Wednesday 13 December 2017

Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO

Tags

Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO -  Pengguna aplikasi perkantoran LibreOffice dapat menulis atau menyisipkan surat dan ayat Al-Qur’an beserta terjemahannya dengan menggunakan plugin QIOO (Qur’an In OpenOffice). Dengan menggunakan plugin QIOO ini, kita tidak perlu menulis setiap huruf Al-Qur’an karena, QIOO mengemas semua surat Al-Qur’an dalam satu paket. Jadi, kita tinggal pilih surat dan ayat di dalam Al-Qur’an untuk kita sisipkan pada lembar dokumen LibreOffice Writer.

Plugin/ekstensi QIOO ini sebenarnya sudah ada sejak lama sebelum LibreOffice dibuat. QIOO sendiri merupakan ekstensi yang ditujukan untuk aplikasi perkantoran OpenOffice yang sekarang sudah berganti nama menjadi Apache OpenOffice. Sejatinya ekstensi QIOO ini sudah tidak tersedia di halaman extensions.openoffice.org, mungkin karena sudah lama tidak diperbarui dan bisa jadi QIOO tidak dapat berjalan dengan baik pada Apache OpenOffice versi terbaru, termasuk juga pada LibreOffice.


Sebagai alternatif, kita dapat mendownload QIOO pada alamat situs web ini : https://code.google.com/archive/p/qioo/downloads yang menyediakan ekstensi QIOO dengan translate (terjemahan) dalam Bahasa Indonesia saja. Kita dapat menggunakan ekstensi QIOO ini pada LibreOffice dan Apache OpenOffice karena keduanya merupakan aplikasi perkantoran yang menggunakan dasar sistem yang sama.

Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO

Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO

Tanpa menggunakan QIOO pun sebenarnya kita dapat menulis huruf Arab di LibreOffice Writer dengan cara mengganti layout keyboard dan pengaturan bahasa di sistem komputer. Cara seperti itu dapat kita lakukan untuk menulis huruf Arab sesuai keinginan kita masing-masing. Bagi anda yang ingin lebih mudah dan cepat untuk menulis atau menyisipkan surat dan ayat Al-Qur’an, dapat menggunakan plugin QIOO ini.


QIOO sedikit banyak akan membantu anda dalam menulis surat Al-Qur’an menggunakan perangkat komputer melalui aplikasi perkantoran LibreOffice. Namun, hati-hati, jangan asal menyisipkan surat saja, lebih baik cermati setiap surat Al-Qur’an yang anda sisipkan, siapa tahu terdapat kesalahan atau anda salah dalam menyisipkan surat Al-Qur’an ke dalam dokumen word/writer.

Cara Menambahkan Ekstensi QIOO Di LibreOffice


Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO

  1. Pertama silahkan kunjungi alamat situs web ini : https://code.google.com/archive/p/qioo/downloads
  2. Setelah itu, pilih versi terbaru dari QIOO (biasanya yang paling atas, lihat saja pada tanggal uploaded-nya) lalu simpan plugin QIOO di media penyimpanan komputer
  3. Selanjutnya, ekstrak file hasil download dan lihat isi folder hasil ekstrak (QiOO-0.4b). Kita akan melihat beberapa file antara lain : CHANGELOG, QiOO-0.4b.oxt, README.txt dan ScheherazadeRegOT.ttf
  4. Setelah itu, install terlebih dahulu font ScheherazadeRegOT.ttf, klik dua kali pada file tersebut lalu pada font viewer klik tombol Install (sistem operasi komputer Linux Mint). Bagi pengguna sistem operasi komputer yang lain silahkan gunakan aplikasi penginstall font .ttf default sistem
  5. Baru setelah itu kita tambahkan QIOO di LibreOffice Writer melalui Extension Manager. Klik  Tools ⇾ Extension Manager. Pada jendela Extension Manager klik tombol Add lalu pilih QiOO-0.4b.oxt dan klik tombol Open.
  6. Setelah itu, keluar dari jendela Extension Manager dengan menge-klik tombol Close dan kita akan diminta untuk melakukan restart LibreOffice, klik saja tombol Restart
  7. Sekarang lihat pada Menu LibreOffice, kita akan mendapati sebuah Menu baru yang bernama “AlQuran”. Melalui menu inilah nantinya kita dapat menulis atau menyisipkan surat Al-Qur’an pada dokumen LibreOffice Writer.

Cara Menggunakan QIOO

Setelah berhasil menginstall QIOO di LibreOffice Writer, kita dapat menggunakannya untuk menulis atau menyisipkan surat dan ayat Al-Qur’an. Tidak terlalui sulit menggunakan ekstensi QIOO ini, ada beberapa menu QIOO yang bisa kita gunakan untuk mengatur penulisan translate dan surat Al-Qur’an. Jadi, kita bisa menulis surat, ayat atau terjemahannya saja, hal ini bisa kita atur pada menu yang tersedia di QIOO.

Cara Menulis Surat Al-Qur’an Di LibreOffice Menggunakan QIOO

  1. Pertama klik pada menu “AlQuran” lalu pilih “Choose Surah”
  2. Setelah itu akan muncul jendela kecil yang berisi pengaturan menulis surat Al-Qur’an pada QIOO. Melalui ini, kita dapat menentukan :
  • Nama Surat : Misalnya → 1. "Al Fatihah"
  • Ayat ke ..s/d .. : Misalnya → Ayat ke 1 s/d 7
  • Font Size : Misalnya → "20px"
  • Qur’an, Translate dan New Line. Aktifkan masing-masing tombol untuk menulis Al-Qur’an dan terjemahannya dalam baris baru di dokumen LibreOffice Writer.

QIOO dengan terjemahan Bahasa Indonesia ini dikembangkan by IPBS (issotyo@gmail.com) terinspirasi dari plugin Qur’an In Word (Microsoft Office) dan Zekr Quraic Project. Plugin atau Ekstensi QIOO ini dapat digunakan dan disebarluaskan secara bebas.

Sekarang anda sudah dapat menulis dan menyisipkan surat Al-Qur’an pada dokumen LibreOffice Writer. Demikian cara menulis surat Al-Qur’an di LibreOffice menggunakan QIOO, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon