Monday 26 November 2018

Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint

Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint - Atom IDE merupakan text editor sekaligus “Source Code Editor” yang banyak dipakai oleh para pengembang perangkat lunak untuk menulis kode program. Atom dikembangkan oleh Github dan komunitas aktif Atom itu sendiri. Keberadaan Atom ikut serta meramaikan daftar aplikasi text editor berbasis open source yang banyak kita temukan di sistem operasi komputer berbasis Linux.

Atom is Free, Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk sistem operasi komputer Linux, Mac OS X dan Windows. Atom juga berbasis “Open Source” dan kode sumber dari aplikasi ini dapat diperoleh pada halaman repository Github Atom.

Atom memiliki lisensi MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang merupakan salah satu lisensi yang yang dimiliki oleh perangkat lunak bebas. Lisensi ini memberikan batasan yang sangat longgar untuk penggunaan kembali dan memiliki kompatibilitas lisensi yang sangat baik.

Atom memiliki fitur yang cukup lengkap dan sebagian plugins yang sering digunakan untuk memudahkan programmer dalam menulis kode program sudah disertakan secara default ketika Anda menginstall Atom. Dengan mengusung Label “A hackable text editor for the 21st Century” Atom berusaha sebaik mungkin untuk dapat menjadi salah satu Aplikasi Text Editor Terbaik.



Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint

Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint


Atom tidak disertakan dalam repository distro Linux Ubuntu, Debian maupun Mint. Namun, bagi pengguna Ubuntu, Anda dapat menggunakan paket aplikasi Atom yang terdapat di Snap Ubuntu yang sudah terintegrasi dengan Software Center nya Ubuntu. Dengan demikian Anda dapat melakukan Install Atom di Linux Ubuntu melalui Software Center Ubuntu (berbasis perintah grafis).

Berikut ini beberapa Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian dan Mint :

1. Menggunakan File .deb Atom

Cara paling klasik yang sering dipakai untuk menginstall aplikasi pada distribusi Linux Debian dan turunannya yaitu dengan menggunakan file.deb yang merupakan paket aplikasi standard untuk distribusi Linux Debian.

Silahkan Anda kunjungi alamat website https://atom.io/ , Atom menyediakan file installer untuk dua jenis paket aplikasi yaitu .deb (Debian, Ubuntu, Mint) dan .rpm (Red Hat, Fedora). Karena Anda akan menginstall Atom di Linux Ubuntu, Debian atau Mint, pilih yang .deb.

Setelah itu, Anda dapat menginstall Atom dengan menggunakan aplikasi penginstall paket Gdebi.

Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint

  • Klik kanan pada file .deb hasil download lalu pilih Open With Gdebi
  • Setelah itu pada jendela Gdebi klik pada tombol Install, ikuti saja instruksi yang tersedia sampai proses install Atom di Linux Ubuntu, Debian atau Mint selesai.

Bila pada distribusi Linux yang Anda pakai belum terinstall Gdebi Package Installer, install dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gdebi

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perintah teks untuk menginstall file .deb, silahkan jalankan terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo dpkg -i nama_file.deb

2. Menambahkan Repository Atom

Bila Anda lebih suka untuk menginstall aplikasi Linux melalui repository, seperti yang biasa Anda lakukan pada distribusi Linux, Anda dapat menambahkan repository ke dalam sistem Linux yang Anda pakai. Untuk distribusi Linux Ubuntu, Debian, Mint dan turunan distro Linux Debian lainnya dapat dilakukan dengan cara seperti ini.

Silahkan jalankan terminal Linux lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

a. Tambahkan Repository Atom
$ curl -sL https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/gpgkey | sudo apt-key add -

lalu

$ sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] https://packagecloud.io/AtomEditor/atom/any/ any main" > /etc/apt/sources.list.d/atom.list'

lalu

$ sudo apt-get update

b. Install Atom
$ sudo apt install atom

Anda juga dapat menggunakan versi Beta Atom

$ sudo apt install atom-beta

Versi beta adalah versi aplikasi yang masih dalam tahap pengujian. Versi beta merupakan rilis setelah versi Alpha, Anda akan mendapatkan fitur yang lengkap (lebih banyak dibandingkan versi stable) namun, mungkin akan mendapati sedikit atau banyak Bug.

3. Install Atom Melalui Snap Ubuntu

Snap merupakan model paket aplikasi masa depan Linux yang dibuat oleh Canonical Ubuntu
Atom juga tersedia dalam model paket Snap, pengguna distro Linux Ubuntu akan mudah untuk install Atom melalui Snap Ubuntu. Karena, Snap tersedia secara default ketika Anda menginstall distro Linux Ubuntu. Sementara untuk distro Linux lain yang tidak menyertakan snap, terlebih dahulu harus install snap.

Pengguna Ubuntu dapat memanfaatkan Software Center untuk install aplikasi dengan perintah grafis. Anda tinggal klik pada tombol Install pada paket snap Atom dan setelah proses install Atom selesai, Anda dapat menjalankan aplikasi Atom seperti aplikasi lainnya.

Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian, Mint

Sementara untuk Linux Debian dan Mint Anda perlu install snap terlebih dahulu dan setelah itu Anda dapat menginstall Atom melalui snap. Silahkan buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

$ sudo apt install snapd

Setelah berhasil menginstall snap pada distribusi Linux Debian atau Mint, Anda dapat melakukan install Atom melalui snap Ubuntu.

$ sudo snap install atom

Tersedia juga versi beta dan edge

$ sudo snap install atom --channel=beta

Silahkan gunakan cara yang Anda suka dalam melakukan install aplikasi Atom di sistem Linux. Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan Atom versi Portable, Anda tidak perlu install Aplikasi, cukup download paket Atom Portabel yang selanjutnya dapat Anda jalankan melalui sistem Linux yang Anda pakai.

Demikian mengenai Cara Install Atom IDE Di Linux Ubuntu, Debian dan Mint. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon