Thursday 11 October 2018

Cara Menggunakan Kaca Pembesar Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Magnifier )

Tags

Cara Menggunakan Magnifier Di Linux - Kaca Pembesar di dalam desktop komputer, mungkin bukan hal yang asing bagi yang sudah terbiasa menggunakannya. Namun, bagi yang belum pernah menggunaknnya pasti akan tertarik dan ingin mencoba gimana rasanya menggunakan kaca pembesar atau Screen Magnifier di dalam lingkungan desktop komputer.

Linux memiliki beberapa aplikasi Screen Magnifier yang dapat digunakan di berbagai lingkungan deskop komputer, termasuk juga untuk lingkungan desktop Gnome dan Cinnamon pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Pada postingan kali ini, saya akan memperkenalkan kepada anda dua aplikasi Screen Magnifier populer yang dapat bekerja dengan baik pada distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.



Cara Menggunakan Kaca Pembesar Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Magnifier )


Menggunakan Magnifier pada layar komputer mudah saja, semudah anda menggunakan Kaca Pembesar dalam dunia nyata (Real). Asalkan sistem komputer yang anda pakai sudah terinstall aplikasi Screen Magnifier, anda dapat menggunakannya untuk menampilkan area layar komputer dalam tampilan yang lebih besar.

Repository Linux Mint, Ubuntu dan Debian sudah menyediakan aplikasi Magnifier. Anda tinggal install saja melalui terminal atau Software Center.

1. VMG (Virtual Magnifying Glass)


Cara Menggunakan Kaca Pembesar Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Magnifier )

VMG merupakan aplikasi yang tepat untuk anda pilih sebagai Kaca Pembesarnya desktop komputer. Selain mudah digunakan aplikasi ini juga simpel, stabil danmenampilkan hasil yang baik.

Anda dapat menginstall aplikasi ini melalui repository sistem Linux Mint, Ubuntu atau Debian, silahkan buka terminal Linux, masuk sebagai root ‘#’ lalu ketik perintah teks di bawah ini :

apt install vmg

Tanpa masuk sebagai root juga bisa (untuk Ubuntu dan Linux Mint), anda dapat menggunakan perintah “sudo” :

sudo apt install vmg 

VMG dapat digunakan pada sistem Operasi Komputer Windows, Mac OS dan Linux, selengkapnya dapat anda lihat di sini : http://magnifier.sourceforge.net/

Cara menggunakan VMG :
Sebagai aplikasi Kaca Pembesar desktop komputer (Screen Magnifier), vmg cukup mudah digunakan. Seperti layaknya Kaca Pembesar secara Real, anda dapat melihat langsung pada area yang anda inginkan dengan ukuran yang lebih besar.

Klik pada Menu > VMG lalu arahkan pada bagian yang anda inginkan di layar komputer.

2. Kmag (KDE Magnifier)


Cara Menggunakan Kaca Pembesar Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Magnifier )

Aplikasi ini merupakan Screen Magnifier untuk lingkungan desktop KDE namun, anda pengguna lingkungan desktop Gnome dan Cinnamon dapat menggunakannya juga. Paket aplikasi Kmag tersedia di repository Debian 9 dan Ubuntu 18.04, tentu termasuk juga di Linux Mint 19 yang berbasis Ubuntu 18.04 dan LMDE yang berbasis Debian 9.

Cara install Kmag sama seperti menginstall paket aplikasi lainnya melalui repository Linux. Anda dapat menggunakan perintah teks di terminal atau bisa juga menggunakan aplikasi berbasis perintah grafis yaitu Gnome Software (Software).

Misalnya saya akan install Kmag dengan menggunakan terminal, buka terminal Linux, masuk sebagai root ‘#’ lalu ketik perintah teks di bawah ini :

apt install kmag

Tanpa masuk sebagai root juga bisa (untuk Ubuntu dan Linux Mint), anda dapat menggunakan perintah “sudo” :

sudo apt install kmag

Pengguna distro Linux Debian juga dapat menggunakan perintah sudo dengan cara membuat “sudo user” terlebih dahulu, silahkan baca artikel saya mengenai Cara Membuat Sudo User Di Debian.

Cara Menggunakan Kmag :
Mudah saja dalam menggunakan Kmag, sama seperti aplikasi Screen Magnifier VMG. Hanya saja, Kmag memiliki cukup banyak metode dalam menampilkan efek zoom di layar komputer, diantaranya yaitu :

  • Mouse
  • Focus
  • Window
  • Screen

Silahkan pilih salah satu metode atau cara untuk menampilkan gambar di layar komputer dalam ukuran Kaca Pembesar Kmag. Bila anda memiih pada Mouse (klik tombol Mouse), Kaca Pembesar Kmag akan menampilkan gambar sesuai dengan arah Kursor Mouse.

Selain itu, Kmag juga menyediakan beberapa pengaturan lainnya yang bisa anda gunakan sebagai pelengkap Magnifier, diantaranya yaitu :

  • Zoon In dalam berbagai Skala
  • Rotate tampilan
  • Save Snapshot dalam berbagai format
  • dll

Kmag merupakan aplikasi Screen Magnifier yang diperuntukan untuk desktop KDE dan hanya tersedia untuk sistem operasi komputer Linux saja, selengkapnya mengenai Kmag : https://www.kde.org/applications/utilities/kmag/

Masih ada beberapa aplikasi Screen Magnifier yang dapat anda gunakan di sistem Linux. Dua aplikasi di atas yaitu VMG dan Kmag merupakan aplikasi yang cukup populer dan mudah untuk digunakan Sebagai Kaca Pembesarnya Desktop Komputer.

Screen Magnifier memiliki fungsi yang sama dengan Zoom In, perbedaanya adalah Zoom In akan memperbesar seluruh tampilan di layar komputer sedangkan Screen Magnifier hanya pada Area tertentu saja.

Demikian mengenai Cara Menggunakan Kaca Pembesar Di Linux Mint, Ubuntu, Debian (Magnifier), semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon