Monday 23 April 2018

Flathub Flatpak Repository, Kini Hadir Dengan Tampilan Baru

Flathub Flatpak Repository, Kini Hadir Dengan Tampilan Baru – Bagi anda yang suka menggunakan aplikasi flatpak, anda dapat mencari berbagai aplikasi berbasis flatpak yang terdapat di flathub. Seperti yang kita ketahui, flatpak merupakan model aplikasi universal yang dapat berjalan pada semua distribusi Linux, termasuk pada distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

Flathub merupakan repository flatpak yang menyediakan aplikasi flatpak untuk distribusi Linux. Anda dapat menemukan aplikasi-aplikasi menarik di flathub yang mungkin tidak anda temukan pada repository resmi distro Linux yang anda pakai. Bagi pengguna distro Linux Mint, install aplikasi flatpak semakin mudah karena pengembang Linux Mint menambahkan flatpak ke dalam software manager default system Linux Mint.


Bila anda mengunjungi website flathub, anda akan melihat tampilan baru website flathub. Dengan beberapa perubahan pada website flathub, anda dapat dengan lebih mudah dalam mencari dan menginstall aplikasi flatpak melalui website flathub. Anda akan mendapatkan informasi yang lebih banyak di halaman flathub mengenai daftar aplikasi yang terdapat di flathub. Tampilan flathub yang terbaru saat ini (April 2018) seperti terlihat di bawah ini :

Flathub Flatpak Repository, Kini Hadir Dengan Tampilan Baru

Flathub Flatpak Repository, Kini Hadir Dengan Tampilan Baru


Seperti yang anda lihat pada tampilan halaman flathub, website flathub terbagi dalam beberapa kategori, diantaranya yaitu :

  • Popular Apps
  • New & Update Apps
  • Editor’s Choice Apps
  • Editor’s Choice Games

Anda dapat menggunakan menu kategori tersebut untuk mencari dan melihat aplikasi flatpak di website flathub.

Mengapa Memilih Menggunakan WebSite Flathub  Untuk Install Aplikasi Flatpak ?
Pada artikel sebelumnya saya sudah menguraikan mengenai cara install aplikasi flatpak untuk distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Selain menggunakan software manager default system, anda juga dapat install aplikasi flatpak langsung melalui website flathub.

Dengan tampilan website flathub yang semakin baik, anda menjadi semakin mudah dalam mencari aplikasi flatpak di flathub.  Pengguna distro Linux Mint mungkin akan lebih suka menggunakan Pengelola Perangkat Lunak untuk melakukan install aplikasi flatpak karena, flatpak terintegrasi baik dengan Pengelola Perangkat Lunak Linux Mint.

Namun, bagi pengguna distro Linux Debian dan Ubuntu, menggunakan software manager (Gnome Software) untuk mencari dan install aplikasi flatpak di Ubuntu dan Debian mungkin akan sedikit sulit karena, kerja Gnome Software terlalu lambat dalam mencari aplikasi flatpak dengan kinerja yang kurang maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya (saat ini) anda gunakan website flathub saja untuk install aplikasi flatpak. Selain lebih mudah dan cepat dalam mencari aplikasi, kita juga dapat langsung install aplikasi flatpak di flathub secara langsung karena, flahub sudah terintegrasi dengan Gnome Software.

Namun, untuk dapat menggunakan website flathub di Ubuntu dan Debian, anda harus sudah menginstall flatpak, plugin-flatpak dan flathub ke dalam sistem Linux yang anda pakai. Silahkan buka terminal Linux lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Ubuntu :
sudo add-apt-repository ppa:alexlarsson/flatpak
sudo apt update
sudo apt install flatpak

Lalu :
sudo apt install gnome-software-plugin-flatpak

Lalu :
flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Debian (masuk sebagai root):
apt install flatpak

Lalu :
pkexec apt install gnome-software-plugin-flatpak

Lalu :
flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Setelah selesai, reboot komputer.

Sekarang anda sudah dapat melakukan install aplikasi flatpak di Ubuntu dan Debian dengan menggunakan Gnome Software. Misalnya, anda akan menginstall aplikasi Font Finder flatpak.

  • Pertama kunjungi website https://flathub.org/home, lalu pilih aplikasi yang akan di install, ketik saja pada kolom pencarian fontfinder.
  • Lalu klik pada aplikasi dan klik pada tombol install
  • Setelah itu, anda akan mendapatkan file aplikasi hasil download, buka atau jalankan file aplikasi flatpak hasil download tersebut menggunakan Software Manager (Gnome Software) default system. Pada Software Manager, klik tombol install untuk mulai menginstall aplikasi fontfinder flatpak.

Selengkapnya mengenai Cara Install Dan Menggunakan Aplikasi Flatpak Di Linux Mint, Ubuntu, Debian, silahkan baca artikel saya mengenai Cara Install Flatpak Di Linux Mint, Ubuntu, Debian.

Demikian mengenai Tampilan Baru Flathub Yang Memudahkan Kita Dalam Mencari Aplikasi Flatpak, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon