Wednesday 4 April 2018

Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse  – Pengguna distro Linux yang sering memakai mouse sebagai pengganti touchpad laptop, dapat mengatur untuk menonaktifkan touchpad laptop saat menggunakan Mouse. Kita melakukan hal ini supaya tidak terganggu dengan adanya touchpad, soalnya kita sudah menggunakan Mouse, jadi dalam hal ini fungsi touchpad laptop kita ganti dengan Mouse atau Tetikus.

Mematikan Touchpad Laptop memang diperlukan saat kita menggunakan mouse. Ketika jari atau tangan kita menyentuh touchpad secara tidak sengaja, tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita di depan laptop. Terutama saat sedang mengetik artikel, naskah atau dokumen yang lain. Dengan menonaktifkan touchpad laptop maka, kita tidak akan terganggu dengan adanya touchpad saat tersentuh secara tidak sengaja. Dengan demikian, kita dapat menggunakan mouse secara lebih leluasa dan aktivitas kita di depan laptop menjadi lebih enak, nyaman dan tenang.


Kali ini saya akan berbagai mengenai cara menonaktifkan touchpad laptop saat menggunakan mouse di Linux Mint, Ubuntu, Debian dan distro Linux lain yang menggunakan base system Ubuntu atau Debian. Kita dapat mematikan touchpad laptop secara manual atau otomatis saat mouse terkoneksi dengan laptop. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menonaktifkan touchpad laptop, silahkan anda pilih cara yang paling anda suka dan cocok dengan distribusi Linux yang anda pakai.

1. Menonaktifkan Touchpad Laptop Di Gnome Desktop


Pengguna desktop enviroment Gnome, dapat menggunakan ekstensi yang bernama TouchPad-Indicator. Anda dapat menambahkan ekstensi ini supaya dapat dengan mudah mengakses pengaturan touchpad & mouse di lingkungan desktop Gnome. Lingkungan desktop Gnome dapat anda gunakan pada berbagai distro Linux, termasuk pada Ubuntu dan Debian.

Untuk menambahkan Ekstensi Touchpad Indicator di Gnome Desktop, anda tinggal buka peramban internet Firefox, Chromium (Chrome), Opera Browser atau yang lainnya lalu buka alamat situs web ini, :

https://extensions.gnome.org/extension/131/touchpad-indicator/

Ekstensi Gnome ini terintegrasi dengan pengaturan ekstensi pada Gnome Tweak Tools. Anda tinggal klik pada tombol ON/OFF. Karena ekstensi ini belum terinstall secara default maka, akan muncul pesan untuk menginstall extensions touchpad indicator, klik saja pada tombol install. Setelah itu kita dapat melihat ikon (applet) touchpad indicator di Panel Komputer.

Cara Menggunakan Touchpad Indicator Gnome Desktop :


  • Klik pada ikon Touchpad Indicator yang terdapat di Panel Komputer, ada tiga Menu yaitu : ON/0FF Touchpad, Touchpad Preferences dan Indicator Preferences.

    Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

  • Klik ON/0FF untuk mengaktifkan atau nonaktifkan touchpad
  • Klik Touchpad Preferences, untuk menampilkan jendela pengaturan Mouse & Touchpad default system.
  • Klik Indicator Preferences, untuk menampilkan jendela pengaturan Touchpad Indicator.

Jadi, untuk menonaktifkan touchpad saat menggunakan mouse di Gnome desktop cukup mudah, kita tinggal klik pada tombol ON/0FF saja.

Sementara untuk Preferenes Touchpad Indicator, kita dapat mengatur bagian yang mungkin diperlukan yaitu mengatur auto switch antara touchpada dan mouse ( lihat gambar di bawah ini ) :

Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

  • Pilih Menu AutoSwitch, kita dapat mengatur secara otomatis saat Mouse Tidak Tertancap Di Laptop. Ketika kita mengaktifkan fungsi “Automatically Switch Touchpad”, maka, ketika mouse tidak tertancap di laptop (cabut mouse),  secara otomatis touchpad akan aktif.

2. Menonaktifkan Touchpad Laptop Di Ubuntu Dan Linux Mint


Cara yang paling mudah untuk menonaktifkan touchpad laptop saat menggunakan mouse yaitu melalui pengaturan Touchpad & Mouse, sama seperti pada Gnome Desktop. Namun, sampai saat ini hal itu dapat kita lakukan secara manual, tanpa adanya fitur untuk switch antara touchpad & mouse. Untuk lebih memudahkan kita dalam mengakses pengaturan touchpad & mouse dan kita dapat menonaktifkan touchpad saat mouse aktfi, lebih baik install touchpad-indicator di sistem Linux yang anda pakai.

Mungkin saja pada lingkungan desktop yang anda pakai tidak ada pengaturan untuk mematikan touchpad lapto. Dengan menambahkan touchpad-indicator, anda dapat menonaktifkan touchpad saat mouse tertancap di laptop secara otomatis. Cara ini dapat anda lakukan pada distribusi Linux Ubuntu, Linux Mint dan distribusi Linux lainnya yang berbasis Ubuntu.

Install Touchpad Indicator Di Ubuntu dan Linux Mint

Silahkan buka terminal Linux lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Tambahkan PPA :
sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao

Update Repository :
sudo apt update

Install touchpad-indicator
sudo apt install touchpad-indicator

Setelah proses install touchpad-indicator selesai, anda dapat melihat ikon shortcut (applet) touchpad-indicator pada Panel Komputer. Silahkan klik pada Applet tersebut lalu pilih Menu Preferences. Anda akan melihat jendela preferences dari touchpad-indicator seperti di bawah ini :

Menonaktifkan Touchpad Saat Mouse Tertancap Di Laptop


Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Lihat pada Menu Action, lalu klik pada tombol “Disable Touchpad When Mouse Plugged” untuk mengaktifkan fungsi tersebut. Tunggu beberapa detik dan sekarang touchpad laptop yang anda pakai sudah tidak aktif lagi (Off) dan tidak bisa digunakan. Anda dapat mencobanya dengan menyentuh touchpad yang kini sudah tidak aktif. Sekarang anda bebas menggunakan mouse laptop tanpa terganggu dengan adanya touchpad.

Aktifkan AutoStart Indikator TouchPad


Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Supaya kita tidak repot menjalankan touchpad indicator secara manual setiap kali menggunakan laptop/komputer, sebaiknya aktifkan juga AutoStart Touchpad Indicator. Dengan demikian, touchpad indicator akan berjalan secara otomatis saat kita pertama kali menghidupkan laptop. Itu bila anda selalu menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad laptop.

Sebenarnya kita dapat menonaktifkan touchpad laptop tanpa perlu install aplikasi atau menambahkan ekstensi apapun. Silahkan anda buka pengaturan Mouse & Touchpad default system, bila disana terdapat pengaturan untuk menonaktifkan Touchpad maka, anda dapat menonaktifkan touchpad saat menggunakan mouse melalui pengaturan mouse & touchpad tersebut. Namun, bila dalam pengaturan mouse & touchpad tidak ada fungsi untuk mematikan touchpad, anda dapat menggunakan aplikasi tambahan (touchpad indicator) atau ekstensi.

Pengaturan default system untuk Mouse & Touchpad biasanya berbeda-beda, tergantung desktop environment yang anda gunakan. Bagi pengguna lingkungan deskop Gnome dan Cinnamon, anda dapat menonaktifkan touchpad laptop melalui pengaturan Mouse & Touchpad default system.

Demikian Mengenai Cara Menonaktifkan TouchPad Laptop Saat Menggunakan Mouse Di Linux Mint, Ubuntu, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon