Wednesday 14 February 2018

Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox

Tags

Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox – Pengguna web browser Mozilla Firefox perlu mencoba add-ons yang satu ini untuk membuat tema warna Firefox sendiri sesuai dengan yang kita inginkan. Nama dari add-ons/ekstensi ini yaitu VivaldiFox, kita dapat dengan mudah merubah warna pada tema Firefox untuk memenuhi selera kita dalam hal tampilan di dalam Menubar dan Toolbar Mozilla Firefox.

Sebenarnya, kita dapat dengan mudah menemukan tema-tema menarik yang disediakan oleh Mozilla Firefox browser. Kita tinggal pilih tema, install dan terapkan tema tersebut melalui jendela pengaturan tema Mozilla Firefox. Namun, bagi yang suka berkreativitas dan gemar mengotak-atik tema, mungkin perlu mencoba VivaldiFox, dengan add-ons vivaldifox ini, kita dapat dengan mudah membuat tema warna yang menarik sesuai dengan keinginan kita masing-masing.


Install VivaldiFox Di Mozilla Firefox Browser


Pertama, tentu kita harus menginstall add-ons atau ekstensi VivaldiFox ke dalam web browser Mozilla Firefox. Cara install vivaldifox sama dengan cara install add-ons lainnya di Mozilla Firefox browser. Bisa melalui website Firefox atau melalui jendela pengaturan add-ons Firefox, silahkan gunakan cara yang anda sukai.
  1. Buka pengaturan add-ons Mozilla Firefox dengan cara, klik Menu → Add-ons lalu pilih menu Extensions.
  2. Setelah itu, ketik vivaldifox pada kolom pencarian add-ons, klik tombol search (Enter) dan setelah vivaldifox berhasil kita temukan, klik pada tombol Install
Selain menggunakan cara di atas, kita juga dapat install vivaldifox melalui website add-ons Mozilla Firefox browser.
  1. Kunjungi alamat situs web berikut ini : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/vivaldifox/
  2. Pada add-ons VivaldiFox, klik tombol + Add to Firefox
Sampai disini kita sudah berhasil menambahkan add-ons VivaldiFox ke dalam web browser Mozilla Firefox.

Membuat Tema Warna Sendiri Di Mozilla Firefox Dengan VivaldiFox


Setelah berhasil menginstall add-ons VivaldiFox di Mozilla Firefox browser, kita dapat langsung menggunakannya tanpa perlu menjalankan ulang peramban situs web Mozilla Firefox. Berikut ini cara membuat tema warna Mozilla Firefox sendiri dengan VivaldiFox.

Klik pada ikon VivaldiFox yang terdapat di toolbar Firefox atau klik pada tombol Preferences di jendela pengaturan extension/add-ons Firefox. Selanjutnya, kita akan menjumpai menu pengaturan tema di VivaldiFox.

Preview mengenai VivaldiFox

Silahkan anda baca sedikit ulasan mengenai add-ons vivaldifox untuk lebih mengenal add-ons yang satu ini.

General Settings

General Settings : Default Themes : Terdapat dua jenis tema default yaitu, light dan dark, silahkan pilih salah satu tema yang akan kita terapkan sebagai tema default untuk VivaldiFox.

General Settings : Night Themes : Sama seperti default themes, hanya saja, tema ini akan dijalankan atau diterapkan pada malam hari, pukul 20:00 sampai dengan 08:00

Themes

Disini kita akan melihat daftar tema yang terdapat di VivaldiFox, secara default, terdapat dua buah tema yaitu light dan dark. Pada menu ini kita dapat menambahkan, menghapus dan mengatur tema sesuai dengan keinginan kita masing-masing.

Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox
  1. Tombol + yang terdapat pada daftar tema digunakan untuk menambah tema baru, silahkan klik pada tombol tersebut untuk menambahkan tema baru di VivaldiFox yang nantinya dapat kita terapkan sebagai tema Mozilla Firefox browser.
  2. Frame : Digunakan untuk mengatur warna background/latar belakang dan teks pada frame Menu Mozilla Firefox. Abaikan/nonaktifkan saja tombol “apply page color” untuk menerapkan tema tersebut secara penuh.
  3. Toolbar : Digunakan untuk mengatur warna background/latar belakang dan teks pada Toolbar Mozilla Firefox. Kita juga dapat mengatur opacity (transparansi) dengan nilai tertentu. Abaikan/nonaktifkan saja tombol “apply page color” untuk menerapkan tema tersebut secara penuh.
  4. Toolbars Field : Digunakan untuk mengatur warna background/latar belakang dan teks pada kolom pencarian url di toolbar atau address bar. Kita juga dapat menentukan nilai transparansi sesuai yang kita inginkan.  Abaikan/nonaktifkan saja tombol “apply page color” untuk menerapkan tema tersebut secara penuh.
  5. Delete Theme : Danger! This Can’t be Undone , silahkan klik pada tombol Deleted Themes untuk menghapus tema Mozilla Firefox di VivaldiFox. Namun, hati-hati, kita tidak dapat membatalkan proses tersebut.

Menerapkan Tema VivaldiFox Di Mozilla Firefox


Bila kita mengaktifkan add-ons vivaldifox maka, secara otomatis tema yang dipakai adalah tema di VivaldiFox. Secara default, VivaldiFox menggunakan tema light (terang) sebagai tema default dan tema dark (gelap) sebagai tema night (malam).

Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox

Bila kita sudah menambahkan tema yang lain, cukup ganti pengatuan default theme dan night themes dengan tema yang sudah kita buat sebelumnya untuk menerapkan tema tersebut.

Contoh Membuat Tema Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox

Saya akan mencoba membuat tema sendiri di Mozilla Firefox dengan bantuan add-ons yang bernama VivaldiFox. Cukup mudah dan simpel karena, kita hanya memilih warna saja untuk backgorund dan teks.

Kita dapat menggunakan aplikasi pemilih warna (Color Chooser) untuk mencari warna yang sesuai dengan yang kita inginkan. Bagi pengguna distro Linux dapat menggunakan aplikasi seperti misalnya : gcolor2, gpick, mate color chooser (mate desktop), dll.

Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox
  1. Pertama klik tombol + pada menu themes vivaldifox, lalu isi kolom yang tersedia dengan nama tema, misalnya : biru
  2. Pada menu Frame : Pilih warna background : #191970 teks : #F8F8FF (masukan kode warna tersebut pada jendela pemilihan warna di kolom yang tersedia).
  3. Pada menu Toolbar : Pilih warna background : #1E90FF teks : #F8F8FF (masukan kode warna tersebut pada jendela pemilihan warna di kolom yang tersedia).
  4. Pada Toolbar Fields : Pilih warna background : #FFFFFF teks : #000000 (masukan kode warna tersebut pada jendela pemilihan warna di kolom yang tersedia).
Setelah selesai membuat tema warna di Mozilla Firefox menggunakan VivaldiFox, sekarang kita terapkan tema. Lihat pada menu Default Themes, silahkan pilih tema dengan nama biru. Apabila kita ingin menerapkannya pada malam hari, ubah juga pengaturan tema pada night themes dengan memilih tema biru.

Sekarang, kita sudah bisa membuat tema warna sendiri di Mozilla Firefox dengan bantuan add-ons VivaldiFox. Tampilan Menu dan Toolbar Mozilla Firefox menjadi lebih menarik karena kita sendiri yang menentukan tema warnanya.

Demikian Cara Membuat Tema Warna Mozilla Firefox Sendiri Dengan VivaldiFox. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon