Thursday 26 October 2017

Cara Mengatasi LibreOffice Lock For Editing Dan Error Saving

Tags

LibreOffice – Aplikasi perkantoran LibreOffice tiba-tiba mengalami Lock For Editing dan tidak bisa menyimpan file baru di hardisk komputer. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas kita saat menggunakan LibreOffice. Saat kita membuka file dokumen yang dihasilkan LibreOffice, muncul pesan peringatan bahwa LibreOffice “Lock For Editing” dan kita hanya dapat membuka LibreOffice sebagai “read only” dan “open copy” saja.

 Setiap file LibreOffice yang sedang digunakan akan terkunci (Lock) dan user (pengguna) lain tidak dapat melakukan edit file. Kita dapat share file LibreOffice dengan pengguna lain sehingga file yang dihasilkan LibreOffice dapat digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.

Salah satu penyebab terkuncinya file yang dihasilkan LibreOffice yaitu karena file tersebut sedang dipakai oleh pengguna lain dalam satu grup atau jaringan komputer. Selain itu, kita juga dapat mengatur properties file sehingga file tersebut tidak dapat di edit oleh pengguna lain yang tidak memiliki hak akses untuk edit file.

Penyebab LibreOffice Lock For Editing ternyata tidak itu saja, ketika kapasitas hardisk komputer (pada partisi File System) mengalami low space atau ruang penyimpanan pada hardisk sistem komputer telah habis, LibreOffice juga akan mengalami Lock For Editing dan tidak bisa Save file baru.



Cara Mengatasi LibreOffice Lock For Editing Dan Error Saving

Cara mengatasi LibreOffice Lock For Editing dan Erros Saving yaitu dengan melihat penyebabnya. Setelah mengetahui penyebab error pada LibreOffice, baru kita mengatasi masalah tersebut.

1. Pastikan Hardisk Tidak Mengalami Low space

Pertama lihat kapasitas ruang penyimpanan pada File System yang digunakan. Pastikan terlebih dahulu hardisk tidak mengalami Low Space. Kondisi hardisk yang mengalami Low Space atau ruang penyimpanan telah habis maka, LibreOffice atau aplikasi komputer yang lainnya tidak akan berjalan dengan normal seperti biasanya.

Cara Mengatasi LibreOffice Lock For Editing Dan Error Saving

Karena ketika sebuah aplikasi berjalan akan terdapat file temporari (sementara) yang terdapat di sistem komputer. Ketika ruang penyimpanan pada file system telah habis, tentu akan mengganggu kerja dari sistem komputer itu sendiri dan hal ini juga akan berpengaruh terhadap aplikasi komputer yang sedang berjalan.

Klik pada tombol Examine anda akan dipandu oleh sistem untuk memperbaiki kondisi low space atau Klik pada tombol Ignore (abaikan) dan setelah itu anda dapat memperbaikinya dengan cara menghapus file yang tidak terpakai atau menambah kapasitas hardisk pada file system komputer.

[ Baca juga : Cara menambah kapasitas hardisk komputer ]

2. Hapus file .~lock.libreoffice lock for editing

Bila ternyata kapasitas hardisk komputer tidak mengalami Low Space, namun LibreOffice masih dalam kondisi Lock For Editing. Cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menghapus file .~lock.libreoffice lock for editing.

Cara Mengatasi LibreOffice Lock For Editing Dan Error Saving

Bagi pengguna sistem Linux dapat melakukan cara seperti ini :

  • Buka direktori tempat menyimpan file LibreOffice
  • Tekan tombol Ctrl+H untuk melihat file yang tersembunyi
  • Hapus semua file  .~lock.libreoffice lock for editing

File .~lock.libreoffice lock for editing akan muncul ketika kita membuka file dokumen yang dihasilkan LibreOffice. Hal ini bertujuan supaya file yang sedang digunakan oleh user, tidak bisa di edit oleh user lainnya. File .~lock.libreoffice lock for editing  juga bisa muncul ketika terjadi error/crash pada LibreOffice yang disebabkan oleh LibreOffice itu sendiri atau sistem komputer yang kita gunakan dan file .~lock.libreoffice lock for editing yang muncul perlu dihapus sehingga tidak mengganggu kerja dari LibreOffice.

Kejadian ini mungkin akan jarang kita temui, saya sendiri mengalaminya saat partisi hardisk pada file system linux yang saya pakai mengalami Low Space. Setelah saya menambahkan kapasitas hardisk pada partisi “file system” tersebut, saya dapat menggunakan LibreOffice lagi dengan lancar dan normal kembali.

3. Merubah Properties File Dokumen LibreOffice

Cara lain yang bisa kita gunakan yaitu dengan melihat properties dari file dokumen LibreOffice yang terkunci dan tidak dapat di edit. Hal ini berhubungan dengan user (pengguna). Dalam kondisi default, file dokumen yang dihasilkan LibreOffice dapat di edit oleh pemilik file tersebut (owner). Sementara untuk pengguna lainnya hanya memiliki hak akses untuk membaca saja (Read-only), termasuk pengguna dalam satu Group.

Cara Mengatasi LibreOffice Lock For Editing Dan Error Saving

Sebagai pemilik file, kita dapat merubah pengaturan tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Buka direktori tempat menyimpan file
  • Klik kanan pada file pilih Properties
  • Lihat pada tab menu Permissions, dari sini kita dapat merubah pengaturan untuk hak akses file di LibreOffice

LibreOffice merupakan salah satu aplikasi perkantoran berbasis open source yang bisa kita gunakan secara gratis. Meskipun berlabel gratis, LibreOffice memiliki fiture yang cukup lengkap dan dapat menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti MS Office

Kesimpulan

Setiap sistem atau aplikasi komputer yang mengalami error atau crash tentu ada penyebabnya. Sebagai pengguna LibreOffice, tentu akan lebih baik bila kita mengetahui penyebab dan cara mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di LibreOffice dan sistem komputer yang kita pakai. Demikian cara mengatasi LibreOffice Lock For Editing, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon