Friday 7 July 2017

Cara Menghilangkan Splash Screen Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Menghilangkan Splash Screen Linux Mint, Ubuntu, Debian – Mungkin kita akan berpikir bahwa tampilan splash screen (plymouth) Linux dengan gambar logo atau bentuk lainnya akan mempercantik tampilan booting sistem Linux. Ya, memang benar, tampilan ini merupakan salah satu daya tarik dari sistem Linux sehingga tampilan booting terlihat lebih menarik.

Namun, tidak semua pengguna distro Linux ingin menggunakan tema splash screen ini. Terkadang mereka ingin melihat proses booting dalam bentuk teks dengan cara menghilangkan atau menonaktifkan splash screen Linux. Cara ini dapat diterapkan pada distribusi Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Proses ini tidak terlalu berpengaruh terhadap waktu booting, hanya tampilannya saja yang berubah. Kita akan melihat proses booting komputer melalui tampilan teks yang berisi informasi proses booting sistem komputer.

Menonaktifkan splash screen di sistem Linux Mint, Ubuntu atau Debian tentu bukan tanpa alasan, mungkin anda suka mencoba hal-hal baru pada sebuah sistem komputer, mungkin juga anda tidak suka dengan desain logo yang ditampilkan atau bila anda ingin melihat proses booting sistem komputer, anda dapat melakukan cara ini yaitu menonaktifkan tampilan splash screen.

Baca Juga : Cara ganti logo splash screen di Linux Mint 18

Lain halnya bila anda tidak suka dengan desain logo yang ditampilkan, tidak perlu nonaktifkan splash screen (plymouth) Linux. Cukup ganti saja dengan gambar, logo atau tema plymouth lainnya yang menurut anda lebih menarik. 

Cara Menghilangkan Splash Screen Linux Mint, Ubuntu, Debian

Cara Menghilangkan Splash Screen Linux Mint, Ubuntu, Debian


Tujuan utama menghilangkan splash screen Linux sebenarnya lebih karena kita ingin melihat proses booting komputer. Apalagi ketika kita mendapati sistem booting mengalami error, dengan menghilangkan tampilan logo splash screen linux, kita dapat melihat pesan dan informasi saat booting sistem komputer. Kita hanya perlu menghapus quiet splash pada /etc/default/grub.
  1. Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :
gksu gedit /etc/default/grub
  1. Pada file yang terbuka, cari teks GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” lalu hapus ”quiet splash” sehingga menjadi :
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=””
  1. Update grub2 Linux dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux (masuk sebagai root) :
update-grub
  1. Setelah itu, reboot komputer dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux (masuk sebagai root) :
reboot

Atau bisa juga dengan menggunakan tombol Restart Komputer

Mengembalikan Tampilan Splash Screen Seperti Semula


Untuk mengembalikan kembali seperti semula, maka cukup tambahkan kata quiet splash pada teks GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”” :

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”

Setelah itu pilih salah satu tema splash screen yang sudah terinstall di dalam sistem komputer.

Silahkan baca :
Cara mengganti tema splash screen Debian
Cara mengganti tampilan splash screen Ubuntu

Demikian cara menghilangkan splash screen di Linux Mint, Ubuntu, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon