Tuesday 31 July 2018

10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Tags

10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui - Rencana perubahan tampilan Google Mail (Gmail) memang sudah cukup lama di perbincangkan. Google secara resmi mengumumkan perubahan tampilan dan fitur baru Gmail tersebut pada akhir April yang lalu, tepatnya tanggal 25 April 2018. Pengguna surat elektronik paling populer ini dapat menggunakan desain baru dari Gmail dengan melakukan Klik pada Menu Setelan > Try The New Gmail.

Google memang belum menjadikannya sebagai tampilan default, pengguna Gmail masih menggunakan desain lawas yang berupa tampilan menu klasik. Anda patutu mencoba tampilan dan fitur baru dari Gmail ini, selain terlihat lebih modern, beberapa fitur baru juga disematkan untuk memudahkan anda dalam mengelola dan menulis email.



10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui


Setelah anda klik pada Menu Setelan > Try The New Gmail, anda akan disuguhi desain dan fitur baru dari Gmail. Apa saja fitur baru dari Gmail ini, mari kita lihat bersama-sama :

1. Menyesuaikan Tampilan Kotak Masuk (Display Density)

Tampilan dari Gmail dirombak sedemikian rupa sehingga terlihat lebih modern dan lebih nyaman digunakan. Google menyematkan tiga Display Density pada tampilan baru Inbox Gmail yaitu Default, Comfortable dan Compact. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera anda masing-masing.

Ketika anda pertama kali menjalankan New Gmail, anda akan diberi pilihan untuk menyesuaikan tampilan inbox Gmail. Saat berada pada tampilan New Gmail, anda dapat berganti Layout melalui Menu Setelan >  Display Density.


10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

  • Default :  Terlihat nyaman dan anda dapat melihat serta mengakses lampiran dari kotak masuk.
  • Comfortable : Terlihat nyaman dengan kerapatan antar baris yang cukup longgar.
  • Compact : Nilai kerapatan rendah, tidak cukup nyaman namun, menampilkan ruang inbox yang lebih sempit.

2. Panel Samping (Sidebar)

Anda akan menjumpai Panel Samping yang bisa ditempatkan sejumlah Add-ons, secara default disematkan tiga Add Ons yaitu Google Calendar, Keeps dan Task.  Anda juga dapat menambahkan add-ons Google lainnya melalui tombol Get Add-ons


10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Anda dapat dengan mudah mengakses produk Google lainnya melalui Panel Samping Gmail. Tentu hal ini akan memudahkan anda dalam menggunakan produk Google untuk berbagai aktivitas.

3.  Menulis Pintar (Smart Compose)

Salah satu fitur baru Gmail yang cukup menarik yaitu Menulis Pintar. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengaktifkan pengaturan pada Experimental Acces.

Ketika anda masuk ke tampilan baru Gmail, anda akan melihat pesan pop up pada bagian kanan bawah Gmail  “Try Smart Compose With Gmail Experimental Acces”. Silahkan klik pada tombol Try Now untuk mencobanya atau No Thanks untuk mengabaikannya.


10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Experimental Acces ini dapat anda aktifkan dan nonaktifkan melalui Menu Setting New Gmail, lihat pada Pengaturan General, scroll ke bawah sampai pada Experimental Access, silahkan centang/uncentang untuk mengaktifkan/nonaktifkan fitur ini, setelah itu klik pada tombol Save Changes

Sampai tulisan ini dibuat, Experimental Acces hanya terdapat pada Smart Compose

Pada Smart Compose anda dapat mengaktifkan “Writing Suggestion On”, anda akan melihat kata yang disarankan yang dapat membantu anda saat menulis email. Namun, fitur ini masih tersedia hanya dalam bahasa Inggris.

