Tuesday 21 March 2017

Mengatur Aplikasi Pilihan Di Linux Mint Cinnamon

Mengatur Aplikasi Pilihan Di Linux Mint Cinnamon – Bila kita membuka sebuah file, baik itu file musik, video, dokumen, plain teks, gambar (.png, .jpg,..) atau jenis file yang lainnya maka, saat kita “klik dua kali” pada file tersebut secara otomatis akan di “eksekusi” atau dijalankan oleh aplikasi yang sudah kita tentukan sebagai aplikasi untuk menjalankan file tersebut, aplikasi inilah yang dinamakan “Aplikasi Pilihan” di dalam sistem Linux Mint Cinnamon.

Bila kita ingin memainkan sebuah file musik dalam format .mp3, kita akan diberi pilihan beberapa aplikasi pemutar file musik yang terinstal di dalam sistem Linux Mint seperti : Rhythmbox, Audacious, Foobnix, Exaile atau yang lainnya. Saat kita melakukan “klik dua kali” pada file .mp3 tersebut maka file .mp3 akan dijalankan oleh aplikasi pemutar musik yang sudah kita tentukan pada pengaturan “Aplikasi Pilihan”. Bila kita klik kanan pada file .mp3 , aplikasi pilihan untuk menjalankan file .mp3 ini akan tampil di dalam Menu Klik Kanan dan kita bisa memilihnya untuk menjalankan file .mp3 tersebut.

Bisa kita sebut juga bahwa Aplikasi Pilihan merupakan aplikasi yang kita pilih sebagai aplikasi utama untuk menjalankan sebuah file sesuai dengan fungsinya masing-masing, termasuk juga untuk peramban internet (browser internet).

Cara Mengatur Aplikasi Pilihan Di Linux Mint Cinnamon


Merubah pengaturan Aplikasi Pilihan di sistem Linux Mint Cinnamon dapat kita lakukan dengan cukup mudah. Silahkan buka :

Pengaturan Sistem > Aplikasi Pilihan

Terlihat seperti gambar di bawah ini untuk Linux Mint Cinnamon versi 18.1 Serena :

Mengatur Aplikasi Pilihan Di Linux Mint Cinnamon


Ada dua Menu Utama yaitu “Preferred Application” dan “Removable Media”, silahkan atur kedua Menu tersebut sesuka hati.

A. Preferred Application

  1. Jejaring (Internet Browser) : Silahkan pilih salah satu aplikasi sebagai aplikasi browser default sistem untuk menjalankan file-file .html
  2. Surel (Surat Elektronik / Email) : Pilih salah satu dari aplikasi Mail Client yang terinstal di dalam sistem. ThunderBird Mail merupakan aplikasi mail client default sistem Linux Mint.
  3. Dokumen : Secara default, LibreOffice menjadi aplikasi pilihan untuk menjalankan file-file dokumen perkantoran. Silahkan pilih aplikasi perkantoran lainnya yang terinstal di dalam sistem Linux Mint bila kita ingin mengganti LibreOffice dengan aplikasi perkantoran lainnya sebagai Aplikasi Pilihan
  4. Plain teks : Berbeda dengan file dokumen perkantoran, untuk file plain teks memiliki Aplikasi Pilihan sendiri seperti misalnya, Gedit, Xed, Pluma, Leafpad, dan lain-lain.
  5. Musik : Pilih salah satu aplikasi pemutar musik yang akan kita jadikan sebagai Aplikasi Pilihan
  6. Video : Pilih salah satu aplikasi pemutar file video sebagai Aplikasi Pilihan
  7. Foto : Pilih salah satu aplikasi penampila gambar / foto sebagai Aplikasi Pilihan
  8. Source Code : Berbeda dengan plain teks, bila kita sering membuat atau mengedit file teks berupa kode sebuah program / aplikasi, kita dapat menggunakan aplikasi yang memang ditujukan untuk pemrograma seperti misalnya,  Geany.
  9. Terminal : Pilih salah satu emulatar Terminal yang kita suka, misalnya, “gnome-terminal”

B. Removable Media


Bila kita memasukan sebuah media CD, Flashdisk atau yang lainnya ke dalam komputer / laptop, kita dapat menentukan Aplikasi Pilihan untuk menjalankan file yang terdapat di dalam media tersebut atau pilih “Tanya apa yang harus dilakukan”.
  1. Pilih sebuah aplikasi untuk memutar cd musik
  2. Pilih sebuah aplikasi untuk memutar dvd video
  3. Pilih sebuah aplikasi yang dijalankan ketika pemutar musik disambungkan
  4. Pilih sebuah aplikasi yang dijalankan ketik kamera disambungkan
  5. Pilih sebuah aplikasi untuk cd perangkat lunak
  6. Media lain > Tambahkan media lain bila diperlukan

Kesimpulan


Dalam menentukan Aplikasi Pilihan untuk menjalankan sebuah file, sebaiknya gunakan aplikasi yang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Hal ini akan memudahkan kita dalam menjalankan / membuka sebuah file dengan hanya “klik dua kali” pada file tersebut tanpa perlu melalui Menu Klik Kanan untuk memilih sebuah aplikasi. Demikian cara merubah pengaturan pada Aplikasi Pilihan Linux Mint Cinnamon. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon