Monday 12 February 2018

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – Membuat catatan di komputer dapat kita lakukan dengan bantuan aplikasi penyunting teks, notes atau bisa juga menggunakan website yang menyediakan layanan untuk menyimpan catatan secara online.  Sebagian dari mereka mungkin sering menggunakan aplikasi penyunting teks atau word presesor untuk menyimpan sejumlah catatan yang dibuatnya. Namun, akan lebih baik dan ringkas bila kita menggunakan aplikasi khusus untuk membuat catatan, seperti misalnya : simplenote.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai cara install dan menggunakan simplenote di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Bagi pengguna distro Linux lainnya dapat menyesuaikan. Simplenote tersedia untuk sistem operasi komputer Linux, Windows, Mac OS, Android dan iOS


Yang menarik dari simplenote adalah kita dapat menggunakan aplikasi ini secara offline dan online. Jadi, simplenote tersedia dalam bentuk aplikasi dan website. Kita dapat melakukan sinkronasi akun simplenote untuk penggunaan di berbagai alat (device) yang berbeda. Dengan melakukan sinkronasi, kita dapat melihat catatan (note) yang kita buat di simplenote di semua perangkat komputer yang kita gunakan. Simplenote juga tersedia dalam versi website jadi, kita dapat login kapanpun, dimanapun dan apapun alat (komputer, smartphone) yang kita pakai melalui sebuah web browser.

Bagi yang berminat untuk menggunakan simplenote di sistem komputer yang anda pakai, silahkan download file installer simplenote di alamat situs web https://simplenote.com/ atau install langsung melalui Google Play Store dan App Store bagi pengguna smartphone Android dan IOS.

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Saya akan menguraikan mengenai cara install simplenote di sistem operasi Linux berbasis Ubuntu dan Debian. Dimana, kita dapat menggunakan paket aplikasi dengan format DEB (.deb) yang merupakan paket standard untuk Linux Debian.

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian, aplikasi pembuat catatan di linux
  1. Pertama download file installer simplenote pada alamat situs web https://simplenote.com/ . Klik pada tombol Download for Linux (.deb), lalu simpan file hasil download pada hardisk komputer.
  2. Install simpenote dengan menggunakan aplikasi Gdebi package installer, Klik kanan file .deb lalu pilih Open with Gdebi (grafis) atau buka lokasi tempat menyimpan file .deb (klik kanan lalu pilih Buka di terminal) lalu ketik perintah sudo dpkg -i nama_file.deb, misalnya : sudo dpkg -i simplenote.deb
Setelah proses instalasi simplenote selesai, kita dapat langsung menjalankannya melalui menu komputer.

Selain menggunakan cara seperti diatas, kita juga dapat install simplenote melalui snap Ubuntu (snappy). Silahkan install snap Ubuntu terlebih dahulu (untuk pengguna Debian dan Linux Mint), bagi pengguna distro Linux Ubuntu, snap sudah terinstall bersamaan dengan proses instalasi Ubuntu. Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install snapd
sudo snap install core

Setelah itu install simplenote melalui snap Ubuntu :
sudo snap install simplenote


Membuat Akun Simplenote


Bila kita belum pernah membuat akun simplenote sebelumnya, buat terlebih dahulu akun simplenote menggunakan alamat email yang kita miliki.

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian, aplikasi pembuat catatan di linux
  1. Pastikan kita sudah memiliki akun email (Gmail, Ymail, Microsoft Outlook atau yang lainnya).
  2. Saat menjalankan simplenote, klik pada tombol Sign Up (bisa juga dilakukan melalui website simplenote).
  3. Setelah itu masukan alamat email yang akan kita gunakan untuk membuat akun simplenote, lalu buat password simplenote, masukan sebanyak dua kali untuk komfirmasi password, terakhir klik pada tombol SIGN UP.
Sekarang kita sudah berhasil membuat akun simplenote dan kita dapat menggunakannya untuk login simplenote di berbagai perangkat komputer atau ponsel. Dengan login di simplenote, kita dapat melakukan sinkronasi, sehingga catatan yang kita buat pada aplikasi simplenote dapat dilihat dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan ada koneksi internet.

Menggunakan Simplenote


Simplenote cukup mudah digunakan sesuai dengan namanya, yaitu simpel. Jalankan simplenote, login dan kita akan melihat tampilan halaman utama dari simplenote.

Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu, Debian, aplikasi pembuat catatan di linux
  1. Untuk membuat catatan baru, silahkan klik pada tombol New Note (1), setelah itu buatlah catatan pada halaman yang tersedia. Secara otomatis catatan akan ditambahkan ke dalam daftar catatan di simplenote (sebelah kiri).
  2. Semua fungsi dan pengaturan simplenote dapat kita temukan pada menu yang tersedia di simplenote (2), silahkan gunakan menu tersebut untuk mengatur dan membuat catatan di simplenote.
  3. Melalui menu bar simplenote, seperti yang terlihat pada gambar (3), kita dapat melihat history (riwayat), melakukan share (berbagi), trash (hapus notes/sampah) dan melihat informasi tentang simplenote.
Sampai disini kita sudah dapat menggunakan simplenote untuk membuat catatan yang bisa kita simpan secara online dan dapat kita akses diberbagai perangkat komputer dan smartphone.

Simpel Note merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan terbaik gratis yang tersedia untuk berbagai sistem operasi komputer. Selain simplenote, terdapat banyak aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama, misalnya: Notes, Xpad, Tomboy Note, GNote dll, namun, sebagian besar dari mereka tidak memiliki fitur sinkronasi dan penyimpanan online. Jadi, kita hanya dapat menyimpan catatan pada sistem lokal komputer saja, pada aplikasi tersebut.

Demikian Cara Install Simplenote Di Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon