Wednesday 26 October 2016

Cara Melihat Tampilan Web Versi Mobile Di Laptop Menggunakan Add-ons User-Agent Switcher

Melihat Tampilan Web Versi Mobile Di Laptop/PC - Melihat tampilan halaman web browser versi mobile di PC/Laptop merupakan salah satu fiture menarik yang terdapat di beberapa perambah situs web populer. Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara merubah tampilan web browser seperti versi mobile (ponsel) di PC/Laptop. Perambah situs web yang akan saya gunakan adalah Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera browser.

Ada beberapa cara untuk melihat tampilan web di PC/Laptop seperti pada perangkat telepon pintar, namun saya hanya akan menggunakan cara yang paling mudah yaitu menggunakan ekstensi/add-ons/plugin yang bernama user-agent switcher. Kita hanya tinggal menambahkan ekstensi ke dalam web browser dan setelah itu kita dapat menikmati tampilan web versi beberapa perangkat mobile (Android mobile, iPad, iPhone, windows phone, blackberry, nokia dll). Begitu juga tampilan mesin pencari Google juga akan terlihat berupa google versi mobile.

Merubah tampilan halaman web browser versi mobile di PC/Laptop memang bukanlah hal yang baru dan sudah banyak artikel yang membahas tentang hal ini. Mereka melakukannya bukan tanpa tujuan atau sekedar iseng-iseng saja. Namun, ada  manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita merubah tampilan halaman web browser menjadi versi mobile di PC/Laptop.

Manfaat Yang Diperoleh Melihat Halaman Web Browser Versi Mobile di PC/Laptop


Manfaat pertama yang bisa kita peroleh ketika merubah tampilan halaman web browser Firefox, Chrome atau Opera versi mobile di desktop komputer adalah menambah pengalaman kita dalam menjelajah internet menggunakan web browser . Selain itu, kita juga dapat melihat web site atau blog versi mobile tanpa perlu menggunakan ponsel. Bisa digunakan untuk cek mobile-friendly sebuah situs web atau blog.

Penampilan web browser versi mobile jelas beda dengan versi desktop. Pastinya yang versi mobile terlihat lebih ramping, simpel dan mungil, karena ukuran layar lebih kecil dari versi desktop. Data yang dimuat juga tidak sebanyak versi dekstop komputer, sehingga loading halaman situs web menjadi lebih cepat dan pastinya lebih hemat kuota (data) internet.
Pengguna jaringan internet dengan koneksi yang tidak terlalu baik (lemot, tidak stabil, sinyal lemah) bisa menggunakan cara ini untuk dapat memuat halaman situs web lebih cepat dari biasanya (versi desktop PC/Laptop).

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan merubah tampilan web browser versi mobile di PC/Laptop, mungkin anda tertarik untuk mencobanya pada perambah situs web Firefox, Chrome atau Opera yang ada di dalam sistem komputer yang anda gunakan.

Cara Melihat Tampilan Web Versi Mobile di PC/Laptop


Saya akan menggunakan tiga web browser yang sudah sangat populer di kalangan pengguna internet yaitu Firefox, Google Chrome dan Opera browser. Bila di dalam sistem komputer yang anda gunakan belum terdapat salah satu dari ketiga perambah situs web tersebut silahkan instal terlebih dahulu dengan cara download file installer yang bisa kita peroleh di situs web masing-masing web browser. Baik itu Firefox, Chrome maupu Opera merupakan web browser multiplatform atau dapat berjalan di beberapa sistem operasi komputer.

A. Mozilla Firefox


Pengguna sistem operasi komputer Linux mint sudah tidak asing lagi dengan perambah situs web yang kaya akan add-ons dan tema yang menarik ini. Firefox merupakan perambah situs web default Linux mint dan banyak distro Linux lainnya yang menggunakan Firefox sebagai web browser default sistem.

Meskipun memiliki banyak add-ons yang menarik, bukan berarti kita seenaknya sendiri memasang banyak add-ons tanpa kontrol. Karena semakin banyak add-ons yang digunakan maka loading web browser  akan semakin berat dan kurang baik untuk web browser itu sendiri. Disamping itu, dengan loading yang berat, kita menjadi kurang nyaman dalam menggunakan perambah situs web tersebut. Hal ini tidak hanya berlaku untuk Firefox saja, melainkan untuk semua web browser. Maka dari itu, sebaiknya kita tidak mengaktifkan add-ons yang tidak diperlukan atau dihapus saja dari Firefox.

