Tuesday 7 June 2016

Koneksi Modem GSM di Linux Mint Menggunakan Applet Pengatur Jaringan

Koneksi Modem GSM Di Linux Mint - Menggunakan modem GSM menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak cara untuk menggunakan internet. Menggunakan jaringan internet tanpa kabel tentu lebih leluasa dan tidak bergantung pada tempat. Salah satu alat untuk dapat terkoneksi dengan internet melalui komputer/laptop adalah menggunakan modem dengan tipe GSM. Kecepatan internet menggunakan moden GSM tergantung dari jenis provider dan paket internet yang kita pakai. Selain itu, faktor lokasi dan cuaca juga akan berpengaruh terhadap kekuatan sinyal internet dan tentu saja akan berpengaruh terhadap kecepatan internet juga. Saat ini teknologi terbaru dari jaringan internet sudah memasuki era 4G LTE. Teknologi 4G LTE memiliki kecepatan internet jauh lebih cepat dari pendahulunya yaitu jaringan 3G.

Koneksi Modem GSM di Linux Mint Menggunakan Applet Pengatur Jaringan

Koneksi Modem GSM di Linux Mint


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara koneksi modem GSM di Linux Mint menggunakan applet Pengaturan Jaringan. Ketika kita menancapkan modem GSM di sistem Linux Mint, modem akan terdeteksi sebagai perangkat CD/DVD. Bila muncul pesan :

"Tidak dapat mengaitkan cd-rom disc"
"Operation Was Cancelled"

Abaikan saja pesan tersebut dan klik 'OK'. Karena sebenarnya modem sudah terdeteksi oleh sistem Linux Mint. Setelah itu kita atur koneksi jaringan internet sesuai dengan modem dan kartu internet yang digunakan.

Sebelumnya kita perlu tahu keberadaan applet pengaturan jaringan di Linux Mint. Applet ini sudah aktif saat kita memulai Linux Mint dan terletak di pojok kanan panel Linux Mint. Berdampingan dengan beberapa applet lainnya (Suara, User, Removable-Drive, Power Manager, Update Manager, Calendar dan Windows Quick List).

Bila kita mendapati applet pengaturan jaringan tidak ada di panel Linux Mint, kita dapat menambahkannya dengan cara sebagai berikut :

Klik kanan Panel => Tambah Applet ke Panel => Pilih Applet 'Pengatur Jaringan' => Klik Tambahkan ke Panel

Menggunakan Applet Pengatur Jaringan


Melalui applet inilah kita dapat mengatur jaringan internet di sistem Linux Mint. Semua perintah dalam bentuk grafis dan mudah untuk digunakan. Kita tinggal ikuti setiap instruksi yang ada dalam mengatur jaringan internet.

1. Membuat Tipe Koneksi Jaringan Internet


Membuat tipe koneksi internet di sistem Linux Mint memang cukup mudah tanpa perlu install driver modem. Kita tinggal tancapkan modem dan ikuti langkah-langkah dalam membuat koneksi internet seperti dibawah.

Bila kita mendapati modem yang memerlukan instal driver maka, instal dirver modem tersebut dan biasanya modem tersebut sudah menyertakan driver modem untuk berbagai sistem komputer (Linux, Windows atau Mac OS). Terutama untuk modem yang support autoconnect (koneksi otomatis)

Linux Mint juga sudah menyediakan data-data standard yang digunakan oleh beberapa provider ternama di berbagai negara. Tentu saja ini lebih mudah dan kita tidak perlu mencari data yang dibutuhkan dalam membuat tipe jaringan karena semuanya sudah tersedia di sistem Linux Mint.

  • Klik pada applet Pengatur Jaringan
  • Pilih Pengaturan Jaringan
  • Pilih Mobile Broadbrand
  • Kita dapat melihat beberapa informasi mengenai modem GSM yang kita gunakan (IMEI, Alamat IP, Jalur Bawaan dan DNS)
  • Klik pada Jaringan dan pilih Tambah Jaringan Baru
  • Selanjutnya kita tinggal ikuti instruksi dari sistem klik tombol lanjutkan
  • Pilih Negara (Indonesia)
  • Pilih Operator (Sesuai provider Internet Yang digunakan misalnya : Telkomsel, Indosat, 3 dll)
  • Pilih Jenis Langganan Internet (Menyetel APN internet, gunakan sesuai tipe paket internet yang digunakan) Misalnya: Jenis Langganan (Indosat IM3/Mentari Volume-Based) maka secara otomatis APN (indosatgprs). Bila kita memilih Jenis Langganan (Tipe Langgananku Tak Terdaftar) maka kita perlu memasukan nilai APN.
  • Terakhir pilih tombol Terapkan

Kita dapat membuat beberapa tipe jaringan sesuai dengan provider dan paket internet yang kita gunakan.

2. Mengaktifkan Jaringan Internet


Tombol Mobile Broadband otomatis akan muncul saat kita menancapkan modem di sistem Linux Mint. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan/nonaktifkan Jaringan Internet.

3. Memilih Jaringan Internet


Langkah terakhir supaya kita dapat menggunakan internet menggunakan modem GSM adalah memilih jenis jaringan internet yang kita gunakan (tergantung provider dan paket internet yang kita gunakan).

Setelah applet Pengatur Jaringan menampilkan indikator sinyal internet, maka internet sudah bisa digunakan. Setiap kali kita mengaktifkan/nonaktifkan internet akan muncul sebuah pesan pemberitahuan yang akan terlihat di layar monitor.

Kesimpulan


Selain menggunakan perintah Grafis, kita juga dapat menggunakan terminal linux untuk connect/disconnect internet, saya akan menguraikannya dalam artikel lain. Demikian cara koneksi modem GSM di Linux Mint dengan menggunakan Applet Pengatur Jaringan. Semoga dapat membantu mereka pengguna baru Linux Mint.


EmoticonEmoticon