Thursday 15 June 2017

Cara Mengatasi Suara Di Youtube Tidak Keluar

Suara Di Youtube Tidak Keluar – Pengguna internet yang suka mengakses video streaming youtube, metube dan situs penyedia layanan video streaming lainnya tentu kurang nyama bila suara pada video streaming tersebut tidak keluar. Mungkin anda sedang mengalami hal ini dan terkadang permasalahan ini disebabkan bukan karena kerusakan pada software maupun hardware komputer namun, hanya masalah pengaturan audio di dalam sistem operasi komputer yang digunakan.



Bila kita ingin melihat video streaming di sebuah situs web, gunakanlah peramban internet yang bagus seperti misalnya, Firefox, Google Chrome, Safari, Edge atau Opera Browser. Dengan menggunakan peramban internet yang baik, setiap permasalahan pada video streaming dapat teratasi dengan baik pula karena, banyaknya pengguna dan dukungan penuh dari pengembang aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Suara Youtube Tidak Keluar

Cara Mengatasi Suara Di Youtube Tidak Keluar

Masalah hilangnya suara pada video streaming seringkali muncul karena hal sepele dan dalam mengatasi ini sebaiknya kita lakukan dengan cermat dan tidak terburu-buru untuk instal ulang internet browser atau sistem operasi komputer. Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika mendapati youtube, metube dan layanan video streaming lainnya tidak bersuara :

1. Pastikan Browser internet tidak dalam kondisi Mute (Diam)

Terkadang tanpa sengaja kita melakukan mute pada pengaturan suara di peramban internet yang digunakan atau mungkin komputer baru saja dipakai oleh orang lain dan ia merubah pengaturan suara pada peramban internet sistem komputer.

Biasanya pengaturan suara untuk internet browser dapat dilakukan secara otomatis menggunakan sebuah plugin (add-ons). Pada Firefox bisa menggunakan add-ons yang bernama muter, mute tab atau bisa juga menggunakan add-ons serupa lainnya. Silahkan anda lihat pada pengaturan add-ons Firefox dan aktifkan kembali suara bila sebelumnya dalam kondisi mute (diam).

2. Pastikan suara di di sistem komputer tidak dalam kondisi mute

Bila sebelumnya kita cek suara pada internet browser, sekarang mari kita lihat pengaturan suara pada sistem komputer. Baik itu di sistem Linux, Windows, Mac OS X atau sistem operasi komputer lainnya, pastikan pengaturan suara tidak dalam kondisi mute (diam).

Bila pengaturan suara dalam kondisi diam, tentu saja kita tidak hanya kehilangan suara pada video streaming namun, kita juga akan kehilangan suara pada audio komputer saat menjalankan file audio video secara offline.

3. Pastikan plugin audio video untuk internet browser sudah terinstal dengan baik

Biasanya plugin ini terinstal bersamaan dengan proses instal internet browser. Namun, terkadang atau kita tidak sengaja menghapusnya dari internet browser. Silahkan instal kembali plugin tersebut atau bila anda kesulitan dalam hal ini, instal ulang saja internet browser yang digunakan. Firefox untuk Linux menggunakan plugin openH264 Video Codec provided by cisco Systems, Inc.

4. Pastikan speaker komputer dalam kondisi baik dan terkoneksi dengan baik

Sekarang mari kita lihat pada komponen hardware komputer. Karena kita sedang mencari solusi cara mengatasi hilangnya suara pada youtube, metube atau layanan video streaming lainnya, tentu hal ini berhubungan dengan speaker komputer.

Bila anda menggunakan speaker komputer yang tertanam di dalam komputer, kemungkinan sudah terkoneksi dengan baik karena, kabel penghubung terletak di dalam komputer. Namun, bila anda menggunakan speaker dari luar komputer, bisa saja kabel speaker tidak terkoneksi dengan baik sehingga membuat suara tidak keluar sampai speaker.

Tidak hanya itu saja, hilangnya suara ini kemungkinan karena speaker komputer yang memang sudah rusak. Bila komputer/laptop yang anda pakai sudah berumur mungkin saja speaker di dalam komputer tersebut memang sudah rusak dan perlu diganti atau diperbaiki (bila masih memungkinkan).

5. Pastikan audio driver sistem komputer sudah terinstal dengan baik

Tentu kita tidak dapat mendengarkan suara di dalam sistem komputer bila audio driver belum terinstal disana. Kita tidak akan dapat mendengarkan musik baik secara offline maupun online. Biasanya sistem operasi komputer sudah menyertakan paket aplikasi audio driver pada saat proses instalasinya. Hanya saja, mungkin tanpa sengaja kita atau orang lain yang pernah menggunakan komputer tersebut menghapusnya dari dalam sistem.

Silahkan instal audio driver sesuai dengan sistem operasi komputer yang digunakan dan sesuaikan dengan kartu suara (audio card) yang digunakan. Bila anda menggunakan sistem operasi Linux, dapat menggunakan pulseaudio sebagai audio driver untuk sistem Linux. Buka terminal Linux lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get install pulseaudio

6. Gunakan internet browser yang support video streaming

Banyak sekali tersedia internet browser untuk sistem Linux, Windows maupun Mac OS X. Gunakanlah yang dapat menjalankan video audio streaming dengan baik seperti misalnya : Firefox, Chrome, Edge, Safari dan Opera Browser.

Gunakanlah sistem operasi komputer yang original, supaya tidak sering muncul masalah pada sistem komputer yang anda gunakan. Hilangnya suara pada video streaming ini sebenarnya jarang terjadi bila anda menggunakan sistem operasi komputer yang bagus beserta peramban internet yang bagus pula. Demikian mengenai cara mengatasi youtube tidak bersuara, semoga dapat menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon