Monday 18 January 2016

Cara Install KDE Desktop Environment Di Linux Mint Cinnamon

Cara Install Kde Desktop Di Linux Mint Cinnamon - Salah satu yang membedakan Sistem Operasi Linux dengan yang lainnya yaitu adanya berbagai macam Desktop Environment yang dapat kita instal secara bersama-sama dalam satu sistem operasi. Distro Linux Mint juga dapat melakukan itu dan bagi pengguna Linux Mint Cinnamon dapat menikmati desktop environment Kde, Xfce dan Mate tanpa perlu melakukan dual boot sistem namun, cukup instal desktop environment nya saja dalam satu sistem Linux Mint Cinnamon.

Lingkungan Desktop yang baik, ringan dan tampilan GUI yang ramah akan menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna sistem Linux. Linux Mint menyediakan empat Dekstop Environment yang dapat kita gunakan secara bersama-sama pada salah satu Edisi Linux Mint. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik sistem linux yang menyediakan berbagai lingkungan desktop dalam jumlah yang cukup banyak dan dapat di gunakan dalam satu sistem komputer.

Misalnya : Saya sudah menginstal Sistem Operasi Linux Mint Edisi Cinnamon, namun saya ingin menggunakan Lingkungan Desktop Mate, Xfce dan KDE. Kita tidak perlu menginstal semua Edisi Linux Mint bila hanya ingin menggunakan Lingkungan Desktopnya saja. Yang perlu kita lakukan adalah memasang Lingkungan Desktop yang ingin kita gunakan.

Baca juga : Cara install banyak desktop environment di Linux Mint

Instal KDE Desktop Environment Di Linux Mint Cinnamon

Cara Install KDE Desktop Environment pada Linux Mint Cinnamon


KDE merupakan kependekan dari "K Desktop Environment", yang merupakan lingkungan desktop dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit sari Trolltech. Hampir semua sistem operasi dapat kita instal KDE Dekstop terutama Linux, Unix, BSD dan Solaris.  Sedangkan pada Windows dan MAC-OS KDE dapat diinstal dengan bantuan X11 (untuk MAC-OS) dan cygwin (untuk Windows).

KDE desktop Environment memang terkenal memiliki banyak Fiture dan mudah dalam pemakaiannya. Selain itu, KDE juga memiliki nilai lebih dalam hal fleksibilitas dan portabilitas serta tidak terlalu berat berjalan di komputer, lebih ringan dari Cinnamon namun lebih berat dari Xfce.

Huruf K pada KDE  awalnya memiliki makna "Kool" namun selanjutnya hanya "K" saja yang menandakan Huruf pertama sebelum huruf  "L" (Linux) dalam alfabet Latin.

KDE pertama kali ditemukan atau dibuat pada tahun 1996 oleh Matthias Eltrich, seorang mahasiswa Universitas Eberhard Karls di Tubingen.  Ketidakpuasan Matthias akan desktop Unix pada waktu itu memicu ia untuk membuat sebuah lingkungan Desktop yang lebih mudah untuk digunakan. Berkat kerja kerasnyalah akhirnya KDE dapat kita nikmati keberadaanya sekarang ini. Referensi: wikipedia

Untuk memasang KDE pada Linux Mint Cinnamon caranya cukup mudah, ketik baris perintah dibawah ini pada Terminal Linux :

sudo apt-get install kde-full

Atau

sudo apt-get install kde-standard

kde-full untuk memasang KDE dengan fiture dan aplikasi lengkap. Sedangkan kde-standard hanya memasang fiture dan aplikasi standard KDE

Selain menggunakan Terminal Linux, kita juga dapat install aplikasi melalui software manager atau synaptic package managar.

Baca juga : Cara install aplikasi di linux paling mudah

Cara ini dapat digunakan pada Linux Mint 17 (Base Ubuntu 14.04 LTS), Bila anda menggunakan Linux Mint versi 18 (Base Ubuntu 16.04 LTS), untuk install KDE Desktop di Linux Mint Cinnamon menggunakan cara yang berbeda atau dengan kata lain menggunakan paket aplikasi KDE Desktop yang berbeda.

Kesimpulan


Meskipun kita memasang beberapa Lingkungan Desktop dalam sistem Linux Mint, desktop utama tetap menggunakan desktop bawaan saat instalasi Linux Mint. Tentu artikel ini masih banyak kekurangan dan perlu banyak perbaikan. Terima Kasih sudah membaca artikel ini semoga dapat menambah wawasan kita akan Lingkungan Desktop Linux Mint terutama KDE.

2 komentar


EmoticonEmoticon