Tuesday 7 February 2017

Cara Buka Sebagai Root Di Nautilus Ubuntu

Tags

Cara Buka Sebagai Root Di Nautilus Ubuntu – Pengguna distro linux Ubuntu menggunakan peramban file Nautilus sebagai peramban file default sistem. Tidak seperti Nemo yang menyertakan plugin “open as root” atau buka sebagai root pada menu klik kanan, pada Nautilus belum terdapat menu tersebut. Untuk membuka Nautilus sebagai root/super user, dapat kita lakukan melalui terminal linux dengan mengetikan perintah teks sudo nautilus .

Supaya lebih mudah, kita dapat menambahkan menu “buka sebagai root” pada menu klik kanan di Nautilus dengan menambahkan ekstensi nautilus-admin . Setelah itu kita akan mendapati “buka sebagai root” pada menu klik kanan di peramban file Nautilus seperti pada Nemo Linux Mint Cinnamon.

Cara Buka Sebagai Root Di Nautilus Ubuntu

Cara Buka Sebagai Root Di Nautilus Ubuntu


Ada beberapa cara untuk membuka Nautilus sebagai root, bisa menggunakan perintah sudo nautilus di terminal linux atau menggunakan ekstensi. Cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan ekstensi nautilus-admin atau open-as-administrator di sistem Ubuntu dan ini bisa kita lakukan melalui terminal linux.

A. Nautilus-Admin


Paket aplikasi ini sudah terdapat di repository Ubuntu, kita tinggal instal saja. Berikut proses instalasi ekstensi nautilus-admin di Ubuntu:

1. Buka terminal linux (ctrl-alt-t)
2. Ketik perintah teks berikut ini :

sudo apt-get install nautilus-admin

3. Setelah proses instal nautilus-admin selesai, restart Nautilus dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

nautilus -q

4. Setelah itu buka peramban file Nautilus dan Klik kanan pada area kosong atau pada salah satu folder yang ada. Bila proses penambahan ekstensi nautilus-admin berhasil maka, seharusnya terdapat menu “open as administrator” .

5. Klik pada “open as administrator” dan pertama kali kita melakukan itu akan ada pesan peringatan bahwa kita akan membuka file sebagai administrator yang beresiko terhadap keamanan sistem bila tidak hati-hati dalam menggunakannya. Klik saja OK

Running the File Manager or the Text Editor with Administrator privileges is dangerous! You can easily destroy your system if you are not careful!
Proceed only if youi know what you are doing and understand the risk.

6. Setelah itu akan muncul jendela Otentikasi password super user atau root atau administrator. Masukan password dan klik pada tombol Otentikasi

Hati-hati dalam menggunakan atau merubah susunan file ketika kita masuk sebagai administrator karena bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer!

Selain ekstensi nautius-admin, kita juga bisa menambahkan ekstensi open-as-administrator yang memiliki fungsi sama seperti nautilus-admin. Hanya saja, ekstensi open-as-administrator tidak terdapat di repository Ubuntu dan kita dapat menginstal ekstensi tersebut dengan menambahkan ppa pihak ke-3 ke dalam sitem Ubuntu.

B. Open-As-Administrator


Berikut langkah-langkah menambahkan menu buka sebagai root di Nautilus Ubuntu menggunakan ekstensi open-as-administrator :

1. Buka terminal linux (ctrl-alt-t)
2. Tambahkan ppa di bawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps

3. Update repository Ubuntu

sudo apt-get update

4.Instal ekstensi open-as-administrator

sudo apt-get install open-as-administrator

Cara menggunakan ekstensi ini sama seperti nautilus-admin, silahkan pilih salah satu yang terbaik menurut anda. Kalau saya pilih nautilus-admin karena tidak perlu menambahkan ppa pihak ke-3.

Demikian cara menambahkan menu open as administrator di Nautilus Ubuntu, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon