Wednesday 12 April 2017

Cara Instal Flux Di Linux Debian

Cara Instal Flux Di Linux Debian -  Flux merupakan aplikasi untuk mengatur temperatur warna cahaya layar monitor. Kita dapat menggunakan aplikasi ini pada sistem operasi Linux, Windows maupun Mac OS. Bagi pengguna Distro Linux Debian dapat instal Flux dengan menggunakan File Master Flux yang bisa kita download pada alamat situs web "https://github.com/xflux-gui/xflux-gui” .

Baca juga : Cara instal Flux di Linux mint / Ubuntu

Flux akan mengatur temperature warna cahaya pada layar monitor secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang sudah kita tentukan. Bila kita sering menggunakan komputer di malam hari, Flux akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata kita. Selain itu, dengan Flux kita menjadi lebih mudah untuk tidur nyenyak setelah beraktivitas di depan komputer pada malam hari.

Biasanya kita akan susah tidur setelah menggunakan komputer dimalam hari. Bila anda mengalami hal tersebut, cobalah atur temperatur warna cahaya pada layar monitor sesuai dengan alat penerangan (lampu) yang digunakan pada ruang tempat kita menggunakan komputer. Bila dalam sistem komputer yang anda gunakan belum terdapat aplikasi untuk melakukan itu, silahkan untuk mencoba Flux.

Cara Instal Flux Di Linux Debian 8 Jessie

Instal Flux Di Linux Debian


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara instal Flux di Linux Debian8 Jessie. Kita tidak dapat langsung instal aplikasi Flux karena belum terdapat di repository Debian. Kita juga tidak dapat instal Flux seperti pada Linux Mint / Ubuntu. Memang sedikit lebih panjang proses instal Flux di Debian dan kita akan menggunakan filem master Flux yang akan kita download terselbih dahulu.

1. Instal “dependencies” untuk Flux Dan aplikasi git


Pertama instal dependensi untuk paket flux, buka terminal, masuk sebagai root, lalu ketik perintah berikut ini :

sudo apt-get install python-appindicator python-xdg python-pexpect python-gconf python-gtk2 python-glade2 libxxf86vm1 git

2. Download xflux-gui


Ketik perintah dibawah ini untuk berpindah pada direktori /tmp :

cd /tmp

Download xflux-gui :

git clone "https://github.com/xflux-gui/xflux-gui.git"

Pindah ke direkori xflux-gui :

cd xflux-gui

Lalu ketik perintah di bawah ini :

python download-xflux.py

*jangan keluar dari terminal dulu

3. Instal Flux pada sistem komputer (global)


Masih dalam terminal Linux, ketik perintah di bawah ini :

sudo python setup.py install

4. Jalankan Flux


Setelah melalui semua tahap proses instal Flux-gui di sistem komputer Linux Debian, kita dapat menjalankannya melalui Menu Komputer atau ketik perintah di bawah ini pada terminal Linux :

fluxgui

Silahkan atur pengaturan Flux sesuai dengan lokasi tempat kita berada. Gunakan “Night Temp color temperature” sesuai dengan jenis lampu penerangan yang dipakai di dalam ruangan tempat kita menggunakan komputer.

5. Instal Flux Di Pada Folder Beranda / Home


Kita bisa melewati langkah ini bila tidak ingin instal Flux di "Home Directory" atau sistem lokal komputer. Ketik perintah di bawah ini bila ingin instal Flux pada lokal komputer.

python setup.py install --user

Cara ini juga dapat digunakan pada Linux Ubuntu dan turunannya, bila kita tidak ingin menambahkan PPA Flux pada Ubuntu

Dengan memperhatikan temperatur warna cahaya pada layar monitor, setidaknya akan membuat kita lebih nyaman dalam menggunakan komputer meskipun pada awal menggunakan Flux terasa asing karena perubahan temperatur warna secara otomatis.

Setelah terbiasa, baru kita rasakan manfaatnya. Mata kita menjadi lebih sehat dan tidak cepat lelah akibat panas cahaya yang dipancarkan oleh layar monitor. Sebaiknya gunakan layar monitor dengan teknologi terbaru yang mengedepankan kepedulian terhadap kesehatan mata.

Selain itu, supaya mata kita tetap terjaga kesehatannya, kita juga harus memperhatikan durasi waktu saat berada di depan layar komputer. Usahakan palingkan pandangan dari layar komputer bila mata kita terasa sakit atau lelah. Sebaiknya istirahat sejenak untuk mengurangi lelah pada mata dan me refresh pikiran kita sebelum mulai beraktivitas lagi. Selain itu perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin -A yang berdampak positif terhadap kesehatan mata.

Demikian cara instal Flux di Linux Debian, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon