Thursday 29 March 2018

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player – Pengguna distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian akan menjumpai aplikasi pemutar musik yang bernama Rhythmbox. Ya, Rhythmbox merupakan aplikasi music player default system distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.  Selain itu, banyak distro Linux populer lainnya yang menggunakan Rhythmbox sebagai aplikasi pemutar musik default system.

Setelah sebelumnya saya sudah memposting mengenai cara memutar musik di Rhythmbox untuk pemula, kali ini saya akan berbagi mengenai cara menambahkan plugin EQUALIZER di Rhythmbox atau Cara Install Equalizer Di Rhythmbox. Secara default Rhythmbox memang belum menggunakan Equalizer, bagi yang suka mendengarkan musik dengan gaya Equalizer yang berbeda, anda dapat menambahkan Equalizer di Rhythmbox seperti yang akan saya uraikan di bawah ini.


Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk install Equalizer di Rhythmbox Musik Player.  Bisa menggunakan ppa: (Ubuntu dan Linux Mint) atau bisa juga dengan menambahkan plugin Equalizer secara manual. Saya akan menggunakan cara yang kedua yaitu Install Equalizer di Rhythmbox secara Manual. Cara ini dapat anda pakai pada distribusi Linux Mint, Ubuntu, Debian dan turunannya.

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player

Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player


Kita tidak perlu menambahkan ppa pihak ke-3, cukup download plugin Equalizer untuk Rhythmbox lalu tambahkan secara manual pada sistem operasi komputer yang kita gunakan. Berikut selengkapnya mengenai Cara Menambahkan Equalizer Di Rhythmbox Musik Player.

1. Download Plugin Equalizer Rhythmbox

Silahkan kunjungi alamat situs web berikut ini : https://github.com/luqmana/rhythmbox-plugins lalu klik pada tombol Clone or Download. Simpan file hasil download pada hardisk komputer. Biasanya file hasil download berupa file terkompresi, ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi manajer berkas atau klik kanan pada file lalu pilih “extract here”.

2. Install Equalizer Di Rhythmbox Secara Manual

Setelah itu pindahkan atau salin dan tempel file hasil ekstrak pada direktori home ./local/share/rhythmbox/ (gunakan tombol keyboard ctrl+h untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi).

Bila tidak salah file hasil ekstrak berupa folder dengan nama “rhythmbox-plugins” di dalam folder tersebut berisi beberapa plugin Rhythmbox termasuk Equalizer. Jadi, dengan download plugin ini, kita tidak hanya menambahkan Equalizer saja, melainkan ada beberapa plugin lainnya.

Selain menggunakan cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara seperti ini :

Buka direktori home .local/share/rhythmbox lalu klik kanan pilih Open in terminal, setelah itu ketik perintah teks di bawah ini :

git clone https://github.com/luqmana/rhythmbox-plugins

3. Menjalankan Plugin Equalizer di Rhythmbox

Setelah selesai menambahkan plugin Equalizer di Rhythmbox Musik Player, install dua paket aplikasi berikut ini : gir1.2-gconf-2.0 dan python-lxml.

Silahkan buka terminal lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install gir1.2-gconf-2.0 python-lxml

Setelah itu, tambahkan plugin Equalizer pada daftar plugin Rhythmbox dengan cara sebagai berikut :

  • Buka folder plugin Equalizer, home./local/share/rhythmbox/rhythmbox-plugins/equalizer .
  • Lalu klik kanan pada area kosong dan pilih Open in terminal.
  • Setelah itu, pada terminal Linux ketik perintah ./install.sh --rb3 untuk Rhythmbox versi 3.0 keatas atau ./install.sh untuk Rhythmbox versi 2.96 – 2.99 (tidak perlu masuk sebagai root). Anda dapat melihat versi Rhythmbox pada Menu About.
  • Jalankan Rhythmbox Musik Player lalu buka Menu Plugin, bila tidak ada kesalahan maka, plugin Equalizer sudah terlihat di Menu Plugin Rhythmbox. Silahkan klik (centang) pada plugin yang akan kita aktifkan.

4. Menggunakan Equalizer

Equalizer memiliki fungsi yang sama pada setiap aplikasi musik player yaitu untuk Membagi Frekuensi Suara dari High, Midle dan Low frekuensi. Dengan pengaturan Equalizer yang tepat kita dapat memperoleh kualitas suara yang bagus, enak didengar dan dapat juga menhilangkan noise (bising) pada suara.

Setelah mengaktifkan Equalizer di Rhythmbox Musik Player, anda dapat melihat jendela pengaturan equalizer, silahkan atur sesuai yang anda suka atau bisa juga menggunakan setelan yang ada yaitu :  default,  ballad, classic, clube, dance, more bass, more bass and treble, more treble, party, pop, reggae, rock, ska, soft dan techno.

Klik pada Menu Tools > Equalizer untuk menampilkan jendela Equalizer.

Demikian Cara Menambahkan EQUALIZER Di Rhythmbox Musik Player, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon