Saturday 3 June 2017

Cara Install Grub Customizer Di Ubuntu, Mint, Debian

Grub Customizer  -  Bila ingin melakukan Customize tampilan Grub2 Linux dengan mudah, kita dapat menggunakan aplikasi yang bernama Grub Customizer. Sebenarnya aplikasi ini ditujukan untuk distro Linux Ubuntu. Namun, bagi pengguna distro Linux lainnya, bisa menggunakan aplikasi ini termasuk juga distro Linux Mint dan Debian.

Proses instal aplikasi Grub Customizer untuk distro Linux Ubuntu dan Mint tidaklah sulit. Namun, untuk distro Linux Debian, kita dapat melakukan build from source aplikasi ini. Kita tidak dapat langsung instal Grub Customizer karena, aplikasi ini tidak terdapat di repository dan kita juga tidak bisa menambahkan ppa ke dalam sistem Linux Debian.

Fungsi Grub Customizer


Bila sebelumnya kita pernah mengotak-atik tampilan grub2 sistem Linux dengan mengedit file /etc/default/grub, dengan adanya aplikasi Grub Customizer semua itu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kita tidak perlu lagi edit file langsung menggunakan aplikasi penyunting teks. Tidak hanya itu, kita juga dapat merubah warna font Grub2 serta latar belakang (background) beserta resolusinya dengan perintah grafis (GUI) yang tentunya lebih mudah digunakan.

Berikut ini beberapa fungsi dari Grub Customizer:
  1. Ganti Bakcground Grub2 Linux
  2. Ganti jenis, warna dan ukuran font Grub2 Linux
  3. Ganti resolusi layar Grub2 Linux
  4. Ganti tema Grub2 Linux
  5. Mengatur Urutan Default Booting Sistem Operasi (Dual/Multi Boot System)
  6. Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan Grub Customizer untuk mengatur tampilan Grub2 Linux
Bila kita menginstal beberapa sistem operasi komputer dalam satu perangkat komputer desktop/laptop, maka kita harus menginstall Grub Customizer pada sistem operasi komputer dengan Grub2 aktif. Artinya, bila terdapat lebih dari satu sistem operasi komputer maka, hanya satu Grub2 saja yang akan terpakai meskipun pada setiap sistem operasi tersebut terinstal aplikasi Grub2.

Cara Install Grub Customizer Di Ubuntu, Mint, Debian

Cara Install Grub Customizer Di Ubuntu, Mint, Debian


Aplikasi ini belum terdapat di repository Linux Ubuntu, Mint maupun Debian. Bagi pengguna distro Linux Ubuntu dan Mint (Base Ubuntu). Kita dapat menambahkan ppa ke dalam repository sistem komputer dan setelah itu update dan install Grub Customizer.

1. Ubuntu dan Mint

Tambahkan alamat ppa di bawah ini, bisa melalui terminal atau jendela pengaturan software source (GUI).

Misalnya melalui terminal:
sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer

Setelah itu update repository:
sudo apt-get update

Dan terakhir Install Grub Customizer:
sudo apt-get install grub-customizer

2. Debian

Berbeda dengan Ubuntu dan Mint, pengguna Linux Debian (Jessie) tidak dapat langsung install aplikasi Grub Customizer ke dalam sistem komputer. Kita dapat menginstal aplikasi ini dengan cara “build from source” . Diperlukan source file Grub Customizer untuk dapat melakukan ini.

a) Download source file Grub Customizer 
Silahkan kunjungi alamat situs web berikut ini “https://launchpad.net/grub-customizer/+download” lalu pilih versi sesuai yang kita inginkan atau pilih saja versi terbaru dari Grub Customizer

b) Ekstrak file hasil download 

Setelah mendownload source file Grub Customizer, ekstrak file hasil download yang berupa file terkompresi .tar.gz. Didalam folder hasil ekstrak terdapat file README yang berisi panduan mengenai cara install Grub Customizer dengan cara build langsung menggunakan file sumber (source file)

Untuk menginstall Grub Customizer-5.0.5,  menggunakan source file dari Grub Customizer, caranya adalah seperti di bawah ini:

c) Instal paket-paket berikut ini :
  • cmake
  • g++ atau gcc
  • libgtkmm-3.0-dev atau gtkmm30-devel
  • gettext
  • libssl-dev atau openssl-devel
  • libarchive-dev atau libarchive-deve

Baca: Cara install aplikasi di Linux Debian

d)  Kompilasi source file
Buka folder hasil ekstrak tadi, klik kanan lalu pilih “open in terminal” atau bisa juga menggunakan cara lain yang penting buka terminal dan masuk ke direktori folder hasil ekstrak source file Grub Customizer.

Setelah itu ketik perintah teks di bawah ini :
cmake . && make

e) Install dependency
Buka terminal Debian, masuk sebagai root lalu ketik:
apt-get install hwinfo

f) Instal Grub Customizer
Buka terminal Debian, masuk sebagai root lalu ketik:
make install

Setelah proses instal selesai, tanpa ada pesan error atau kesalahan apapun yang menandakan bahwa kita sukses melakukan instal Grub Customizer dengan cara build from source, silahkan jalankan aplikasi ini dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada :

Terminal Debian:
gksu grub-customizer

Atau melalui

Menu > Administration > Grub Customizer

Demikian cara instal grub-customizer di Ubuntu, Mint, Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon