Wednesday 29 August 2018

27 Fakta Menarik Tentang Linux

27 Fakta Menarik Tentang Linux - Tahukah anda bahwa Linux memiliki 2 tanggal kelahiran? Sebagian fans dari FOSS (Free Open Source Software) menggunakan tanggal rilis publik kernel Linux 05 Oktober 1991, sebagai hari ulang tahun Linux. Sedangkan sebagian lainnya menggunakan tanggal lahirnya projek yaitu 25 Agustus 2018.

Keberadaan Linux selama ini banyak membawa perubahan dalam dunia perangkat lunak berbasis sumber terbuka (open source). Sebagai sistem operasi komputer open source paling populer saat ini, Linux memiliki sejumlah fakta menarik yang kiranya perlu anda ketahui untuk menambah pengetahuan anda. Dalam Rangka memperingati Ulang Tahun Linux yang ke 27, berikut ini uraian singkat mengenai 27 Fakta Menarik Tentang Linux.




27 Fakta Menarik Tentang Linux

27 Fakta Menarik Tentang Linux


1. Ada 20.323.379 baris kode di kernel Linux pada 2018

Linux merupakan projek open source terbesar di dunia sampai saat ini.

2. Linux Hampir Saja Tidak Di Beri Nama Linux

Pada awalnya projek “Hoby” Linus Tovards ini akan di beri nama “FreaX” (Kombinasi dari “Free”, “Freak” dan “Unix”). Untungnya si pemilik server yang menghosting kode awal dari Linux ini membujuk Linus Tovards untuk menggunakan nama Linux (Kombinasi “Linus” dan “Unix”).

3. Linux Tovards hanya menulis 1% Dari Kode Kernel Linux Terbaru Saat ini (2018)

Linus Tovards menulis 100% kode rilis pertama kernel Linux namun, saat ini, ia hanya menulis 1% kode kernel Linux versi terbaru.

Linus Tovards banyak menghabiskan waktunya untuk mengelola dan menggabungkan kode yang ditulis oleh pengembang lain.

4. Linux Digunakan Dalam Mayoritas Program Ruang Angkasa Di Dunia

Sebagai sistem operasi komputer yang handal, Linux menjadi pilihan utama untuk program komputer dalam projek penerbangan luar angkasa di dunia, termasuk NASA dan ESA.
Perusahaan ruang angkasa swasta seperti SpaceX juga memanfaatkannya, yang terakhir, mereka telah berhasil menyelesaikan 65 misi luar angkasa (dan terus bertambah) dengan bantuan sistem Linux yang tahan kesalahan dalam kehandalan roket Falcon 9 yang mereka miliki.

5.  Asteroid Dengan Nama Linux

Berbicara tentang alam semesta yang lebih luas, ada asteroid di ruang angkasa yang dinamai sesuai dengan nama Linux dan Linus Torvalds.

6. TUX, Maskot Linux Adalah Seekor Penguin

Entah karena alasan apa, Linus Tovards menggunakan hewan Penguin sebagai maskot Linux. Ada yang mengatakan pada saat itu, Linux Tovards digigit oleh seekor Penguin lalu ia terinfeksi penyakit “penguinitis”. Yang lain mengatakan bahwa ia memang menyukai hewan Penguin dan memandang bahwa Penguin cocok digunakan sebagai maskot Linux.

7. Linux Mendominasi Super Komputer

Pada 2018, 100% dari 500 superkomputer tercepat di dunia menjalankan Linux. Ini merupakan pencapaian yang Impresif!

8. Komunitas Pengembangan Linux Sangat Aktif

Menurut Orang-Orang yang bekerja di yayasan nirlaba “Linux Foundation” (yang membayar gaji Linus Tovards), rata-rata perubahan pada kernel 7,8 patch per jam selama 15 bulan terakhir.

9. MINIX Merupakan Awal Pengembangan Linux

Linux memang dikembangkan dari sistem operasi MINIX, Linus mengadopsi tata letak sistem file yang mirip dengan Minix untuk proyek barunya. Namun, hal itu tidak bertahan lama karena, kurang efisien. Linus kemudian menggantinya dengan 'Extended file system', lebih dikenal sebagai ext, yang sampai sekarang masih digunakan.

10. Linux 1.0 Rilis Pada Tanggal 14 Maret 1994

Tiga tahun setelah kemunculan Linux, Linus Tovards akhirnya mengumumkan versi 1.0 dari Kernel Linux yang dirilis pada tanggal 14 Maret 1994 dengan menampilkan 176.250 baris kode. Setelah itu rilis versi 2.0 diumumkan pada tahun 1996.

11. Linux Dapat Berjalan Di Perangkat Komputer Apapun

Linux dapat anda temukan pada berbagai perangkat komputer, dari smartphone, server, kapal selam hingga roket luar angkasa. Bisa dikatakan kernel Linux memang serbaguna.

12.  Steve Job Menawari Linus Tovards Pekerjaan

Pada tahun 2000, Steve Job menawari Linus Tovards pekerjaan, dengan syarat, ia harus menghentikan projek Linux, (Untungnya) Linus menolak tawaran tersebut.

