Wednesday 12 September 2018

Cara Upgrade Extension Gnome Desktop Environment

Tags

Cara Upgrade Extension Gnome Desktop Environment - Pengguna distro Linux dengan lingkungan desktop Gnome dapat memperbarui extensions yang sudah terinstall bila terdapat versi baru dari extensions tersebut. Anda akan mendapatkan pesan notifikasi bila terdapat versi terbaru dari extensions atau ekstensi Gnome yang terinstall. Untuk mendapatkan peforma yang optimal, sebaiknya perbarui ekstensi tersebut dengan cara yang akan saya uraikan berikut ini.

Gnome desktop environment memang memiliki cukup banyak extensions yang bisa kita tambahkan untuk mempermudah kita dalam menggunakan lingkungan desktop Gnome. Distro Linux Ubuntu 18.04 LTS hanya menyertakan 2 ekstensi saja secara default, tentu saja hal ini kurang optimal dan kita memerlukan lebih banyak ekstensi gnome lainnya untuk memudahkan kita dalam menggunakan lingkungan desktop Gnome.



Cara Upgrade Extension Gnome Desktop Environment

Cara Upgrade Extension Gnome Desktop Environment


Install extensions gnome di Ubuntu atau Debian terbilang cukup mudah, terutama pada distribusi Linux Debian karena, disana sudah ada Gnome Tweak Tool yang siap membantu anda untuk mengelola extensions gnome, termasuk dalam menghapus dan menambahkan extension gnome ke dalam sistem komputer.

Sementara bagi pengguna distro Linux Ubuntu 18.04 LTS, karena Tweak Tool tidak disertakan secara default, anda perlu install terlebih dahulu aplikasi Gnome Tweak Tool dan setelah itu, anda dapat secara lebih leluasa dalam mengelola extensions gnome melalui Tweak Tool serbaguna milik Gnome Desktop Environment tersebut.

Upgrade Extension GNOME

Seperti halnya sebuah aplikasi komputer lainnya, extensions gnome juga terus mengalami pembaruan. Bila anda mendapatkan pesan untuk memperbarui extensions gnome, sebaiknya perbarui extensions gnome tersebut untuk mendapatkan peforma yang maksimal termasuk fitur baru yang ada di dalamnya.

Cara memperbarui ekstensi gnome desktop environment adalah sebagai berikut :

  • Jalankan web brower, Mozilla Firefox, Chrome/Chromium atau Opera Browser. Setelah itu kunjungi alamat web site berikut ini : https://extensions.gnome.org/local/ atau anda juga dapat melakukannya dengan klik pada menu “Installed Extensions” pada halaman web site extensions.gnome.org.
  • Pada halaman tersebut anda dapat melihat daftar extensions gnome yang sudah terinstall ke dalam sistem komputer.
  • Sekarang, anda lihat pada bagian pengaturan di sebelah kanan ekstensi. Bila terdapat tombol pembaruan (ikon roda gigi warna hijau), berarti extensiosn gnome tersebut memiliki versi baru dan siap untuk di upgrade.


    Cara Upgrade Extension Gnome Desktop Environment

  • Silahkan klik pada tombol pembaruan tersebut untuk memperbarui extensions gnome. Setelah itu akan muncul pesan untuk install extensions yang akan diperbarui, klik saja pada tombol “Install”.  Jadi, pembaruan ekstensi tersebut, sebenarnya sama juga dengan install versi terbaru dari extensions gnome.

Sekarang anda sudah berhasil melakukan pembaruan ekstensi gnome desktop environment. Anda dapat melakukannya pada semua ekstensi yang siap untuk diperbarui.

Demikian Cara Memperbarui Ekstensi pada lingkungan desktop Gnome, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon