Friday 14 July 2017

Cara Install NetBeans IDE Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install NetBeans IDE Di Linux Mint, Ubuntu, Debian - Pengembang aplikasi komputer berbasis java tentu sudah mengenal dengan baik apa itu NetBeans IDE (Integrated Development Environment). Sebagian besar dari mereka menggunakan NetBeans untuk menulis atau membuat aplikasi, karena sifatnya yang gratis dan open source. Tidak hanya itu, NetBeans juga memiliki tampilan grafis yang baik sehingga mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Bila anda seorang pengembang perangkat lunak, NetBeans merupakan salah satu aplikasi yang sebaiknya ada di dalam sistem komputer yang anda gunakan.

NetBeans sendiri ditulis dalam bahasa pemrograman java yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi komputer (multiplatform). Sebelum install NetBeans, install terlebih dahulu Oracle Java pada sistem komputer sebagai aplikasi pendukung NetBeans. NetBeans digunakan oleh para programmer untuk Menulis, Meng-compile, Mencari kesalahan dan menyebarkan aplikasi yang mereka buat. Tidak hanya bahasa pemrograman java saja yang didukung NetBeans, bahasa pemrograman lainnya juga bisa digunakan di NetBeans seperti misalnya : PHP, C/C++, Java Script, Groovy, JSP XML dan Javadoc.

Sebagai aplikasi berbasis open source, tentu memiliki komunitas yang luas dan pengguna NetBeans dapat dengan mudah mencari bantuan saat menemui kesulitan dalam menggunakan IDE milik Oracle Corporation ini.

Cara Install NetBeans IDE Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Install NetBeans IDE Di Linux Mint, Ubuntu, Debian


Paket aplikasi NetBeans IDE sudah terdapat di repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita tinggal instal saja NetBeans dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal linux :

sudo apt-get install netbeans

Hanya saja, versi NetBeans yang terdapat di repository sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian, mungkin bukan merupakan versi terbaru dari NetBeans. Sebaiknya, install NetBeans IDE yang kita downlad dari situs resmi NetBeans untuk mendapatkan versi terbaru dari NetBeans. Selain itu, kita juga dapat memilih NetBeans sesuai kebutuhan, di sana kita akan di beri pilihan beberapa kemasan download NetBeans dengan fiture yang minim sampai yang terlengkap (all). Silahkan kunjungi alamat download NetBeans di bawah ini :

https://netbeans.org/downloads/

Pilih saja yang ALL untuk mendapatkan fiture lengkap dari NetBeans IDE, bila anda tidak terlalu yakin kemasan NetBeans mana yang akan anda gunakan. Proses instalasi NetBeans versi terbaru bisa dibilang cukup mudah, baik itu pada sistem operasi komputer Linux, Windows maupun Mac OS X. Kita tinggal jalankan file installer NetBeans hasil download, lalu ikuti saja instruksi dalam jendela proses instalasi NetBeans sampai selesai.

1. Download NetBeans sesuai dengan sistem operasi komputer yang akan kita instal NetBeans. Pertama pilih “language/bahasa” lalu sistem opersi ‘Linux, Windows atau Mac OS atau yang lainnya”. Karena kita akan install NetBeans di Linux, maka Pilih yang untuk Linux lalu download file installer NetBeans sesuai kemasan yang diinginkan beserta tipenya (x86 atau x64).

2. Klik tombol Download pada pilihan kemasan NetBeans. Disana kita juga dapat melihat ukuran file yang harus di download. Setelah proses download file installer NetBeans selesai, selanjutnya kita tinggal jalankan file installer tersebut untuk menginstal NetBeans pada sistem komputer.


Cara Install NetBeans IDE Di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Pada artikel ini saya hanya menguraikan mengenai cara install NetBeans untuk distro Linux saja. Sementara untuk sistem Windows dan Mac OS kurang lebih prosesnya sama hanya pada settinganya saja yang berbeda. Sebelum install NetBeans di sistem Linux, sebaiknya install terlebih dahulu Oracle Java JDK,

Silahkan baca : Cara install Oracle Java JDK di Linux Mint, Ubuntu, Debian

Setelah anda menginstall Oracle Java di sistem Linux (Mint, Ubuntu atau Debian) yang anda gunakan, selanjutnya install NetBeans dengan cara sebagai berikut  :

1. Pastikan file netbeans.sh (hasil download) dapat dieksekusi sebagai program. Lihat pada properties file (Klik kanan file > Properties), klik pada Menu “Permission/Hak Akses” pastikan tombol Execute “Allow executing file as program” dalam kondisi tercentang.

