Wednesday 28 March 2018

Install ONLYOFFICE Melalui Snap Ubuntu

Tags

Install ONLYOFFICE Melalui Snap Ubuntu – Bagi yang sedang mencari aplikasi perkantoran sebagai alternatif atau pengganti MS Office, anda dapat menggunakan OnlyOffice yang merupakan aplikasi office gratis dengan fitur yang cukup lengkap.

Pengguna distro Linux mungkin sudah mendapati LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran default system di berbagai distro Linux Populer, seperti misalnya: Debian, Ubuntu, Linux Mint . Bila anda ingin menggunakan aplikasi perkantoran selain LibreOffice, OnlyOffice merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa anda pakai.

OnlyOffice bukan merupakan aplikasi perkantoran yang baru rilis, projek pembuatan OnlyOffice sudah ada sejak tahun 2009 yang dinamakan TeamLab. Nama OnlyOffice baru mulai digunakan pada tahun 2014, sebagai bentuk “rebranded” dari “TeamLab”. Seiring dengan itu, OnlyOffice menjadi sebuah projek Open Source dan sejak saat itu, OnlyOffice berkembang secara lebih pesat.


Seperti yang dilansir oleh insight.ubuntu (9 Maret 2018), OnlyOffice telah merilis untuk versi snap Ubuntu. Snap Ubuntu merupakan model paket universal yang dapat berjalan di berbagai platform Linux, hampir sama seperti model paket flatpak.

Anda dapat install OnlyOffice melalui snap Ubuntu dengan catatan, distro Linux yang anda pakai sudah terinstall snap Ubuntu. Memang sebagian pengguna Linux lebih suka install aplikasi melalui repository masing-masing distro Linux. Namun, tidak semua aplikasi dapat kita temukan di repository resmi distro Linux yang kita pakai. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan snap Ubuntu untuk menemukan berbagai aplikasi menarik yang mungkin tidak kita temukan di repository distro Linux yang kita pakai.

Install ONLYOFFICE Melalui Snap Ubuntu
OnlyOffice Desktop Editor

Fiture Utama OnlyOffice


OnlyOffice menyertakan tiga komponen utama yaitu Document, Spreadsheet dan Presentation. Anda dapat menggunakannya untuk membuat berbagai dokumen perkantoran. Berikut ini beberapa fitur utama dari OnlyOffice sebagai benefit yang bisa anda peroleh :

  • Sepenuhnya kompatibel dengan MS Office dan Open Document Format (DOC, DOCX, ODT, RTF, TXT, PDF, HTML, EPUB, XPS, DjVu, XLS, XLSX, ODS, CSV, PPT, PPTX, ODP, FODS, FODT, FODP)
  • Dapat kita pakai untuk melihat dan membuat dokumen dalam berbagai ukuran dan kompleksitas.
  • Dapat memiliki kemampuan lebih dalam mengedit dokumen menggunakan plugin, misalnya : Menyisipkan simbol khusus, video youtube, ClipArt, Template dan Lainnya.
  • Dengan fasilitas Macro anda dapat mengotomatiskan aktivitas rutin yang anda jalankan.
  • Dapat beralih ke OnlyOffice Online (Cloud) untuk keperluan berbagi dokumen atau yang lainnya.

OnlyOffice versi snap Ubuntu dibuat dengan tujuan supaya pengguna distro Linux dapat lebih mudah dalam menginstall OnlyOffice. Meskipun sebenarnya OnlyOffice versi desktop sudah menyediakan file installer untuk platform Linux namun, dengan adanya OnlyOffice versi snap ini harapannya pengguna OnlyOffice versi snap dapat menerima update terbaru dari OnlyOffice secara lebih mudah (otomatis) dan dalam perkembangannya, OnlyOffice dapat dikembangkan secara lebih optimal dalam lingkup komunitas snap Ubuntu.

Cara Install OnlyOffice Melalui Snap Ubuntu


Bila anda ingin menggunakan aplikasi perkantoran OnlyOffice, terutama pengguna distro Linux Ubuntu, anda dapat melakukan install OnlyOffice melalui snap Ubuntu dengan cara sebagai berikut :

  • Pastikan sistem komputer yang anda pakai sudah terinstall snap Ubuntu. Bila belum terinstall, silahkan install snap Ubuntu dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

    sudo apt install snapd

    lalu ketik perintah :
    sudo snap install core

  • Install OnlyOffice melalui Gnome Software Manager atau bisa juga melalui terminal Linux.

Install OnlyOffice Melalui Gnome Software Manager


Install ONLYOFFICE Melalui Snap Ubuntu
Install OnlyOffie Melalui Gnome Software

Distro Linux Debian, Ubuntu dan Mint sekarang menggunakan Gnome Software sebagai aplikasi Manager Software default system. Pada distribusi Linux Mint, Mint Software yang digunakan memakai base system dari Gnome Software dengan beberapa perubahan yang dibuat oleh pengembang Linux Mint.

Linux Mint sendiri menyertakan flatpak di dalam aplikasi pengelola perangkat lunak (Mint Sofware). Dimana aplikasi flatpak terintegrasi baik dengan Manager Software Linux Mint. Dengan demikian pengguna Linux Mint dapat dengan mudah dalam menginstall aplikasi dengan model flatpak.

Silahkan buka Gnome Software yang dalam Menu komputer memiliki nama Software saja. Anda dapat menggunakan tombol pencarian untuk mencari aplikasi yang akan anda install atau gunakan menu kategori aplikasi. Karena kita akan menginstall aplikasi perkantoran OnlyOffice maka, klik pada menu kategori Office. Setelah menemukan aplikasi yang kita install, klik pada tombol Install pada aplikasi OnlyOffice.

Install OnlyOffice Melalui Terminal Linux

Mungkin anda akan lebih suka untuk menginstall aplikasi di snap Ubuntu melalui terminal distribusi Linux yang anda pakai. Karena lebih simpel dan kita tidak perlu menjalankan aplikasi Gnome Software.

Silahkan buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :
sudo snap install onlyoffice-desktopeditors

Sampai di sini anda sudah dapat menginstall aplikasi OnlyOffice melalui snap Ubuntu. Bila anda kesulitan dalam melakukan install aplikasi melalui snap Ubuntu, anda dapat menggunakan file installer OnlyOffice yang bisa anda download pada situs web onlyoffice.com.

OnlyOffice merupakan aplikasi perkantoran yang berbasis open source.  OnlyOffice tersedia dalam versi Offline dan Online. Kita dapat menggunakan versi free (desktop editon) atau versi berbayar (enterprice, integration, developer dan cloud servcie). OnlyOffice dikembangkan oleh Ascensio System SIA.

Demikian Mengenai Cara Install OnlyOffice Melalui Snap Ubuntu. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon