Wednesday 10 October 2018

Cara Menggunakan Hot Corner Di Gnome Desktop Environment

Tags

Hot Corner Di Gnome Desktop Environment – Pojok interaktif atau Hot Corner merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh lingkungan desktop Linux. Pada artikel sebelumnya saya sudah menguraikan mengenai Cara Menggunakan Pojok Interaktif pada lingkungan desktop Cinnamon dan Xfce. Sedangkan bagi pengguna desktop Gnome, anda dapat menggunakan bantuan extensions (ekstensi) yang bernama Custom Corner, untuk mempermudah anda dalam mengatur dan menggunakan Pojok Interaktif di Gnome Desktop.



Cara Menggunakan Hot Corner Di Gnome Desktop Environment


CustomCorner bukan merupakan ekstensi default Gnome Desktop. Tambahkan terlebih dahulu ekstensi tersebut ke dalam sistem komputer. Silahkan anda buka web browser yang biasa anda gunakan untuk berselancara di dunia maya. Anda dapat langsung mengunjungi situs web https://extensions.gnome.org/, atau bisa juga menggunakan bantuan mesin pencari Google, Yahoo, Bing atau yang lainnya.

Sebelumnya pastikan Web Browser yang anda gunakan sudah terintegrasi dengan Gnome Desktop

Selanjutnya, anda tinggal cari ekstensi gnome yang bernama CustomCorner.  Setelah itu, klik pada tombol ON/OFF. Akan muncul pesan untuk menginstall ekstensi, klik saja pada tombol Install. Tunggu beberapa saat dan anda sudah berhasil menambahkan ekstensi CustomCorner di gnome deskop.

Setelah itu, jalankan Gnome Tweak Tool untuk mengatur konfigurasi CustomCorner. Pastikan gnome tweak tool sudah anda install di dalam komputer. Bila distro Linux yang anda pakai tidak menyertakan tweak tool secara default, anda dapat menginstallnya dengan cara sebagai berikut :

Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gnome-tweak-tool

Pada jendela Tweak Tool, anda lihat di bagian pengaturan “Extensions”, cari ekstensi yang bernama CustomCorner, anda dapat klik pada tombol ON/OFF untuk mengaktifkan dan nonaktifkan ekstensi ini.

Selanjutnya Klik pada tombol pengaturan ekstensi (ikon roda gigi), akan terlihat jendela pengaturan CustomCorner seperti di bawah ini :


Cara Menggunakan Hot Corner Di Gnome Desktop Environment

Anda dapat melihat empat pojok interaktif yang siap untuk digunakan. Anda tinggal memilih perintah yang terdapat pada menu dropdown yang sudah disediakan. Apa saja perintah yang tersedia di CustomCorner? Diantarnya adalah sebagai berikut :

  • No Action : Tidak ada eksekusi perintah yang dijalankan.
  • Show Overview : Menampilkan Menu Overview Khas Gnome Desktop.
  • Show Apps Grid : Menampilkan Menu Aplikasi Gnome Desktop Dalam Mode Grid.
  • Show Desktop : Menampilkan Desktop Komputer.
  • Open Application : Menjalankan Aplikasi Pilihan.
  • Run Command : Menjalankan Perintah Pilihan.

Cara menggunakan perintah-perintah tersebut yaitu, kita pilih melalui Menu CustomCorner.  Khusus untuk “Open Application” anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang akan dijalankan, setelah memilih tombol “Open Application” akan muncul tombol baru untuk memilih aplikasi, klik pada tombol tersebut lalu pilih salah satu aplikasi yang terdapat pada direktori /usr/share/applications. Sementara untuk “Run Command”, kita akan diminta untuk memasukan perintah teks untuk menjalankan aplikasi, perintah teks yang dipakai sama seperti perintah teks untuk menjalankan aplikasi melalui terminal Linux.

Setelah selesai mengatur konfigurasi Hot Corner di gnome desktop, anda dapat langsung menggunakannya dengan cara sebagai berikut :

Layangkan Kursor Mouse di Pojok layar komputer

Seketika itu juga, akan dieksekusi perintah yang sudah diatur melalui jendela pengaturan ekstensi CustomCorner.

Penggunaan Hot Corner atau Pojok Interaktif diperlukan bila anda ingin lebih mudah dalam mengkases perintah tanpa perlu Klik atau menjalankan perintah teks secara manual melalui terminal Linux. Hot Corner akan membuat pekerjaan anda lebih mudah dan efisien karena anda hanya perlu melayangkan kursor mouse untuk menjalankan perintah di sistem Linux. Namun, terkadang Hot Corner juga mengganggu aktivitas anda, bila anda sering menarik kursor mouse ke pojok layar komputer tanpa sengaja.

Demikian mengenai Cara Menggunakan Hot Corner Di Gnome Desktop Environment, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon