Thursday 28 December 2017

Cara Install Google Chrome Di Ubuntu, Debian, Mint

Cara Install Google Chrome Di Ubuntu, Debian, Mint – Pengguna Distro Linux Ubuntu, Debian, Mint atau distibusi Linux lain yang menggunakan sistem dasar Debian dan Ubuntu, dapat install Google Chrome pada masing-masing distro Linux menggunakan file installer Deb atau menambahkan sumber perangkat lunak Chrome ke dalam sistem Linux. Meskipun Ubuntu, Debian dan Mint sudah memiliki peramban situs web default sistem yaitu Mozilla Firefox, kita dapat menambahkan Chrome untuk memperbanyak varian web browser pada sistem komputer yang kita pakai – sobmint.blogpsot.co.id

Menginstall lebih dari satu web browser tentu akan membuat kita memiliki lebih banyak pilihan dalam menggunakan aplikasi untuk menjelajah internet. Dengan demikian kita dapat mengetahui masing-masing kekurangan dan kelebihan web browser. Kali ini saya akan berbagi mengenai cara install Google Chrome di Ubuntu, Debian  dan Linux Mint. Cara ini juga dapat dipakai pada distribusi Linux turunan Ubuntu dan Debian.

Linux Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux populer dengan pengguna yang cukup banyak. Varian yang dimilik Ubuntu juga cukup beragam, kita dapat menggunakannya sebagai sistem operasi komputer pada perangkat laptop dan komputer desktop yang kita miliki. Lingkungan Desktop yang dibawa oleh Ubuntu diantaranya yaitu: Unity, Gnome, Kde, Mate, Budgie, Xfce dan Lxde. Silahkan anda pilih salah satu atau beberapa lingkungan desktop tersebut sesuai dengan yang anda inginkan atau sesuaikan dengan spesifikasi hardware komputer yang anda miliki.



Linux Ubuntu tidak menyertakan Google Chrome sebagai aplikasi default sistem dan Chrome juga tidak ada di repository Ubuntu, begitu juga pada Debian dan Mint. Google Chrome merupakan aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan Google Inc. dan tidak berbasis open source. Chrome menjadi salah satu web browser laris manis saat ini karena ringan berjalan di sistem komputer. Selain itu Chrome juga kaya akan tema, app dan ekstensi yang menarik. Bila anda belum pernah menggunakan Google Chrome sebelumnya, anda akan mendapat pengalaman baru yang menarik dengan menikmati setiap fitur yang ditawarkan oleh Chrome.

Perlu kita ketahui bahwa Google Chrome menggunakan sistem dasar yang sama dengan Chromium browser. Bisa dikatakan bahwa Chromium browser merupakan versi open source-nya Google Chrome.
Cara Install Google Chrome Di Ubuntu, Debian, Mint

Cara Install Google Chrome di Ubuntu, Debian dan Mint


Proses install Google Chrome di sistem Linux relatif mudah, baik itu dilakukan oleh pengguna baru sistem Linux atau yang sudah berpengalaman.  Ada dua cara untuk install Google Chrome di Ubuntu, Debian dan Mint yaitu secara Offline dan Online.

1.  Install Google Chrome Di Linux Ubuntu, Debian, Mint Secara Offline


Cara Install Google Chrome Di Ubuntu, Debian, Mint

Bila kita menyebut kata Offline maka proses ini tidak melibatkan koneksi internet. Proses install Google Chrome secara Offline menggunakan File Deb (Debian Package) yang merupakan tipe file untuk distribusi Linux Debian. Kita dapat menggunakannya pada distribusi Linux turunan Debian termasuk Ubuntu dan Linux Mint. Untuk memperoleh paket file Deb Google Chrome, silahkan kunjungi pada situs :

web https://www.google.com/chrome/browser/desktop/index.html

atau
https://www.google.com/intl/id/chrome/browser/desktop/index.html

  1. Download paket Deb Google Chrome untuk Linux pada alamat situs web tersebut (pilih yang untuk Debian/Ubuntu) : Klik tombol Download ➜  pilih 64 bit .deb (Untuk Debian/Ubuntu) ➜ Persyaratan layanan Google (klik tombol Setuju dan Pasang) ➜ Simpan file hasil download pada hardisk komputer atau bisa juga langsung di install menggunakan GDebi package installer (default)

Cara Install Google Chrome Di Ubuntu, Debian, Mint

  1. Bila anda memilih langsung install menggunakan GDebi package installer (default), lewati bagian ini namun, bila anda menyimpan file hasil download pada hardisk komputer, selanjutnya kita dapat install Google Chrome di Ubuntu, Debian atau Mint dengan cara sebagai berikut :
  • Cara pertama : Klik dua kali pada file Deb Google Chrome maka, secara otomatis Gdebi package installer akan menjalankan file tersebut dan proses install Google Chrome di Ubuntu, Debian atau Mint menggunakan cara ini relatif lebih mudah karena menggunakan perintah berbasis grafis. Klik pada tombol Install dan setelah itu, ikuti saja setiap instruksi yang ditampilkan sampai proses install Google Chrome selesai.
  • Cara kedua : Selain menggunakan cara seperti di atas, kita juga dapat menggunakan perintah teks di terminal Linux untuk install Google Chrome di Ubuntu, Debian atau Mint menggunakan file Deb. Silahkan buka terminal Linux lalu masuk ke direktori (lokasi) tempat menyimpan file Deb Google Chrome misalnya, kita menyimpan file Deb Google Chrome pada direktori Downloads, ketik perintah teks :

    cd ./Downloads

    Setelah itu ketik juga:
    ls

    Untuk melihat isi file pada direktori Downloads (memastikan file Deb Chrome ada di direktori tersebut).
    Bila anda lebih suka menggunakan perintah berbasis grafis, silahkan jalankan file manager default sistem (Misalnya : Nautilus) buka lokasi tempat menyimpan file Deb, klik kanan pada area kosong lalu pilih buka di terminal (open in terminal). Setelah itu install Google Chrome dengan mengetikan perintah teks berikut ini :

    sudo dpkg -i nama_file.deb

    Misalnya :
    sudo dpkg -i google-chrome-stable.deb


B. Cara Install Google Chrome di Ubuntu, Debian, Mint Secara Online

Cara lain untuk install Google Chrome di Ubuntu, Debian dan Mint yaitu dengan menambahkan sumber repository Google Chrome ke dalam sistem komputer. Cara install Google Chrome seperti ini biasa disebut dengan cara install aplikasi secara online dan untuk proses instalasi Chrome,  komputer harus terhubung dengan internet.

  1. Pertama tambahkan sumber perangkat lunak Google Chrome ke dalam sistem komputer. Silahkan buka file sources.list (masuk sebagai root) distro Linux yang anda pakai dengan cara sebagai berikut :

    Jalankan terminal (Ctrl+Alt+t) lalu ketik perintah teks berikut ini :

    sudo gedit /etc/apt/sources.list

    Setelah itu tambahkan baris perintah berikut ini : deb [arch=amd64] http://dl.google.com/linux/chrome/deb/ stable main . Simpan dan keluar dari jendela penyunting teks gedit. Selain menggunakan gedit, kita juga dapat memakai aplikasi penyunting teks lainnya, seperti misalnya pluma, xed, geany, leafpad dll.

    Bagi pengguna Linux Mint, letak file sumber perangkat lunak sistem komputer berada pada lokasi /etc/apt/sources.list.d/ dengan nama official.package.repositories.list

    Cara lain untuk melakukan hal di atas adalah menggunakan file manager default sistem dengan perintah berbasis grafis. Silahkan jalankan nautilus, caja, thunar atau file manager lainnya sesuai dengan lingkungan desktop yang anda pakai. Setelah itu klik kanan pada area kosong atau folder /etc/apt/  lalu pilih buka sebagai admin (open as administrator). Selanjutnya buka file sources.list menggunakan aplikasi penyuning teks dan tambahkan sumber perangkat lunak chrome seperti di atas.

    Selain menambahkan sumber perangkat lunak Google Chrome pada file sources.list, kita juga dapat membuat file sumber perangkat lunak Chrome secara terpisah. Buatlah file baru menggunakan aplikasi penyunting teks (sebagai root) lalu isi dengan sumber perangkat lunak chrome deb [arch=amd64]  http://dl.google.com/linux/chrome/deb/ stable main dan simpan pada folder apt.sources.list.d dengan nama google-chrome.list
  2. Setelah itu update repository sistem komputer dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux :

    sudo apt update

  3. Lalu install Google Chrome dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

    sudo apt install google-chome-stable

    Selain stable version, terdapat juga versi beta dan unstable Chrome. Bila anda ingin menginstall Google Chrome versi beta atau unstable, ganti kata stable (google-chrome-stable) dengan beta atau unstable sehingga menjadi:

    sudo apt install google-chrome-beta

    atau
    sudo apt install google-chrome-unstable

Bila saat update sistem setelah menambahkan source Google Chrome anda mendapati error GPG, perbaiki dengan cara seperti di bawah ini :

Pesan Error :
W: GPG error: http://dl.google.com/linux/chrome/deb stable Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 1397BC53640DB551
E: The repository 'http://dl.google.com/linux/chrome/deb stable Release' is not signed.
N: Updating from such a repository can't be done securely, and is therefore disabled by default.
N: See apt-secure(8) manpage for repository creation and user configuration details.

Perbaikan:
Ketik pada terminal Linux perintah teks di bawah ini :
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys <no_pubkey>

Pada kasus seperti diatas, bentuk perintahnya adalah sebagai berikut :
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 1397BC53640DB551

Setelah berhasil menginstall Google Chrome di Linux Ubuntu, Debian atau Mint, kita dapat melihat ikon Chrome pada Menu ➜ Internet ➜ Chrome , silahkan gunakan tombol tersebut untuk menjalankan Google Chrome.

Google Chrome pertama kali rilis pada tanggal 02 September 2008 dalam versi beta yang hanya diperuntukan untuk sistem operasi Windows (versi XP dan terbaru) dan pada tanggal 11 Desember di tahun yang sama, Chrome telah mencapai versi stabil. Google Chrome meluncurkan versi beta pada bulan Desember 2009 untuk OS X dan Linux dan pada tanggal 25 Mei 2010, Chrome meluncurkan versi stabil untuk tiga platform sistem operasi komputer yaitu Windows, OS X dan Linux. (https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Chrome)

Kesimpulan


Dengan menginstall Google Chrome di sistem komputer yang kita pakai, tentu akan menambah pilihan kita saat menggunakan aplikasi peramban internet. Bila kita lebih suka menggunakan Chrome dibanding browser lainnya, kita dapat mejadikan Google Chrome sebagai peramban internet default sistem. Demikian cara install Google Chrome di Ubuntu, Debian dan Mint. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon