distribusi Linux Ubuntu, Debian dan turunannya, termasuk juga untuk distro Linux Mint.



Cara Install Sublime Text 3 Di Ubuntu, Debian, Mint
Sumber Gambar: sublimetext.com

Cara Install Sublime Text 3 Di Ubuntu, Debian, Mint


Paket aplikasi Sublime Text belum terdapat di repository distro Linux Ubuntu, Debian dan Mint. Kita tidak dapat menginstallnya secara langsung. Kita harus menambahkan repository Sublime Text terlebih dahulu ke dalam sistem Ubuntu, Debian dan Mint. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini, semua dilakukan melalui terminal Linux menggunakan perintah teks.

Buka terminal Linux

1. Install GPG Key


wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -

2. Pastikan APT dapat bekerja dengan sumber https:


sudo apt-get install apt-transport-https

3. Pilih Channel Sublime Text

Kita dapat memilih Channel “Stable” untuk versi stabil atau “Dev” untuk versi Development (Pengembangan/Tidak Stabil dengan versi yang lebih baru).

Stable :

echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list

Dev :

echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/dev/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list

4. Install Subime Text Editor

Setelah itu, update repository dan install Sublime Text Editor dengan menggunakan perintah teks di bawah ini :

sudo apt update
sudo apt install sublime-text

5. Menjalankan Sublime Text Editor

Selesai, anda dapat menjalankan Sublime Text Editor dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux :

/opt/sublime_text/sublime_text

Lebih mudah untuk menjalankan aplikasi ini melalui Menu Komputer. Atau anda juga dapat menambahkan symbolic link pada directory /usr/bin, Silahkan ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux :

sudo ln -s /opt/sublime_text/sublime_text /usr/bin/sublimetext

Setelah itu, coba anda jalankan Sublime Text Editor dengan mengetikan perintah teks sublimetext pada terminal Linux (tanpa masuk root). Anda dapat mengganti kata sublimetext pada baris perintah /usr/bin/sublimetext dengan yang lain, sesuai keinginan, kata inilah nantinya yang akan kita pakai untuk menjalankan Sublime Text melalui terminal.

Sampai di sini kita sudah berhasil menginstall aplikasi Sublime Text Editor di Linux Ubuntu, Debian, Mint.

Fitur yang ditawarkan Sublime Text memang menggiurkan dan kaya akan plugin. Namun, kita dapat menggunakan Sublime Text secara gratis untuk versi Evaluation saja, sementara bila anda ingin menggunakannya secara terus dan berkelanjutan, anda dapat membeli lisensi dari aplikasi ini (saat ini $80). Meskipun demikian, anda dapat tetap menggunakan versi Evaluation dalam jangka waktu yang tidak terbatas, hanya saja, anda akan terus mendapati pesan untuk membeli lisensi saat menggunakan Sublime Text dan Mungkin tidak dapat melakukan upgrade ke versi yang lebih baru.

Demikian, mengenai Cara Install Sublime Text 3 Di Ubuntu, Debian, Mint, semoga bermnfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon