Monday 23 July 2018

Fitur Baru Linux Mint 19 Tara Cinnamon, Mate, Xfce

Fitur Baru Linux Mint 19 Tara - Linux Mint 19 Tara merupakan rilis terbaru dari distro Linux Mint saat ini (2018) dengan membawa sejumlah fitur baru yang tidak anda temui pada versi sebelumnya. Salah satu perubahan yang ada pada Linux Mint 19 Tara yaitu base system yang sebelumnya menggunakan Ubuntu 16.04 LTS sekarang menggunakan Ubuntu 18.04 LTS.

Bagi anda yang masih menggunakan Linux Mint 18 dan ingin menggunakan fitur baru yang ada di Linux Mint 19, tentu anda harus memperbarui ke versi 19. Anda dapat melakukan Upgrade Linux Mint 19 Tara atau anda juga dapat menggunakan file ISO Image untuk install Linux Mint 19 Tara, tanpa perlu upgrade.



Fitur Baru Linux Mint 19 Tara

Fitur Baru Linux Mint 19 Tara Cinnamon, Mate, Xfce


Cukup banyak fitur baru yang dibawa oleh Linux Mint 19 Tara. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Base System Ubuntu 18.04 LTS

Pada versi sebelumnya yaitu Linux Mint 18 (.1, .2, .3) menggunakan base system Ubuntu 16.04 LTS. Linux Mint 19 Tara menggunakan base system Ubuntu 18.04 LTS yang membawa sejumlah paket aplikasi dengan versi yang lebih baru juga.

2. Welcome Screen

Layar Selamat Datang atau Welcome Screen Linux Mint 19 memiliki tampilan yang baru, berbeda dengan Welcome Screen Linux Mint 18. Pengembang Linux Mint menyebut hal ini di lakukan untuk memudahkan pengguna baru Linux Mint dalam menjalankan sistem operasi komputer Linux yang berbasis Ubuntu ini.


Fitur Baru Linux Mint 19 Tara

Pada tampilan Layar Selamat Datang yang baru ini, kita akan menjumpai menu-menu yang berisi panduan dan informasi tentang Linux Mint, sangat berguna bagi pengguna baru Linux Mint.

3.  Update Manager

Linux Mint 19 juga merombak sejumlah elemen yang terdapat di Update Manager. Salah satunya yaitu menambahkan timeshift sebagai tools untuk membuat snapshots (backup sistem komputer). Bila tidak terdapat konfigurasi timeshift, Update Manager akan menampilkan peringatan. Berkat adanya timeshift ini, pembaruan otomatis (auto upgrade) juga dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu, Update Manager juga menampilkan daftar aplikasi update dengan security dan kernel update berada pada urutan paling atas. Update Manager juga mendukung pembaruan aplikasi dari repository pihak ke-3 atau PPAs.

Hal baru lainnya yang dapat kita temukan di Update Manager yaitu perubahan mintupdate-tool menjadi mintupdate-cli. Pembaruan kernel yang bergantung pada meta-package, akan memudahkan kita dalam memperbarui kernel dan menghapus kernel versi lawas yaitu hanya dengan menggunakan perintah apt autoremove.

4. Software Manager

Software Manager Linux Mint 19 membawa sejumlah perubahan. Sebelumnya, pada versi 18.3, Software Manager Linux Mint sudah mendukung flatpak, sekarang dikembangkan dengan lebih baik. Sejumlah pembaruan pada komponen flatpak membuat anda lebih mudah dalam menginstall dan mengelola aplikasi flatpak.

Sejumlah perbaikan pada interface (antarmuka) serta penambahan animasi membuat Software Manager Linux Mint 19 menjadi semakin menarik. Pencarian aplikasi sekarang juga lebih cepat melalui tombol pencarian.

5. Cinnamon 3.8

Linux Mint 19 membawa Cinnamon versi terbaru saat ini yaitu 3.8.7, anda akan mendapatkan peforma yang lebih baik daripada Cinnamon versi sebelumnya. Dari linuxmint.com, mereka mengklaim bahwa Cinnamon 3.8 jauh lebih cepat dari metacity saat menjalankan jendela baru sebuah aplikasi.

Symbolic icons membuat Cinnamon terlihat lebih modern dan mendukung tema gelap secara lebih baik.

Pengaturan koordinat dan ukuran pada beberapa widget dan komponen telah di sesuaikan untuk jatuh pada pixel yang tepat sehingga terlihat lebih baik.

6. Mate 1.20

Mate versi 1.20 mendukung tampilan HiDPI dan dapat mendeteksi penskalaan secara dinamis. Toggling HiDPI memicu perubahan ukuran dan skala dinamis tanpa perlu melakukan log out.

Dukungan untuk DRI3 dan XPresent ditambahkan pada Marco. Hal ini akan menghasilkan frekuensi gambar yang lebih baik, terutama saat bermain game.

Marco sekarang mendukung pengaturan kuadran pada pengaturan tiling window. Tombol kursor sekarang juga dapat digunakan untuk navigasi Alt-tab dan pintasan keyboard.

Terminal Mate yang baru mendukung penggunaan gambar latar belakang, ditambahkan juga tema baru Solarized dan keybinding untuk beralih menu tab.

Applet yang terdapat di panel mate sekarang lebih rapi dengan ukuran yang sesuai dan skala yang dinamis.

Ditambahkan 7z terenkripsi pada Archive Manager Engrampa.

7. Nemo

Peramban file Nemo juga ikut di improvisasi, yaitu pada libnemo-extension.  Sekarang, Nemo lebih cepat dalam membuka konten direktori. Fungsi pencarian file melalui Nemo juga diperbarui, sekarang kita dapat mencari file dengan lebih mudah dan cepat dari versi sebelumnya.

Dengan klik pada tombil “bintang”, apa yang kita cari dapat disimpan dan akan memudahkan kita saat mencari file yang sama di lain waktu. Selain itu, terdapat juga beberapa improvement lainnya.

8. Suara

Sound pada Linux Mint 19 dapat kita sesuaikan sampai tingkat maksimal (150%). Bila anda menggunakan laptop dengan speaker yang kecil, anda dapat menggunakan fitur ini untuk dapat memutar musik (suara) dengan lebih keras dalam lingkungan yang bising atau di bawah 100% di dalam lingkungan yang tenang.


Fitur Baru Linux Mint 19 Tara

Pada applet Sound, ditambahkan fitur anyar yaitu, antara microphone dan speaker dapat di atur ke mode “mute” secara terpisah. Anda dapat melihatnya dengan klik kanan pada Applet Sound di Panel Komputer.

9. Notifikasi

Notifikasi pada Linux Mint 19 lebih variatif, dengan ditambahkannya tombol “Close”, kita dapat menutup notifikasi secara lebih cepat bila tidak meginginkannya. Selain itu, notifikasi juga tidak akan memudar ketika kita melayangkan tombol mouse di atasnya.

Beberapa improvisasi ditambahkan pada notifikasi, termasuk fitur untuk menghindari spam notifikasi. Pada Linux Mint versi terbaru ini, notifikasi juga dapat ditampilkan di bawah layar komputer, kita tinggal mengaturnya melalui pengaturan Notifikasi.

10. HiDPI

Beberapa perubahan di lakukan pada HiDPI. Semua alat pada Linux Mint menggunakan GTK3 dan mendukung HiDPI. Ikon Mint-Y juga terlihat lebih tajam di HiDPI dengan adanya “@2x”.  Gksu, yang menggunakan GTK +, dihapus dan semua alat yang menggunakannya dipindahkan ke pkexec. Namun, beberapa aplikasi masih kurang mendukung, diantaranya yaitu : Hexchat, Gimp dan Tomboy Notes.

11. XApps

Aplikai penyunting teks Xed sekarang menggunakan jendela preferensi baru, dimana Preference Window ini disediakan oleh LibXapp yang nantinya juga dapat digunakan pada aplikasi lainnya.

Tampilan aplikasi disesuaikan dengan GTK 3.22. Jendela pintasan keyboard juga ditambahkan di menu Help. Plugin baru ditambahkan untuk pelengkap kata secara otomatis, meskipun tidak menggunakan kamus, plugin ini mampu menyelesaikan kata-kata yang sudah ada di dalam dokumen secara otomatis.

Pembaca file PDF, Xreader, juga menggunakan jendela preferensi libXapp dan dukungan untuk tombol toolbar sebagai salah satu pilihan. Xreader dapat menampilkan dan menyediakan akses cepat ke dokumen PDF dan ePub yang baru dibuka, itu jika anda mengaktifkan opsi pengaturan pada Remember recently accessed files" in your "Privacy".

Ukuran thumbnail pada Xreader juga dapat diubah sesuai keinginan. Selain itu, anda juga dapat menyimpan file dalam format ePUb, menghapus anotasi dan tombol scrolling terlihat lebih smooth.

12. Artwork

Seperti biasanya pada sertiap rilis terbaru Linux Mint akan membawa sejumlah artwork baru, diantaranya yaitu Backgrounds (Wallpaper) dan Ikon. Sejumlah background menarik dapat anda nikmati pada Linux Mint 19, ikon Mint-Y juga diperbarui, sekarang terlihat lebih menarik dan memiliki beberapa varian warna.

13. Komponen Utama

Linux Mint 19 Tara menggunakan sistem dasar Ubuntu 18.04 LTS dengan kernel versi 4.15, Cinnamon 3.8, Mate 1.20 dan Xcfe 4.12.

14. LTS

Linux Mint 19 merupakan versi LTS yang mendapatkan dukungan jangka panjang hingga 5 tahun ke depan. Anda akan mendapatkan dukungan keamanan hingga 2023. Rencananya hingga tahun 2020, Linux Mint akan menggunakan base system yang sama dengan Linux Mint 19 dan pengembang akan fokus pada pekerjaan lainnya.

15. Lainnya


Beberapa improvement lain yang ada di Linux Mint 19, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • CJS, yang merupakan interpreter dari JavaScript sekarang menggunakan base (dasar) dari GJS 1.50.2 dengan dependency pada mozjs52.
  • Dukungan ditambahkan untuk elogind, systemd-timedated1 (menggantikan ntp dan ntpdate pada Linux Mint 19 Cinnamon) dan admin: // protocol.
  • Sudah mendukung GTK 3.22 dan Jendela CSD (Khususnya untuk tata letak tombol dan aksi pada bilah judul), begitu juga pada LibreOffice.
  • Semua komponen Python di porting ke Python3 kecuali pada ekstensi nemo.
  • Pengaturan jaringan di backport dari GNOME 3.24, termasuk di sini perbaikan pada GNOME 3.26.
  • Tampilan keyboard pada Setting Region terlihat lebih menarik, tidak seperti biasanya.
  • Pada pilihan Shutdown, kita dapat melakukan Shutdown immediately (segera) terutama pada saat baterai laptop dalam kondisi akan segera habis (kritis).
  • Touchpad secara otomatis aktif bila tidak ada pointing device lainnya yang tersedia.
  • Layar komputer akan terkunci secara tersinkronasi sebelum dilakukan suspend.
  • Suspend, Hibernate dan Screen Rotation sekarang dapat dilakukan pada saat layar komputer terkunci.
  • Thumbnail dapat ditampilkan untuk file sampai sebesar 32 GB.
  • Scale/Overview dapat diaktifkan via dbus.
  • Pemformat USB sekarang sudah mendukung format exFAT.
  • Software Source dapat menampilkan paket aplikasi yang di install dari PPA.
  • Opsi baru ditambahkan pada login screen untuk dukungan pada penggunaan multi monitor. Kita dapat memilih monitor untuk login sesuai keinginan.
  • Kalender Gnome sekarang di install secara default, kita dapat menggunakannya secara OFFLine atau menghubungkannya ke akun Google yang kita miliki. Sebagai tambahan, kalender Gnome juga dapat menampilkan Cuaca.
  • Gnome-system-logs digantikan oleh gnome-logs.
  • Font microsoft sekarang di masukan ke dalam Codec multimedia.
  • Semua tools pda  Linux Mint mendukung HiDPI, GTK3, dan Python3. Selain itu, banyak juga yang beralih ke AptDaemon dan pkexec.
  • Pidgin sudah tidak di install sebagai aplikasi default system namun, masih tersedia di repository sistem dan kita dapat menginstallnya bila menginginkan.
  • Ntp dan ntpdate telah dihapus. Cinnamon menggunakan systemd untuk menyesuaikan waktu.
  • PIA Manager yang merupakan alat untuk mengatura PIA VPN, sekaran dapat mengingat username, passeword dan gateaway.
  • Versi terbaru Linux Mint ini menggunakan linux-firmware 1.173 dan kernel Linux 4.15.0-20.

Demikian mengenai Fitur Baru Linux Mint 19 Tara, selengkapnya dapat anda lihat pada blog.linuxmint, What new on Linux Mint 19. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.

Ref:
  • https://www.linuxmint.com/rel_tara_cinnamon_whatsnew.php
  • https://www.linuxmint.com/rel_tara_mate_whatsnew.php
  • https://www.linuxmint.com/rel_tara_xfce_whatsnew.php


EmoticonEmoticon