13.  Linux Sukses Bersaing Dengan Kompetitornya

Salah satu bukti kesuksesan Linux dalam bersaing dengan kompetitornya adalah ikut berkontribusinya Microsoft ke dalam projek pengembangan Linux. Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, Microsoft merupakan perusahaan yang berusaha untuk “memadamkan” projek pengembangan Linux namun, sekarang mereka memanfaatkan Linux dalam bisnis servernya.

14. Daftar Utama Kontributor Linux

Linux memiliki kontributor yang banyak, beberapa di antaranya adalah perusahaan top dunia, antara lain : Google, Intel, Huawei, Samsung, Red Hat, Canonical and Facebook mereka adalah “top contributor” untuk pengembangan kernel Linux saat ini.

15. Linus Tovards Lahir Di Finlandia

Orang yang pertama kali memperkenalkan Linux lahir di negara Finlandia, ia mengatakan sering tidak nyaman berbicara dalam bahasa Inggris karena perbedaan pengucapan namun, ia lebih senang membaca buku yang berbahasa Inggris.

16. Kode Awal Linux

Linux pada awalnya hanya memiliki jumlah baris kode 10k saja, jumlah yang kecil bila dibandingkan dengan Linux sekarang yang sudah menjelma menjadi sebuah projek open source terbesar di dunia saat ini.

17. Versi Baru Kernel Linux Di Rilis Setiap 66 Hari

Versi baru dari kernel Linux akan dirilis setiap 66 hari atau lebih.

18. Linux Bukan Satu-Satunya Karya Linus Tovards

Karya terkenal lainnya yang dibuat oleh Linus Tovards yaitu Git dan Aplikasi Scuba Diving “Subsurvace”.

19.  Sebagian Besar Efek Visual Dari Filem Hollywood (90%) Dibuat Menggunakan Linux

Kita kerap kali dibuat terkesan dengan efek visual yang terdapat pada sejumlah filem Hollywood. Sebagian besar efek tersebut dibuat menggunakan alat dengan Linux di dalamnya.

20. Sebagian Besar Kode Linux (95 %) Ditulis Menggunakan Bahasa C

Menurut situs web openhub.net, sebagian besar kode Linux ditulis menggunakan bahasa pemrograman C.

21. Baris Kosong Di Kode Linux

Terdapat sekitar 13.3% baris kosong di kernel Linux. Hal ini terdengar aneh karena, baris kosong tersebut seperti sesuatu yang tidak berarti namun ternyata, baris kosong yang terdapat di Linux merupakan gaya pengkodean yang ketat yang membuat kernel tetap rapi, efisien dan teratur.

22. Android Menggunakan Kernel Linux

Android merupakan sistem operasi paling sukses saat ini dengan lebih dari 2 milyar pengguna aktif setiap bulannya. Android dikembangkan oleh Google dan memilih kernel Linux sebagai inti dari sistem operasinya.

23. Setiap Rilis Kernel Linux Akan Di Beri Kode Nama

Setiap kali kernel Linux mengeluarkan rilis terbarunya akan diberi kode nama, misalnya :  "Fearless Coyote" (v4.13) dan "Merciless Moray" (v4.18).

24. Sebagian Besar Layanan Cloud Public Menggunakan Linux

Menurut Red Hat (Perusahaan Linux Paling Sukses Saat Ini), 9 dari 10 layanan Cloud Public dijalankan oleh Linux.

25. Ubuntu Merupakan Linux Paling Populer Untuk Desktop Komputer

Pengguna laptop atau komputer desktop dapat menjalankan Linux dengan baik. Ubuntu menjadi salah satu distro Linux yang memimpin penggunaan Linux untuk komputer desktop. Setidaknya lebih dari 20 juta pengguna Ubuntu di seluruh dunia.

26. Buku Linux Pertama Yang Diterbitkan

Matt Welsh pada tahun 1993 menerbitkan Buku Pertama Yang Membahas Tentang Linux yaitu :  “Linux Installation and Getting Started”. Setahun kemudian pada tahun 1994, diterbitkan Linux Journal pada sebuah majalah khusus dan edisi pertama memuat wawancara dengan Linus Tovardss.

27. Linux Pada Awalnya Melarang Penggunaan Untuk Komersil Atau Redistribusi

Kita mengenal Linux sebagai sistem operasi komputer berbasis sumber terbuka dan gratis. Namun, apakah kita tahu bahwa ternyata tidak selamanya seperti itu?

Versi awal dari Linux didistribusikan dengan melarang untuk penggunaan komersil atau redistribusi. Kemudian pada versi 0.12 pada tahun 1992, Linus mengadopsi GPL yang membuat kode sumber Linux tersedia gratis untuk semuanya.

Linux memiliki dua ulang tahun yaitu pada tanggal 25 Agustus dan 05 Oktober, Selamat Ulang Tahun Linux Yang Ke-27 Semoga Projek Linux selalu lancar dan terus menghadirkan inovasi terbaru dalam menghasilkan Kernel Linux yang handal dan powerfull.

Demikian mengenai 27 Fakta Menarik Tentang Linux, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

Referensi:


EmoticonEmoticon