Thursday 6 December 2018

Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah

Tags

Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah - Pengguna Linux Mint Cinnamon mungkin pernah atau sedang mengalami masalah pada loading applets, desklet atau extensions Cinnamon. Bila terdapat permasalahan pada komponen Cinnamon tersebut maka, sistem akan menampilkan pesan error yang berisi informasi mengenai kesalahan yang terjadi pada sistem komputer yang berhubungan dengan applets, desklets atau extensions.

Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk menguraikan mengenai cara mengatasi masalah akibat gagalnya loading applets, desklet atau extensions Cinnamon. Sebenarnya bukan permasalahan yang urgent karena, meskipun Anda melihat pesan kesalahan tersebut, Anda dapat mengebaikannya dan tetap dapat menggunakan komputer dengan baik.



Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah


Sebagai informasi, applets, desklets dan extensions merupakan komponen Cinnamon yang berfungsi untuk mempermudah Anda dalam menggunakan distro Linux dengan lingkungan desktop Cinnamon. Cinnamon sendiri merupakan lingkungan desktop default Linux Mint, dikembangkan oleh pengembang Linux Mint dan sekarang ini, banyak digunakan di berbagai distro Linux populer, termasuk juga pada distribusi Linux Ubuntu dan Debian.

Anda dapat menggunakan lingkungan desktop Cinnamon pada berbagai distro Linux yang sudah support dengan Cinnamon. Lingkungan desktop Cinnamon cukup mudah digunakan dengan tampilan menu klasik mirip dengan sistem operasi komputer Windows. Bila Anda sebelumnya menggunakan Windows dan ingin mencoba distro Linux, Anda dapat memilih Cinnamon sebagai lingkungan desktop yang Anda gunakan. Cinnamon cocok bagi pemula pengguna distro Linux, terutama bagi mereka yang terbiasa menggunakan sistem operasi Windows.

Kembali ke masalah applets, desklet atau extensions Cinnamon yang gagal loading.

Biasanya Anda akan mengalami hal tersebut bila Anda menggunakan applets, desklet atau extensions Cinnamon pihak ke-3 yang bukan merupakan applets, desklet dan extensions default system Linux Mint Cinnamon.

Bila Anda menggunakan cukup banyak applets, desklet dan extensions mungkin akan cukup sulit untuk menemukan mana applets, desklet atau extensions yang bermasalah. Biasanya, masalah gagalnya loading applets, desklet atau extensions Cinnamon ini terjadi setelah Anda memperbarui Cinnamon ke versi yang lebih baru atau setelah melakukan upgrade Linux Mint Cinnamon.

Karena, bila masalah muncul pada saat Anda menginstall applets, desklet atau extensions Cinnamon maka, pesan error akan dapat langsung terlihat saat itu juga atau applets, desklet dan extensions yang coba Anda tambahkan ke sistem Linux Mint Cinnamon tidak dapat terpasang dengan baik karena tidak compatible dengan versi Cinnamon yang Anda gunakan.

Biasanya pengembang applets, desklet atau extensions Cinnamon akan menyertakan informasi mengenai versi minimum Cinnamon yang dapat dipasang applets, desklet atau extensions yang dibuatnya.

Bila terdapat applets, desklets atau extensions Cinnamon yang bermasalah akan terdapat pesan kesalahan seperti terlihat di bawah ini :

Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah

Seperti yang terlihat pada pesan kesalahan tersebut, Anda dapat melihat file glass.log yang terdapat pada folder .cinnamon untuk mengetahui permasalahan yang terjadi. Anda akan melihat aktivitas Cinnamon yang tercatat pada glass.log tersebut.

Tekan tombol Ctrl+H untuk menampilkan file yang tersembunyi pada direktri Home

Selain itu, Anda juga dapat melakukan Cara seperti yang akan Saya Uraikan di bawah ini, cara mengatasi gagalnya loading applets, desklet atau extensiosn Cinnamon cukup mudah, Anda pasti dapat melakukannya dengan baik.

Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah

  • Kembalikan Applets, Desklets dan Extensions Cinnamon ke Pengaturan Default System. Klik pada tombol "reset all" untuk applets, "remove all" untuk desklets dan "disable all" untuk extensions, pada pesan konfirmasi yang muncul pilih tombol Yes
  • Log out atau Restart Komputer

Cukup dengan mengatur ulang applets, desklets dan extensiosn Cinnamon kembali ke defaultnya, Anda sudah dapat mengatasi Pesan Error yang selalu muncul saat start up Linux Mint Cinnamon.

Linux Mint Cinnamon menyertakan beberapa applets, desklet dan extensions default system. Namun, sebagian besar pengguna Cinnamon mungkin tidak puas dengan applets, desklets dan extensions yang tersedia secara default. Maka dari itulah, banyak dari mereka (pengguna Cinnamon ) yang mengembangkan applets, desklet atau extensions Cinnamon untuk mempermudah dalam menggunakan lingkungan desktop Cinnamon.

Demikian mengenai Cara Mengatasi Loading Applets, Desklet Dan Extensions Cinnamon Yang Bermasalah, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon