Tuesday 31 May 2016

Mengganti Warna Background Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon

Mengganti Background Nemo File Manager - Warna dari latar jendela Nemo File Manager menyesuaikan dengan tema yang digunakan di Linux Mint Cinnamon. Pada dasarnya warna latar/background dari Nemo cenderung berwarna cerah (putih) dengan warna huruf gelap (hitam).

Tema standard Linux Mint (mint-x) dibuat menggunakan css yang bisa kita edit kodenya. Bila anda sudah mahir dalam membuat kode css (Cascading style sheet) yang sering kita gunakan dalam membangun sebuah situs web, tentu tidak mengalami kesulitan saat mengedit tema di linux mint cinnamon.

Mengganti Warna Background Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon

Mengganti Warna Background Nemo File Manager Linux Mint Cinnamon


Sebagai pemula, kita gunakan saja tema standard linux mint cinnamon untuk kita edit dan ini lebih mudah bila dibandingkan menggunakan tema dari luar linux mint cinnamon hasil unduhan. Supaya lebih rapi dan tidak mengganggu tema aslinya, kita buat salinan tema kemudian kita ubah namanya.

Misalnya kita mengambil tema dengan nama mint-x. Salin dan Tempel tema di folder Beranda => ./themes . Setelah itu kita ubah namanya menjadi mint-x-1 atau nama lainnya, yang penting berbeda dari nama tema yang sudah ada di sistem linux mint cinnamon

Karena folder ./themes merupakan file yang tersembunyi (hidden file), saat kita berada di folder Beranda (Home) tekan tombol [ctrl+h] untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi. Tekan tombol [ctrl+h] sekali lagi untuk mengembalikan file menjadi seperti semula (tersembunyi).

Setelah menyalin dan meletakan tema di folder ./themes dengan nama yang berbeda, kita buka tema tersebut lalu cari file dengan nama cinnamon-applications.css

~./themes => mint-x-1 => gtk-3.0 => apps =>  cinnamon-applications.css

Buka file tersebut dengan penyunting teks gedit,vim,leafpad atau penyunting teks lainnya. Klik dua kali file cinnamon-applications.css secara otomatis file tersebut akan terbuka menggunakan penyunting teks standard linux mint cinnamon "gedit" .

Setelah file cinnamon-applications.css terbuka, terlihat css kode untuk tampilan jendela Nemo File Manager. Tambahkan kode css dibawah ini pada bagian atas sendiri (diatas /*sidebar*/).

/* window */
NemoWindow .view {
    background-color:#000;
    color: #fff;
}

Silahkan ganti kode warna sesuai keinginan. Kita bisa menggunakan aplikasi pemilih warna linux mint (color chooser) untuk mendapatkan kode warna dalam mode html.

background-color = warna latar
color = warna teks

Setelah selesai dalam merubah kode css tema nemo, simpan dan tutup file yang baru kita ubah. Untuk melihat hasil perubahan, kita harus mengganti tema aktif dengan tema yang baru kita edit pada pengaturan tema Linux Mint Cinnamon.

Pengaturan Sistem => Tema => Kontrol => mint-x-1

Selain mengganti warna latar Nemo, kita juga dapat mengganti warna latar sidebar. Kita tinggal mengganti kode pada bagian /* sidebar */ background-color.

NemoWindow .sidebar .view {
    -GtkWidget-focus-padding: 0;
    -GtkWidget-focus-line-width: 1;
    -GtkTreeView-vertical-separator: 0;
    background-color: @nemo_sidebar_bg;
    color: @nemo_sidebar_fg;
    text-shadow: none;
    icon-shadow: none;
}

Ganti kode

background-color: @nemo_sidebar_bg;
color: @nemo_sidebar_fg;

Dengan kode warna yang anda suka misalnya :

background-color: #ffffff;
color: #000000;

Atau kita bisa juga mengganti kode warna pada bagian :

@define-color nemo_sidebar_bg #505050;
@define-color nemo_sidebar_fg #fff;

Yang terletak di bagian paling atas berkas cinnamon-applications.css. Silahkan anda berkreasi dengan tema linux mint cinnamon dan bila mendapatkan sesuatu yang menarik, anda bisa berbagi pada pengguna linux mint lainnya.

Kesimpulan


Untuk merubah warna pada tampilan Nemo File Manager kita dapat melakukannya dengan mengubah kode cinnamon-applications.css pada tema yang akan kita terapkan. Bila ingin mengedit tampilan pada tema cinnamon, kita dapat melakukannya dengan merubah kode cinnamon.css . Kita juga dapat merubah warna dasar tema dengan merubah kode warna pada berkas gtk.main.css . Bila ingin menggunakan tema dari luar linux mint cinnamon, kita dapat mengunduh tema cinnamon di situs spices-cinnamon atau gnome-look .


EmoticonEmoticon