Monday 2 April 2018

Install Tema Ikon Samsung Galaxy S9 Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Install Tema Ikon Samsung Galaxy S9 Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – Beberapa waktu yang lalu samsung smartphone telah merilis produk terbaru mereka yaitu Galaxy S9 dengan tampilan tema ikon yang cukup menarik.  Pengguna sistem Linux dapat menginstall tema tersebut di distro Linux yang anda pakai termasuk juga pada distrbusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

Tema ikon yang mirip dengan ikon Samsung Galaxy S9 ini bernama Dex_KDE , bila dilihat dari namanya, tema ini memang ditujukan untuk lingkungan desktop KDE Plasma. Namun, tema dex_kde ini tidak hanya dapat dipakai pada lingkungan desktop KDE Plasma saja, anda juga dapat menggunakannya pada lingkungan desktop selain KDE Plasam, termasuk pada Lingungan desktop Cinnamon, Gnome, Mate, Budgie dan lain-lainnya.

Sebenarnya tema Dex_KDE ini sudah ada cukup lama, terinspirasi dari tema ikon Samsung Galaxy S8 dan ikon tersebut juga terdapat di Samsung Galaxy S9. Maka dari itu, tema ini sangat mirip dengan tema Samsung Galaxy S8 dan S9.

Install Tema Ikon Samsung Galaxy S9 Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Install Tema Ikon Samsung Galaxy S9 Di Linux Mint, Ubuntu, Debian 


Bila anda tertarik untuk menggunakan tema Samsung Galaxy S9 di sistem Linux Mint, Ubuntu, Debian atau distro Linux lainnya, anda dapat download tema Dex_KDE di situp web ini :

https://www.opendesktop.org/p/1197856/ 

Pilih pada Menu File, terdapat dua tema yaitu :

  • Dex_Deppin.zip
  • kde.tar.gz,

Pilih yang kde.tar.gz., klik pada tombol Download  (ikon download) lalu simpan file hasil download pada hardisk komputer.

Setelah itu, install tema Dex_KDE secara manual dengan cara sebagai berikut :

  • Ekstrak tema ikon Dex_KDE (biasanya file hasil download berupa file yang terkompresi, kde.tar.gz). Kita akan memperoleh file hasil ekstrak dengan folder bernama KDE. Di dalam folder tersebut terdapat empat (4) jenis tema yaitu : Dex_KDE, Dex_KDE_Blue, Dex_KDE_Green dan Dex_KDE_S.
  • Salin dan tempel tema pada folder home .icons (gunakan ctrl+h untuk menampilkan folder yang tersembunyi), bila belum terdapat folder .icons, buat folder baru dengan nama yang sama. Selain itu, anda juga dapat menginstall tema ikon pada folder /usr/share/icons (masuk sebagai root).
  • Logout atau keluar sesi lalu login kembali.
  • Gunakan pengaturan tema ikon untuk menerapkan ikon Dex-KDE yang baru saja kita install.  Untuk Gnome Desktop gunakan Tweak Tools Gnome.

Seperti yang anda lihat, ada empat varian tema yaitu untuk Dex_Kde (warna hijau), Dex_Kde_Blue (Biru), Dex_Kde_Green (hijau) dan Dex_Kde_S (Simbol). Silahkan anda gunakan tema tersebut sesuai selera anda masing-masing.

Memang semua distro Linux sudah memiliki tema ikon default system, sesuai dengan lingkungan desktop yang digunakan. Namun, bila anda belum puas dengan tema ikon yang tersedia secara default system, anda dapat menambahkan tema ikon lainnya sesuka hati. Linux memiliki beragam tema ikon yang bisa anda peroleh secara gratis di berbagai website yang menyediakan tema ikon Linux, misalnya : opendesktop.com (gnome-look, cinnamon-look, mate-look, dll), store.kde.org, dan lain sebagainya.

Tema ikon Dex_Kde ini memang terlihat sangat menarik, anda pasti akan menyukai tema ikon yang satu ini. Banyak pengguna Linux yang suka dengan tema ikon ini, terutama pengguna KDE Plasma. Bila anda memiliki kemampuan untuk membuat tema ikon seperti Dex_Kde ini, anda dapat berbagai tema yang anda buat dengan menguploadnya di website penyedia tema ikon Linux, sehingga dapat digunakan oleh para pengguna Linux yang lain.

Tema Ikon Dex_KDE ini dibuat oleh Mahdi Mohammad Sibli - Dhaka, Bangladesh

Demikian mengenai Cara Install Tema Ikon Samsung Galaxy S9 Di Linux Mint, Ubuntu, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon