Thursday 15 June 2017

Ubuntu 18.04 Akan Menggunakan GDM Sebagai Pengganti LightDM Display Manager

Ubuntu 18.04 Akan Menggunakan GDM Sebagai Pengganti LightDM Display Manager – Setelah Ubuntu menghentikan projek Unity, nampaknya tidak hanya lingkungan desktop saja yang akan di rombak di Ubuntu. Pada Ubuntu 18.04 nanti, display manager default sistem Ubuntu yaitu LightDM akan digantikan dengan GDM (Gnome Display Manager). Mungkin hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari digantinya desktop Unity dengan Gnome.

GDM sendiri merupakan display manager default distro Linux Debian yang merupakan base-system dari Ubuntu. Projek untuk menerapkan GDM sebagai display manager default sistem Ubuntu 17.10 mungkin tidak akan tercapai dan baru bisa diterapkan pada Ubuntu versi 18.04. Sementara untuk desktop Gnome sudah dapat diterapkan pada Ubuntu 17.10.

Ubuntu 18.04 Akan Menggunakan GDM Sebagai Pengganti LightDM Display Manager

Perbedaan GDM dan LightDM

Memang keduanya memiliki fungsi yang sama namun, pengaturan dan tema dari kedua display manager ini tentu berbeda dan mana yang lebih baik?

Saya pikir setiap pengembang aplikasi akan membuat aplikasi terbaik untuk sistem komputer yang digunakan. Aplikasi default sistem tentu lebih direkomendasikan dan secara umum memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan aplikasi lainnya.

Bila anda menggunakan Ubuntu, Mint atau Debian gunakanlah display manager default masing-masing distro Linux untuk mendapatkan peforma terbaik pada sistem operasi komputer yang anda gunakan.

Yang pasti perbedaan dari kedua display manager ini yaitu pada pengaturan masing-masing display manager. Bila kita terbiasa menggunakan LightDM mungkin akan sedikit penyesuain saat hendak membuat beberapa perubahan setelan pada GDM.

Persamaan GDM dan LightDM

Sama-sama sebagai display manager sistem Linux, GDM dan LightDM dapat menampilkan jendela login dalam bentuk grafis (GUI). Sekarang sudah banyak distro Linux yang menggunakan desktop environment dengan baik, tentu dengan dukungan display manager yang baik.

Banyaknya tema yang terdapat di GDM dan LightDM membuat penggunanya dapat memilih tema login screen yang mereka suka, sangat menarik dan kedepannya mungkin akan lebih baik lagi. Kedua display manager ini dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu sistem komputer.

Install GDM dan LightDM

Pengguna distro Linux Debian dan Ubuntu dapat instal kedua display manager ini dengan mengetikan perintah teks di bawah ini pada terminal Linux :

sudo apt-get install lightdm
sudo apt-get install gdm

atau

sudo apt-get install lightdm gdm

Baca juga : Cara membuat sudo user di Linux Debian

Bila sistem komputer menggunakan satu atau lebih display manager, kita dapat beralih/mengganti display manager dengan mengetikan perintah teks di bawah ini :

sudo dpkg-reconfigure gdm

atau

sudo dpkg-reconfigure lightdm

Baik itu GDM maupun LightDM asalkan sistem komputer dapat berjalan dengan baik, tentu perihal digantinya display manager default Ubuntu dari LightDM menjadi GDM bukanlah suatau masalah. Memang sampai saat ini tim pengembang masih terus mencoba memperbaiki bug sistem dan menambahkan guest session (sesi tamu) pada GDM seperti pada LightDM. Demikian informasi singkat mengenai Ubuntu 18.04 yang akan menggunakan GDM sebagai pengganti LightDM display manager.


EmoticonEmoticon