Bisa juga menggunakan cara ini, buka direktori tempat menyimpan file installer netbeans.sh, Klik Kanan lalu Pilih “open in terminal”, setelah itu ketik perintah di bawah ini :

chmod +x nama_file_netbeans.sh

Misalnya :

chmod +x netbeans-8.2.sh

2. Jalankan file installer NetBeans dengan cara klik dua kali lalu pilih “run in terminal” atau ketik saja pada terminal :

./netbeans-8.2.sh

Khusus untuk NetBeans dengan kemasan “all” atau “java EE” , kita dapat memilih paket yang akan kita install dengan klik pada tombol Customize. Centang untuk memilih paket yang akan kita install, seteleh itu klik tombol OK.

3. Selanjutnya kita akan melihat “Welcome To The NeatBeans IDE 8.2 Installer” klik saja tombol “Next”

4. Selanjutnya, kita dapat membaca “Licence Agreement” NetBeans IDE atau abaikan saja anggap kita setuju dengan lisensi NetBeans. Centang tombol “ I accept the term in the licence agreement” dan setelah itu klik tombol “Next”

5. Selanjutnya kita akan diminta untuk menentukan lokasi folder tempat menyimpan instalasi NetBeans IDE. Klik tombol browse untuk memilih folder yang kita inginkan atau dalam kondisi default, instalasi NetBeans akan menempati folder /home/user_name/netbeans.

Khusus untuk kemasan “all” atau “ java EE” , kita akan diminta untuk menyetujui atau memilih JDK sesuai dengan yang terinstall di sistem komputer. Jika tidak ditemukan JDK yang “compatible” dengan NetBeans, kita akan diminta membatalkan proses instalasi dengan memilih tombol “cancel” .

Setelah menginstall JDK dengan versi yang sesuai, kita dapat install NetBeans kembali dari awal. Namun, bila sudah terdapat JDK yang sesuai dengan versi NetBeans, kita dapat melanjutkan proses instalasi NetBeans dengan klik pada tombol “Next”.

6. Selanjutnya, kita akan memilih folder tempat penyimpanan Glassfish Server (bila install Glashfish Server), klik tombol Next (default folder) atau pilih folder sesuai yang anda inginkan baru klik tombol “Next”

7. Jika kita menyertakan Apache Tomcat dalam proses instalasi NetBeans, pilih folder untuk tempat menyimpan file instalasi Apache Tomcat atau biarkan saja pada pengetauran defaultnya.

8. Pada tahap ini kita sudah menyelesaikan proses setting instalasi NetBeans IDE. Selanjutnya kita dapat memulai proses instalasi NetBeans dengan klik pada tombol “Install”. Pada tombol “Check for updates” centang untuk mendapatkan informasi update plugin secara otomatis (disarankan) atau abaikan saja bila kita tidak ingin informasi mengenai update plugin NetBeans

9. Proses instalasi NetBeans IDE berjalan, tunggu saja sampai proses selesai

10. Proses instalasi NetBeans selesai dengan munculnya jendela “Setup Complete” klik tombol “Finish” untuk keluar dari jendela instalasi NetBeans IDE. Pada tombol “ Contribute to the NetBeans project by providing anonymous usage data” centang bila kita ingin ikut berkontibusi dalam perkembangan projek NetBeans dengan cara memberikan informasi “anonymous usage data” NetBeans.

Dengan melihat data statisik penggunaan NetBeans IDE, pengembang dapat lebih memahami apa saja kekurangan perangkat lunak NetBeans IDE. Dengan demikian, pengembang dapat memperbaiki dan memperbarui perangkat lunak yang ia buat dengan lebih baik.

Bila anda tidak ingin melakukan itu, uncentang saja pada tombol tersebut juga tidak masalah. Tidak berpengaruh pada proses instalasi NetBeans. Perbedaanya hanya pada penggunaan fiture-nya saja. Pengguna yang mengirimkan data penggunaan NetBeans akan tetap mendapatkan fiture NetBeans dengan kualitas yang terjaga dengan baik.

11. Setelah proses instalasi NetBeans selesai, kita dapat menjalankan NetBeans melalui tombol “shortcut” pada desktop komputer atau melalui :

Menu > Programming > Netbeans IDE

Tampilan awal NetBeans IDE seperti terlihat pada gambar di atas. Setelah itu NetBeans siap untuk digunakan membuat perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman java atau bahasa pemrograman lainnya yang didukung oleh NetBeans. Bila diperlukan, kita masih dapat menghapus dan menambah plugin melalui Plugin Manager di NetBeans. Demikian cara install NetBeans IDE di Linux Mint, Ubuntu dan Debian menggunakan file installer netbeans.sh yang didownload dari situs web netbeans.org. Baca juga cara install android studio di Linux Mint


EmoticonEmoticon