Pengguna sistem operasi Windows, Mac OS atau yang lainnya dapat menginstal Firefox ke dalam sistem komputer dengan menggunakan file installer yang bisa kita dapatkan di situs web Firefox. Tidak hanya untuk desktop komputer saja, Firefox juga tersedia bagi perangkat mobile (ponsel pintar). Untuk merubah tampilan Firefox versi mobile di PC/laptop dapat kita lakukan dengan menggunakan add-ons user-agent switcher. Berikut cara memasang dan menggunakan add-ons user-agent switcher di Firefox :

Cara Melihat Tampilan Web Versi Mobile di PC/Laptop Menggunakan Add-ons User-Agent Switcher


1. Buka perambah situs web Firefox

2. Klik Menu  -->  Add-ons

3. Ketik pada kolom pencarian user-agent switcher

4. Pilih tombol Available Add-ons

5. Klik tombol Install

6. Setelah itu akan terlihat ikon user-agent switcher di pojok kanan atas toolbar Firefox

7. Klik ikon dan pilih salah satu mobile device yang akan kita gunakan sebagai user-agent dan untuk mengembalikan kembali ke setelan default Klik tombol

2. Google Chrome


Banyak pengguna internet yang memilih Chrome sebagai perambah situs web yang mereka pakai untuk membuka berbagai situs web karena Chrome ringan berjalan di komputer, gesit, banyak tersedia ekstensi dan tema yang menarik. Kita tinggal mengunjungi toko web Chrome dan memilih tema sesuai selera masing-masing. Ekstensi yang dimiliki oleh Chrome juga tersedia lengkap dengan beragam varian yang akan membuat betah menggunakan Chrome. Untuk dapat menambahkan berbagai macam tema dan ekstensi di Chrome kita harus memiliki akun Google (GMail), silahkan baca artikel saya mengenai cara membuat akun email baru di Google Mail (GMail) gratis!.

Google Chrome merupakan salah satu produk Google yang mengalami perkembangan sangat pesat dengan update yang kontinyu. Pengguna Linux mint dapat menjadikan Chrome sebagai salah satu web browser alternatif yang bisa disandingkan dengan Firefox. Untuk dapat melihat tampilan versi mobile Google Chrome di PC/Laptop, ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini :

Cara Melihat Tampilan Web Versi Mobile di PC/Laptop Menggunakan Add-ons User-Agent Switcher

1. Buka perambah situs web Google Chrome

2. Kunjungi toko web chrome

3. Masuk (login) dengan menggunakan akun google (GMail) yang kita miliki

4. Ketik user-agent switcher for google chrome pada kolom pencarian

5. Klik tombol +Tambahkan Ke Chrome pada ekstensi user-agent switcher for google chrome
pada ekstensi user-agent switcher for google chrome

6. Setelah itu akan terlihat ikon user-agent switchcer di toolbar Chrome

7. Klik ikon dan pilih perangkat mobile yang akan kita gunakan sebagai user-agent dan untuk mengembalikan Chrome seperti semula pilih default.

C. Opera Browser


Meskipun pengguna Opera Browse tidak sebanyak Firefox dan Google Chrome namun, Opera merupakan salah satu web browser yang tampil beda. Terdapat fiture-fiture menarik dari Opera browser yang tidak kita jumpai pada perambah situs web lainnya.

Speed dial di Opera browser dapat kita gunakan untuk mengakses dengan cepat halaman situs web yang sering kita kunjungi. Fiture menarik lainya dari Opera adalah adanya opera turbo yang  merupakan salah satu fiture andalan Opera browser yang bisa kita gunakan untuk mempercepat loading halaman sebuah situs web ketika koneksi internet sedang lambat.

Tampilan Opera browser juga tidak kalah dengan Chrome dan Firefox bahkan lebih cantik dan smooth. Opera browser bisa menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai aplikasi perambah situs web selain Firefox dan Google Chrome. Untuk melihat tampilan Opera browser versi mobile di PC/Laptop dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara Melihat Tampilan Web Versi Mobile di PC/Laptop Menggunakan Add-ons User-Agent Switcher

1. Buka perambah situs web Opera

2. Klik Menu --> Ekstensi --> Download Ekstensi atau buka tautan berikut ini addons.opera

3. Ketik user-agent switcher pada kolom pencarian download ekstensi

4. Cari user-agent switcher : oleh esolutionsnordicab

5. Klik tombol + Tambahkan ke Opera

6. Setelah itu akan terlihat ikon user-agent switcher di toolbar Opera

7. Klik ikon tersebut dan pilih mobile device yang akan kita gunakan sebagai user-agent dab pilih default untuk mengembalikan Opera seperti semula

Kesimpulan


Setelah kita merubah setelan user-agent ke versi mobile di perambah situs web yang kita gunakan, kita dapat menjalankan web browser lebih ringan dengan size tampilan yang lebih kecil sehingga bisa menghemat data internet. Silahkan atur ukuran web browser dengan klik pada tombol restore lalu sesuaikan ukuran dengan menggunakan mouse atau touchpad. Demikian cara melihat tampilan web browser versi mobile di PC/Laptop, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam menggunakan perambah situs web Firefox, Google Chrome dan Opera browser.


EmoticonEmoticon