Thursday 26 April 2018

CPU-X, Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

CPU-X, Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian - Mengetahui spesifikasi hardware laptop atau komputer desktop yang kita punya tentu akan kita perlukan, terutama saat hendak melakukan upgrade prosesor atau memori ram. Terkadang beberapa aplikasi (software) memerlukan spesifikasi hardware tertentu untuk dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, sebaiknya anda mengetahui spesifikasi hardware laptop/komputer desktop yang anda gunakan, terutama untuk komponen prosesor, memori ram dan graphic.

Ada beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi hardware laptop atau komputer desktop yang kita gunakan. Saya tidak akan menguraikan semuanya dalam artikel ini. Saya akan memperkenalkan kepada anda salah satu aplikasi yang bisa kita pakai untuk melakukan hal tersebut yaitu CPU-X.


CPU-X, Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

CPU-X, Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Bila anda pernah menggunakan sistem operasi Windows sebelumnya, anda pasti sudah mengenal CPU-Z. Ya, CPU-Z merupakan aplikasi komputer yang memiliki fungsi untuk melihat tipe prosesor, motherboard, gpu, memori ram dan lain-lain. CPU-X merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan CPU-Z Windows.

CPU-X dapat berjalan di sistem Linux, termasuk pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. CPU-X merupakan apliksi free yang berbasis open source untuk GNU Linux. CPU-X dapat juga berjalan di BSD.

Anda tidak perlu menjalankan perintah teks di terminal Linux karena, CPU-X menggunakan perintah berbasis grafis, dengan tampilan mirip sekali dengan CPU-Z Windows. Anda dapat melihat informasi mengenai prosesor, motherboard, ram memori dan informasi lainnya melalui aplikasi CPU-X ini.

Install CPU-X Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

CPU-X dapat berjalan baik pada distribusi Linux, termasuk Linux Mint, Ubuntu, Debian dan turunannya. Namun, CPU-X tidak terdapat di repository resmi distro Linux tersebut. Anda harus menambahkan repository CPU-X ke dalam sistem Linux yang anda pakai atau download file installer CPU-X lalu install CPU-X secara manual.

Download file installer CPU-X pada alamat situs web berikut ini : https://github.com/X0rg/CPU-X/releases

CPU-X, Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Anda dapat menggunakan aplikasi penginstall software untuk menjalankan file .deb CPU-X hasil download. Bisa menggunakan Gdebi Package Installer atau Gnome Software. Selain itu, anda juga dapat menggunakan perintah teks untuk install paket .deb CPU-X di Linux Mint, Ubuntu, Debian dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama ekstrak file hasil download
  • Setelah itu pada folder hasil ekstrak, pilih yang 32bit atai 64bit, sesuaikan dengan tipe distribusi Linux yang anda pakai.
  • Klik kanan pada direktori tempat file .deb CPU-X, lalu pilih Open In Terminal
  • Pada terminal Linux ketik perintah teks : sudo dpkg -i *.deb

Setelah proses instalasi CPU-X selesai, anda dapat menjalankan aplikasi CPU-X melalui Menu komputer, ada dua pilihan yaitu CPU-X sebagai root dan CPU-X tanpa masuk sebagai root.

Bila anda ingin mendapatkan update CPU-X melalui repository sistem Linux yang anda pakai, anda dapat install CPU-X dengan cara menambahkan repository CPU-X seperti berikut ini :

sudo sh -c "echo 'deb http://download.opensuse.org/repositories/home:/X0rg/xUbuntu_16.04/ /' > /etc/apt/sources.list.d/home:X0rg.list"
sudo apt-get update
sudo apt install cpu-x -y

Versi Portabel CPU-X

Bila anda tidak ingin menginstall CPU-X ke dalam sistem komputer, tersedia versi portabel CPU-X, anda tinggal menjalankannya tanpa perlu install CPU-X. Anda dapat menggunakan CPU-X versi portabel untuk semua distribusi Linux.

  • Download versi portable CPU-X
  • Lalu ekstrak file hasil download menggunakan aplikasi manajer arsip default system
  • Setelah itu Anda akan melihat empat file yaitu 32bit, 64bit untuk Linux dan 32bit, 64bit untuk BSD. Bila anda menggunakan sistem Linux tipe 64bit maka pilih yang 64bit Linux.

Jalankan aplikasi dengan cara klik dua pada file tersebut lalu pilih “make executble and run”. Akan muncul pesan untuk menjalankan aplikasi sebagai root, anda dapat mengabaikannya dengan klik pada tombol ignore atau bila ingin menggunakan CPU-X sebagai root, klik pada tombol run as root lalu masukan password root atau super user.

Apa saja yang bisa kita lihat di CPU-X?

Mari kita lihat pada tiap tab menu CPU-X, untuk melihat setiap informasi hardware pada laptop atau komputer desktop yang kita gunakan.

  • CPU : Anda dapat melihat tipe prosesor yang digunakan, beserta informasi lainnya termasuk kecepatan dan spesifikasi prosesor.
  • Cache Prosesor
  • Motherboard : Anda dapat melihat model motherboard yang digunakan laptop atau komputer desktop yang anda pakai.
  • Memory : Anda dapat melihat jumlah dan kapasitas memori ram yang terdapat di laptop atau komputer desktop yang anda pakai.

Bila anda menggunakan CPU-X tanpa masuk sebagai root, anda akan melihat informasi lainnya yaitu :

  • Sistem operasi yang dipakai, termasuk versi kernel dan hostname
  • Informasi kartu grafis yang dipakai

Aplikasi CPU-X ini sangat simpel dan mudah digunakan seperti layaknya CPU-Z Windows. Selain CPU-X, anda juga dapat menggunakan aplikasi I-Nex untuk melihat informasi prosesor, motherboard, ram dll di sistem Linux yang anda pakai.

Demikian mengenai CPU-X untuk Melihat Informasi Prosesor, Motherboard, RAM Memori Di Linux Mint, Ubuntu, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon