Tuesday 24 April 2018

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition)

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition) – webOS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan LG (Lucky & Goldstar) untuk digunakan pada perangkat “internet of things” dan “smart TV”. Belum lama ini LG mengumumkan bahwa mereka telah merilis webOS open source versi perdana.

WebOS pertama kali dibuat oleh Palm dan diberi nama Palm webOS pada January 2009. HP (Hewlett Packard) membeli webOS Pada tahun 2010 untuk digunakan pada berbagai produk yang diproduksi oleh HP, mulai dari smartphone, tablet dan printers.

Pada bulan Februari 2011, HP mengumumkan akan menggunakan webOS pada semua perangkat yang diproduksi HP. Pada bulan Juli 2011, mereka menggunakan webOS untuk perangkat HP Touchpad (komputer tablet) dan Smartphone.


Pada bulan Maret 2011, HP berencana untuk dapat menjalankan webOS di sistem Windows. Selain itu, webOS juga akan digunakan pada semua komputer desktop dan Notebook HP pada tahun 2012.  Namun, semua rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

Setelah melalui beberapa momentum, webOS akhirnya digunakan oleh LG pada perangkat Smart TV menggantikan NetCast. LG membeli lisensi penggunaan webOS kepada HP.  Pada tahun 2014 HP menjual patent webOS kepada Qualcomm.

LG kemudian memperluas penggunaan webOS ke berbagai perangkat “internet of thing”. Sebagai titik awal, LG memamerkan smartwatch LG Wearable dengan platform webOS pada awal tahun 2015. Pada tahun 2017, LG menggunakan webOS pada kulkas pintar yang diproduksinya.

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition)

LG Linux WebOS OSE (Open Source Edition)


Pada tanggal 19 Maret 2018, LG mengumumkan rilis perdana untuk webOS open source. Tujuannya adalah untuk lebih dekat dan akrab dengan komunitas open source. Pengembang perangkat lunak dapat melakukan download kode sumber dari webOS untuk digunakan secara lebih fleksibel. Dengan adanya webOS sumber terbuka ini, LG berharap akan membantu dalam proses memajukan filosofi platform terbuka, kemitraan terbuka, dan konektivitas terbuka.

Pada awalnya webOS memang digunakan untuk komputer tablet dan smartphone. Harapannya dapat dijadikan sebagai pesaing Android. Namun, nyatanya HP tidak menemukan pasar yang siap menerima perangkat yang diinstall webOS.

Hingga akhirnya mereka (HP) menjual webOS ke LG dan dalam perkembangannya LG akhirnya merilis versi sumber terbuka untuk webOS. Bila anda seorang pengembang perangkat lunak dan ingin mencoba menggunakan webOS, anda dapat melihat dan mengunduh kode sumber dari webOS OSE (Open Source Edition) untuk anda manfaatkan di berbagai keperluan. Anda juga dapat bergabung ke komunitas webOSose dan ikut di dalam forum diskusi yang disediakan.

webOS OSE adalah platform perangkat lunak yang kuat dan serbaguna, mencerminkan fitur inovatif yang diterapkan pada berbagai produk elektronik mulai dari produk display hingga perangkat seluler dan peralatan rumah tangga.

Pengembang web dapat dengan mudah dalam membangun aplikasi dan layanan untuk webOS OSE. Pada rilis awal ini, anda dapat memport webOS OSE ke Raspberry Pi 3 untuk digunakan dalam proyek anda sendiri dan akan diperpanjang di masa mendatang yang akan terus dikembagkan untuk jenis perangkat lain dalam berbagai bentuk.

Referensi:
  • https://en.wikipedia.org/wiki/webOS
  • http://webosose.org/
  • https://itsfoss.com/webos-goes-open-source/


EmoticonEmoticon