4. Mengambil Tindakan Pada Email Secara Lebih Cepat

Fitur anyar lainnya yang dimiliki oleh Gmail yaitu Mengambil Tindakan Pada Email Secara Lebih Cepat. Anda dapat Menambahkan alamat pengirim email ke dalam Kontak, Membalas Email, Menjadwalkan Event, Mengirim Pesan dan Menggunakan Video Call. Cukup dengan melayangkan kursor mouser pada email masuk (inbox) pada pengirim email (sebelah kiri), akan terlihat pop up menu yang bisa anda pilih.


10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu anda juga dapat mengelola email secara lebih cepat, anda dapat mengarsipkan email, menghapus, tandai sebagai email yang sudah dibaca/belum di baca dan menunda email. Anda akan menemukan menu ini pada sebelah kanan email masuk dengan melayangkan kursor mouse di atas email masuk.

5. Menyesuaikan Tampilan Menu

Bila anda ingin menampilkan kotak masuk secara lebih luas, anda dapat menyembunyikan atau menyesuaikan tampilan Menu Sidebar dengan cara Klik pada tombol Menu (sebelah kiri atas). Tampilan Sidebar Gmail akan mengecil dan hal ini memberi ruang pada tampilan Inbox.

6.  Mode Keamanan Dan Rahasia (Confidental Mode)

Saat menulis email anda dapat mengaktifkan Confidental Mode untuk keamanan surat elektronik yang anda kirimkan. Penerima email tidak dapat melakukan Foward, Copy/Paste, Download dan Print email.
Selain itu, anda juga dapat menentukan batas waktu kadaluwarsa email yang tersedia dalam pilihan 1 hari sampai 5 tahun. Bila email telah mencapai waktu “expired” maka, isi email akan hilang namun, email masih tetap ada.


10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui

Pengaturan lain untuk keamanan email yaitu adanya SMS Passcode, anda dapat menggunakan passcode (kata kunci) untuk keamanan email. Penerima email hanya dapat membuka email dengan menggunakan passcode yang sudah anda buat.

7. Pengingat Untuk Membalas Pesan

Mungkin anda terlalu sibuk untuk dapat membuka email setiap harinya, anda dapat memanfaatkan fasilitas Pengingat Untuk Membalas Pesan pada Gmail. Dengan demikian anda akan melihat pesan untuk membalas email pada email yang sudah diterima beberapa hari sebelumnya.

8. Gmail Offline

Anda yang jarang menggunakan internet juga tetap bisa menulis dan mengirim email dengan catatan harus mengaktifkan fitur Gmail Offline terlebih dahulu melalui Setelan Gmail. Anda dapat mengakses inbox dan draft tanpa perlu koneksi internet. Bila anda menulis dan mengirim email maka, email akan terkirim setelah anda terhubung dengan internet.

Untuk mengaktifkan Gmail Offline, silahkan klik pada Menu Setelan > Offline lalu centang pada tombol “enable offline mail”.

Bila anda tidak lagi menggunakan Gmail Offline, anda dapat melakukannya dengan menghapus Cookie melalui Browser Chrome dan setelah itu anda nonaktifkan pengaturan Gmail Offline.

9. Dapat Membuka Lampiran Langsung Dari Beranda Inbox

Email yang anda terima terkadang berisi lampiran file berbagai tipe format. Anda dapat membuka lampiran tersebut langsung dari beranda inbox tanpa perlu membuka email. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat menggunakan Display Density dalam mode Default.

10. Peringatan Spam Yang Lebih Baik

Google juga merombak fitur peringatan spam email, yaitu dengan merubah tampilan pesan. Sebelumnya tampilan spam email terlihat minim informasi, sekarang anda akan melihat tampilan peringatan spam terlihat lebih besar dan menampilkan informasi yang lebih banyak.

Itulah beberapa fitur baru dari Gmail yang mungkin anda perlukan. Masih ada beberapa fitur lainnya yang tidak ditulis di sini, silahkan anda eksplore sendiri. Mungkin tidak semua fitur baru yang ada pada Gmail dapat digunakan secara maksimal, biasanya terkendala faktor lokasi.

Demikian mengenai 10 Fitur Baru Gmail Yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon