Saturday 8 July 2017

Cara Memilih Aplikasi Default Linux Desktop Mate

Tags

Cara Memilih Aplikasi Default Linux Desktop Mate - Bila anda memakai lingkungan desktop Mate pada distro Linux yang anda gunakan, pengaturan aplikasi default dapat dilakukan melalui “Preferred Applications”. Penggunaan aplikasi default ini dilakukan bila di dalam sistem operasi komputer terinstall lebih dari satu aplikasi dengan fungsi yang sama, misalnya : Firefox dan Chromium. Keduanya merupakan aplikasi peramban internet berbasis open source yang banyak digunakan pada berbagai distro Linux Populer.

Bila di dalam sistem operasi komputer tidak terinstall lebih dari satu (1) aplikasi, biasanya pengaturan Preferred Applications secara otomatis akan menggunakan aplikasi tersebut. Secara umum, mungkin kita tidak perlu menyentuh pengaturan Preferred Applications ini bila kita tidak menginstall aplikasi apapun setelah install distro Linux Mint, Ubuntu, Debian atau distro Linux lainnya dengan menggunakan Mate Desktop.

Mate desktop banyak menjadi pilihan banyak pengguna distro Linux karena ringan, simpel dan cocok digunakan pada komputer dengan hardware rendah (minim). Mate merupakan lingkungan desktop Linux yang intuitif dan menarik dengan tampilan seperti tradisional desktop yang sudah sangat familier dengan para pengguna sistem komputer desktop.

Cara Mengatur Aplikasi Default Linux Desktop Mate


Baik itu pada distribusi Linux Mint, Ubuntu maupun Debian Mate, pengaturan Preferred Applications kurang lebihnya sama persis, begitu juga untuk distribusi Linux lainnya.

Buka pengaturan Preferred Applications melalui :

Control Center > Personal > Preferred Applications

Tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Cara Mengatur Aplikasi Default Linux Desktop Mate

Terdapat lima (5) Tab Menu yaitu : Internet, Multimedia, System, Office dan Accessibility. Untuk memilih aplikasi yang kita sukai sebagai aplikasi default desktop Mate caranya cukup mudah :
Klik pada tombol Menu Gulir (Drop Down Menu) untuk memilih Aplikasi yang akan dijadikan aplikasi default desktop Mate

Bila hanya terdapat satu aplikasi saja, maka kita tidak dapat memilih aplikasi dan harus menggunakan aplikasi tersebut. Bila tidak ada aplikasi yang terinstall untuk layanan tertentu maka, tombol akan terlihat redup (tidak aktif).

Contoh pengaturan Preferred Applications pada desktop Mate :

A. Internet

Web Browser Firefox
Mail Reader Thunderbird

B. Multimedia

Image Viewer Eye Of Mate
Multimedia Player VLC Media player
Video Player VLC Media Player

C. System

Text Editor Pluma
Terminal Emulator Mate Terminal
File Manager Caja

D. Office

Document Viewer Atril Document Viewer
Word Processor LibreOffice Writer
Spreadsheet Editor LibreOffice Calc

E. Accessibility

Visual Orca
Mobility Onboard

Merubah pengaturan Preferred Applications desktop Mate dilakukan apabila anda ingin menggunakan aplikasi yang anda suka selain aplikasi default system. Dengan demikian anda akan lebih mudah dalam menggunakan aplikasi tersebut, misalnya dengan melakukan klik dua kali untuk membukan berkas audio, video, dokumen office, gambar, pdf atau yang lainnya. Demikian Cara Memilih Aplikasi Default Linux Desktop Mate Melalui Preferred Applications.


EmoticonEmoticon