Tuesday 3 April 2018

Install Mozilla Firefox Quantum Melalui Snap Ubuntu

Tags

Intsall Mozilla Firefox Quantum Melalui Snap Ubuntu – Sekarang pengguna distro Linux sudah dapat install Mozilla Firefox melalui snap Ubuntu. Pada tanggal 19 Maret 2018 kemarin, Canonical secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah merilis Mozilla Firefox snap dengan versi terbaru yaitu Quantum. Dengan dirilisnya Mozilla Firefox snap, kita dapat install Firefox snap di berbagai distro Linux termasuk Ubuntu, Debian dan Linux Mint.

Seperti yang kita ketahui bahwa snap merupakan model paket aplikasi yang dapat berjalan di berbagai distribusi Linux. Tidak hanya di Ubuntu saja, melainkan distro Linux lain juga dapat menggunakan aplikasi yang terdapat di snap, yang penting sistem Linux yang anda pakai sudah terinstall snap (snapd).



Pengguna Mozilla Firefox snap dapat memperoleh beberapa keuntungan yaitu dapat menikmati fitur terbaru dari Mozilla Firefox yang masih dalam tahap testing dengan menggunakan sistem kanal Canonical.

Model paket snap merupakan model paket aplikasi masa depan Linux yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berjalan di berbagai platform Linux. Model paket snap dirancang untuk dapat berjalan secara aman di berbagai lingkungan desktop, cloud maupun perangkat Iot. Banyak pengguna Linux yang suka dengan model paket snap dan model paket seperti ini akan sangat menguntungkan bagi pengembang aplikasi karena, mereka tidak perlu membuat banyak model paket aplikasi untuk distrobusi Linux yang berbeda.

Mozilla Firefox Quantum merupakan versi baru dari peramban situs web Firefox. Banyak perubahan yang di bawa oleh Mozilla Firefox Quantun, terutama dalam hal kecepatan dan tampilan.  Quantum 2x lebih cepat dari Mozilla Firefox versi 52.

Tampilan yang dibawa Quantum juga lebih modern dan elegan. Anda akan mendapati sebuah tampilan baru Firefox yang berbeda dengan vesi sebelumnya. Selain itu, Quantum juga dibekali dengan tracking protection, private browsing, theme, extension dan berbagai aksesoris lainnya.

Install Mozilla Firefox Quantum Melalui Snap Ubuntu

Install Mozilla Firefox Quantum Melalui Snap Ubuntu


Sebelumnya pastikan sistem Linux yang anda pakai sudah terinstal snap Ubuntu, bila belum terinstall snap, silahkan buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt install snapd

lalu ketik perintah berikut ini :

sudo snap install core

Setelah itu install Mozilla Firefox Quantum:

sudo snap install firefox

Jika anda ingin menggunakan Mozilla Firefox Quantum versi Edge channel, ketik perintah teks di bawah ini :

sudo snap install --edge firefox

Selain versi edge, anda juga dapat menginstall aplikasi di snap Ubuntu dalam beberapa versi. Anda dapat menggunakan beberapa channel di dalam snap Ubuntu yaitu edge/beta/candidate/stable.  Silahkan pilih channel yang akan anda pakai.

Selain menggunakan perintah teks di terminal Linux, anda juga dapat install aplikasi snap melalui aplikasi pengelola perangkat lunak Ubuntu dan Debian yaitu Gnome Software (Software).

Fiture Utama Mozilla Firefox Quantum :


  • Powerfull web browser dengan engine baru dengan peforma yang lebih cepat.
  • Loding lebih cepat dengan konsumsi memori yang lebih kecil.
  • Desain yang cantik dengan fitur cerdas untuk penjelajahan cerdas.
  • Bila anda membuka banyak tab browser, berpindah antar tab terlihat lembut dan lebih cepat.
  • Fitur private browsing yang baik, termasuk juga adanya tracking proteksion yang akan melindungi privasi dari pengguna Mozilla Firefox Quantum.
  • Dengan mengaktifkan fitur blocking-ads, anda akan mendapati Firefox Quantum 44% lebih cepat.
  • Dapat dikustomisasi dengan mudah dengan adanya berbagai macam tema dan ekstensi Firefox.
  • Dapat melakukan sinkronasi di berbagai device komputer, termasuk juga smartphone.

Mozilla Firefox merupakan aplikasi peramban internet (web browser) default berbagai distro Linux Populer, termasuk distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Pengguna distro Linux Debian Stable, tidak menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru saat ini, bila anda (pengguna debian) ingin menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, dapat menginstall Firefox melalui snap Ubuntu, install secara manual atau menggunakan debian testing, atau unstable repository.

Linux Mint dan Ubuntu sudah dibekali dengan Mozilla Firefox versi terbaru saat ini. Bila anda (pengguna Mint dan Ubuntu) ingin menggunakan Mozilla Firefox versi snap, anda dapat menginstallnya dengan cara yang sudah saya uraikan seperti di atas.

Model Aplikasi Snap Mirip Dengan Flatpak, Yang Dapat Berjalan Di Semua Distro Linux Yang Sudah Di Support.

Demikian Mengenai Cara Install Mozilla Firefox Quantum Melalui Snap Ubuntu, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon