Monday 8 October 2018

Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Gnome Desktop Secara Manual

Tags

Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Gnome Desktop - Secara default, kita dapat melihat daftar aplikasi pada Menu Aplikasi yang bisa kita akses melalui Dash Menu Gnome. Namun, bila anda menginstall aplikasi dan ternyata sistem gagal secara otomatis membuat Shortcut Aplikasi atau aplikasi tersebut tidak terdapat di datar Menu Aplikasi Gnome, anda dapat menambahkannya secara manual. Shortcut Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan anda dalam menjalankan aplikasi di Gnome Desktop Environment.

Gnome merupakan lingkungan desktop default system distro Linux Ubuntu dan Debian. Beberapa distro Linux populer lain juga memakainya. Gnome merupakan salah satu lingkungan desktop modern yang dimiliki oleh sistem Linux. Berbasis open source dan dapat digunakan secara gratis. Anda dapat melihat informasi detail mengenai Gnome pada website gnome.org.



Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Gnome Desktop Secara Manual

Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Gnome Desktop Secara Manual


Anda tidak perlu membuat Shortcut Aplikasi bila aplikasi yang anda install sudah memiliki Shortcut atau sistem tidak gagal dalam membuat Shortcut di Daftar Menu Aplikasi Gnome. Namun, bila ternyata aplikasi yang anda install tidak memiliki Shortcut, anda dapat menambahkannya secara manual. Cara ini juga dapat anda pakai bila anda menginstall aplikasi secara manual yang tentunya belum memiliki Shortcut.

Format file yang digunakan menggunakan ekstensi ".desktop" di belakang nama aplikasi, misalnya "firefox.desktop". Sementara untuk perintah yang digunakan, anda dapat nyontek dari Shortcut Aplikasi yang sudah tersedia. Anda dapat melihatnya pada direktori /usr/share/applications/.

Misalnya, Saya akan membuat Shortcut Untuk Mozilla Firefox Yang saya install secara manual menggunakan file hasil download :

  • Pilih salah satu form shortcut aplikasi yang ada di folder applications lalu buka aplikasi tersebut menggunakan penyunting teks (gedit), misalnya, saya nyontek dari aplikasi Chromium. 
  • Gunakan "Text Editor" untuk membuka file chromium.desktop, setelah itu, Salin semua kode (perintah teks) yang ada di dalamnya, lalu buka jendela (tab) baru Penyunting Teks dan tempelkan (paste) di sana.
  • Simpan file pada direktori ./local/share/applications (gunakan tombol Ctrl+H untuk menampilkan file yang tersembunyi) dengan nama sesuai nama aplikasi dengan menggunakan format .desktop, misalnya: Firefox.desktop

Anda dapat menghapus perintah yang tidak di perlukan, biasanya ada beberapa jenis bahasa yang digunakan, anda cukup gunakan satu bahasa saja (English). Misalnya seperti berikut ini (Mozilla Firefox) :

[Desktop Entry]
Name=Mozilla Firefox
GenericName=Web Browser
Comment=Access the Internet
Icon=firefox
Exec=/usr/bin/firefox %U
TryExec=firefox
Terminal=false
X-MultipleArgs=false
Type=Application
Categories=Network;WebBrowser;
MimeType=text/html;text/xml;application/xhtml_xml;application/x-mimearchive;x-scheme-handler/http;x-scheme-handler/https;
StartupWMClass=firefox
StartupNotify=true

Sekarang klik pada Menu Aplikasi Gnome, bila berhasil anda akan melihat ikon Mozilla Firefox disana. Bila tidak berhasil mungkin ada masalah pada nama Icon atau perintah yang lainnya.

Demikian mengenai, Cara Membuat Shortcut Di Menu Aplikasi Gnome Desktop Secara Manual. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon