Thursday 27 August 2015

Pengaturan Panel Linux Mint Cinnamon

Panel Linux Mint Cinnamon – Panel merupakan salah satu elemen utama dalam sebuah sistem operasi komputer, khususnya untuk komputer desktop atau laptop. Pengguna sistem operasi komputer Linux Mint Cinnamon mungkin sudah terbiasa menggunakan panel untuk mengakses berbagai aplikasi dan pengaturan sistem melalui tombol/ikon shortcut, “dalam sistem linux biasanya di sebut launcher”.

Dengan adanya Panel di desktop komputer, kita menjadi lebih mudah untuk mengontrol dan mengakses aplikasi yang terdapat di dalam sistem Linux Mint Cinnamon. Memang bukan hal yang sulit untuk mengatur panel-panel Linux Mint, baik itu edisi Cinnamon, Mate, Xfce atau Kde. Namun, bagi pengguna baru sistem Linux Mint Cinnamon mungkin belum mengetahui cara mengatur panel dengan baik dan benar. Melalui artikel inilah saya coba berbagi kepada seluruh pengguna sistem Linux Mint Cinnamon mengenai cara mengatur panel supaya dapat terlihat lebih rapi dan lebih baik.

Pengaturan Panel Linux Mint Cinnamon

Panel Linux Mint Cinnamon


Dalam kondisi default, Linux Mint Cinnamon sudah mengaktifkan satu panel yang berisi beberapa applet launcher aplikasi dan pengaturan sistem lainnya. Bila belum cukup dengan hanya, kita dapat menambahkan beberapa panel lagi (4 panel) yang bisa kita tempatkan pada sisi atas, kanan, bawah dan kiri desktop komputer (Linux Mint Cinnamon 18.1). Semua dapat dilakukan melalui jendela pengaturan panel Linux Mint Cinnamon :

Buka Menu > Pengaturan sistem > Panel

Atau

Buka Menu > Preferensi > Panel

Atau

Klik kanan panel lalu pilih pengaturan panel

Pada jendela panel terdapat dua menu utama yaitu pengaturan panel dan menu opsi panel. Dari sinilah kita akan mengatur semua yang berhubungan dengan panel Linux Mint Cinnamon.

1. Pengaturan Panel Linux Mint Cinnamon

  1. Panel Sembunyi otomatis : Digunakan untukmenyembunyikan panel secara otomatis ketika tidak digunakan, pilih salah satu mode tampilan panel yaitu ( Always show panel, Auto hide panel dan Intelligently Hide Panel )
  2. Gunakan ukuran panel terkostumisasi dengan tema Linux Mint : Bila kita mengaktifkan opsi ini maka, ukuran panel akan menyesuaikan dengan tema Linux Mint Cinnamon yang digunakan. Aktifkan pengaturan ini bila kita ingin merubah ukuran panel sesuai dengan keinginan termasuk juga ukuran font.

2. Opsi Panel


Pada menu opsi panel Linux Mint Cinnamon terdapat dua pilihan utama yaitu :
  1. Menambahkan panel baru "add new panel" : Untuk menambahkan panel baru pada Linux Mint Cinnamon, kita dapat klik tombol ini lalu klik pada sisi atas, kanan, bawah dan kiri layar komputer untuk penempatan panel.
  2. Mode ubah panel : Ketika mode ubah panel dalam kondisi aktif, kita dapat merubah susunan applet yang terdapat di dalam panel. Lakukan dengan cara klik , seret dan lepaskan applet pada area panel yang diinginkan, kanan atau kiri panel. Kita juga dapat mengkatifkan opsi mode ubah panel dengan cara klik kanan pada panel lalu klik mode ubah panel.
Untuk melihat perubahan penambahan Panel baru, terkadang diperlukan Restart Komputer

Ketika kita mengaktifkan Auto Hide Panel, kita bisa mengatur jeda waktu saat panel tersembunyi dan saat panel ditampilkan lagi. Bila tidak suka menunggu, lebih baik atur jeda waktu dalam “0” detik. Ketika kita mengganti tema, maka otomatis panel akan berubah sesuai dengan tema yang dipakai.

Menambahkan Applet ke Panel


Saya akan menguraikan lebih detail mengenai cara menambahkan applet ke panel Linux Mint Cinnamon pada artikel lain. Kali ini saya hanya akan memberikan garis besarnya saja. Untuk menambahkan applet ke panel, lakukan dengan cara seperti di bawah ini :
  1. Klik kanan Panel lalu Pilih tombol Tambah Applet Ke Panel
  2. Setelah itu kita akan melihat jendela pengaturan applet Linux Mint Cinnamon
  3. Pilih salah satu applet yang akan kita tambahkan ke panel
  4. Klik tombol Tambahkan Ke Panel
Ada banyak Applet default sistem Linux Mint Cinnamon yang tersedia. Selain itu, kita juga bisa menambahkan applet-applet lainnya yang bisa kita peroleh di situs web cinnamon-spices atau yang situs web lain yang menyediakan applet untuk desktop Cinnamon. Download Applet lalu ekstrak file hasil download pada direktori ~/.local/share/cinnamon/applets atau ~/usr/share/cinnamon/applets.

Bila applet yang kita tambahkan ke panel sudah tidak dipakai lagi, kita tinggal menghapusnya dari panel dengan cara yang cukup mudah :

Klik kanan applet (dalam panel) pilih lepaskan applet ini

Modifikasi Panel Linux Mint Cinnamon


Panel yang sudah terpasang (aktif) dapat kita ubah susunannya atau dalam hal ini kita sebut sebagai modifikasi panel Linux Mint Cinnamon.  Untuk melakukan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara :

Klik kanan panel lalu Pilih Modify Panel

Berikut beberapa pengaturan pada modifikasi panel :
  1. Hapus Panel : Bila panel sudah tidak dibutuhkan lagi, kita dapat menghapusnya dari desktop Cinnamon dengan memilih opsi ini
  2. Tambah Panel : Digunakan untuk menambahkan panel baru dalam desktop Cinnamon
  3. Clear All Applet : Menghapus semua applet yang terdapat didalam panel Linux Mint Cinnamon
  4. Move Panel : Memindahkan panel ke tempat lain di desktop Cinnamon
  5. Copy / Paste Applet Configuration : Bila kita menggunakan lebih dari satu panel, kita dapat menyalin konfigurasi applet dengan memilih opsi ini.

Applet Menu


Bisa dibilang ini adalah applet utama dalam sistem Linux Mint Cinnamon. Tanpa applet Menu, kita tidak dapat mengakses aplikasi dengan cepat dan mudah melalui Menu Cinnamon. Di dalam Applet Menu terdapat beberapa pengaturan untuk mempercantik tampilan Cinnamon.

Klik kanan Menu lalu pilih atur applet
  1. Cara Pintas Keyboard untuk Membuka dan Menutup Menu : Digunakan untuk mengatur konfigurasi keyboard dalam mengkases Menu Cinnamon. Secara default, kita dapat menggunakan tombol “window” pada keyboard untuk membuka Menu Cinnamon
  2. Gunakan Icon Custom : Bila kita mengaktifkan pengaturan ini, kita dapat mengganti ikon Linux Mint pada Menu Cinnamon dengan gambar atau ikon lainnya
  3. Teks : Terlihat tulisan Menu pada kolom pengaturan ini, kita dapat mengganti tulisan Menu dengan tulisan yang kita suka, misalnya : Bunga, Mint, Salju dan lain sebagainya. Bila kolom ini di kosongkan maka, tidak akan tampil tulisan apapun di Menu Cinnamon, hanya berupa ikon saja
  4. Tunjukan bookmark dan tempat : centang untuk menampilkan bookmark tempat pada Menu  Cinnamon
  5. Ijinkan Menggulung otomatis pada daftar aplikasi : centang untuk mengaktifkannya
  6. Fungsikan masukan garis edaran sistem berkas pada kotak pencarian : centang untuk mengaktifkannya
  7. Buka Menu ketika saya menggerakkan mouse di atasnya : Centang untuk mengaktifkannya dan atur setting waktunya. Menu Otomatis akan terbuka saat Mouse berada di atas Applet Menu Cinnamon
Masih terdapat beberapa pengaturan pada Menu Cinnamon lainnya yang akan saya uraikan pada artikel khusus yang membahas Menu Cinnamon.

Kesimpulan


Panel merupakan tempat untuk mengontrol segala aktivitas kita di dalam desktop komputer. Melalui panel inilah kita dapat menutup dan membuka aplikasi dengan mudah. Supaya panel sistem komputer dapat digunakan secara maksimal maka, kita perlu mengetahui cara mengatur panel dengan baik dan benar. Semoga artikel singkat mengenai pengaturan panel di linux mint cinnamon ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya, terutama pengguna sistem operasi  Linux Mint Cinnamon.


EmoticonEmoticon