Saturday 13 February 2016

Cara Instal Pinta Image Editor Di Linux Mint

Tags

Instal Pinta Di Linux Mint - Bila pada sistem operasi windows kita mengenal aplikasi image editor yang bernama Paint maka, di linux kita akan menjumpai aplikasi dengan fungsi yang mirip dengan paint namun, memiliki fiture yang jauh lebih lengkap yaitu Pinta. Memang pengguna sistem operasi Linux Mint sudah memiliki aplikasi image editor default sistem yaitu Gimp yang jauh memiliki fiture yang lebih lengkap.

Pinta dapat kita jadikan alternatif untuk Gimp karena sifatnya yang ringan berjalan di komputer dengan ukuran file yang kecil dan antarmukanya mudah untuk digunakan. Pinta dapat melakukan editing gambar sederhana sampai kompleks dengan fiture yang cukup memandai. Salah satu kelebihan pinta image editing dibandingkan aplikasi edit gambar sederhana lainnya yaitu adanya lapisan gambar.

Cara Instal Pinta Image Editor Di Linux Mint

Cara Instal Pinta Di Linux Mint


Bila kita adalah seorang yang berprofesi dalam mengolah dan mengedit gambar-gambar yang dihasilkan oleh kamera digital atau dari sumber lainnya, Pinta patut berada di sistem komputer yang  kita gunakan sebagai aplikasi untuk editing gambar dari yang sekedar hoby sampai yang profesional. Paket aplikasi Pinta sudah terdapat di repository Linux Mint dan kita tinggal instal saja melalui pengelola perangkat lunak, terminal atau synaptic manajer paket.

Sebagai contoh, saya akan menginstal aplikasi Pinta melalui terminal linux. Buka terminal lalu ketik perintah teks di bawah ini :

sudo apt-get install pinta

Bila ingin memperbarui aplikasi Pinta ke versi terbaru, update paket aplikasi yang ada di sistem Linux Mint, baru kita instal Pinta :

sudo apt-get update
sudo apt-get install pinta

Sejarah Pinta


Pinta mulai dikembangkan sejak bulan Februari tahun 2010 yang diprakarsai oleh Jonathan Pobst, kemudian ia bekerja di Novell. Selanjutnya pinta dikembangkan oleh sebuah kelompok baru yang dimulai pada bulan September 2011 setelah Pobst tidak lagi tertarik untuk mengembangkannya.

Aplikasi ini dibuat dengan bahasa C# dengan toolkit GTK+ dan perpustakaan Kairo. Awalnya penyesuaian kode dan efek filter berasal dari pain.net, namun dalam perkembangan projek pinta, seluruhnya menggunakan kode asli. Sampai saat ini pinta masih terus dikembangkan.

Rilis Pinta


Versi Tanggal Keterangan

0.1

07 Feb 2010
Peluncuran pertama

0.2

15 Maret 2010
Mengembangkan lapisan dan jendela Histori; zoom, ember cat, warna pengganti, garis, dan alat; preview untuk perubahan lapisan; dukungan multithreading untuk efek dan penyesuaian.

0.3

03 Mei 2010
Pratinjau untuk penyesuaian dan efek; zoom dengan pixel-tepat; gradien,tongkat magic dan alat setelan teks; 26 efek baru porting dari Paint.NET

0.4

06 Juli 2010
Dukungan internasionalisasi; Jendela docking; dukungan OpenRaster ; menyimpan dalam BMP, ICO dan format TIFF selain JPEG dan PNG.

0.5

02 Nov 2010
Mendukung banyak gambar, format TGA, Palet editing, dukungan banyak bahasa, perbaikan kerusakan (bug).

0.6

11 Jan 2011
Perbaikan pada Histori, stabilitas fiture, Pembuatan ulang setelan teks, 53 perbaikan kerusakan (bug).

0.7

02 Mar 2011
Dukungan outline teks, perbaikan kerusakan (bug).

0.8

31 Mar 2011
Perbaikan kerusakan (bug)

1.0

27 Apr 2011
Keluaran pertama versi stabil (stable), perbaikan kerusakan.

1.1

13 Nov 2011
Beberapa perbaikan dan perbaikan bug, rilis pertama dengan pengelola baru

1.2

22 Apr 2012
Memiliki layar yang dapat diputar bebas, Spesifik kursor tetikus pada tools, Meningkatkan gradien tool, autocrop, menambahkan gambar preview pada gambar pad, perbaikan kerusakan

1.3

30 Apr 2012
Perbaikan kerusakan

1.4

27 Sep 2012
mode pilihan Magic Wand tool; mode blending layer baru; dukungan copy / paste untuk alat teks
1.5
24 Mei 214
Re-diedit teks; Mouse kursor sekarang resize berdasarkan ukuran kuas aktif; Seleksi Pindahkan dan Pindahkan alat Dipilih sekarang dapat memutar pilihan menggunakan tombol mouse sebelah kanan; Ditambahkan perintah Invert Selection; Baru atau mendesain ulang kursor mouse untuk setiap alat; Peningkatan integrasi OSX (asosiasi file dan meningkatkan integrasi dock); Didesain ulang installer Windows, yang secara otomatis mendownload dan menginstal versi yang benar dari GTK # dan .NET Framework jika diperlukan; Peningkatan JPEG Compression Dialog (mengingat pengaturan sebelumnya dan memiliki tombol OK sebagai kontrol default); Dialog Open File sekarang menunjukkan preview gambar untuk ORA file , serta setiap format file yang disediakan oleh add-ins
1.6 01 Mar 2015 Re-editable shape; Union, termasuk, xor, dan mode intersection selection; Add-in repositori; banyak perbaikan kerusakan.

Banyak sekali tersedia aplikasi image ediotor di sistem linux yang bisa kita gunakan secar gratis maupun berbayar. Pengguna sistem Linux Mint dapat membuka pengelola perangkat lunak pada kategori Grafis untuk melihat daftar aplikasi grafis yang tersedia di repository Linux Mint. Salah satu aplikasi yang ringan, kaya akan fiture dan dengan antarmuka grafis yang cukup mudah digunakan yaitu Pinta.

Demikian cara instal pinta di Linux Mint, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya. Referensi: en.wikipedia.org


EmoticonEmoticon