Wednesday 15 June 2016

4 Applet Quick Acces Windows di Linux Mint Cinnamon

Tags

Applet Quick Acces Windows Di Linux Mint - Applet digunakan untuk berbagai keperluan dalam menggunakan sistem operasi komputer Linux Mint. Meskipun Linux Mint sudah menyertakan beberapa applet dalam paket instalasinya, kita juga dapat mengunduh berbagai macam applet di situs web cinnamon-spices untuk kita pasang di sistem Linux Mint. Salin dan Tempel applet di ~/Home/.local/share/cinnamon/applets (tekan tombol ctrl-h untuk menampilkan 'hidden file')

4 Applet 'Quick Acces Windows' di Linux Mint, applet , window list, daftar jendela, Cinnamon, Linux

Quick Acces Window


Apa si quick acces window? mungkin kita bisa menyebutnya sebagai akses cepat jendela aplikasi dan program sistem di Linux Mint. Dengan demikian kita akan dimudahkan dalam menggunakan berbagai aplikasi di Linux Mint dan semuanya menggunakan perintah GRAFIS (GUI).

Lalu applet apa saja yang bisa kita gunakan untuk melakukan akses cepat terhadap jendela aplikasi yang aktif?

Ada beberapa applet yang bisa kita gunakan untuk melakukan itu, namun saya hanya akan mengulas empat (4) applet yang sering saya gunakan. Dua applet bawaan Linux Mint dan dua applet lainnya saya ambil dari situs cinnamon-spices.

1. Window List


Applet yang satu ini memiliki tampilan yang cukup classic sama seperti yang kita lihat pada windows XP. Daftar jendela aplikasi yang terbuka akan ditampilkan pada panel Linux Mint. Setiap jendela aplikasi akan menempatkan dirinya masing-masing secara berurutan dengan panjang dan lebar menyesuaikan sesuai ukuran panel.

Kita dapat mengakses jendela aplikasi dengan cepat hanya dengan satu langkah saja. Namun, applet ini kurang efektif bila kita membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak. Kita akan kesulitan dalam memilih jendela aplikasi karena ukurannya yang semakin kecil.

2. Windows Quick List


Bila kita lihat sebuah ikon di sebelah kanan paling pojok panel Linux Mint (default settings), kita akan melihat sebuah applet dengan nama 'windows quick list' dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sama dengan 'daftar akses cepat jendela'. Applet Windows quick list memiliki fungsi untuk melihat dengan cepat daftar aplikasi yang sedang berjalan di komputer beserta ruang kerjanya.

Applet ini sangat berguna dan perlu diaktifkan untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan Linux Mint. Dengan applet 'windows quick list' kita lebih gampang dalam berpindah aplikasi antar ruang kerja.

Untuk lebih menyederhanakan tampilan PANEL Linux Mint, kita dapat membersihkan daftar aplikasi yang sedang aktif/terbuka dengan menghilangkan Applet 'windows list' dan panel akan menjadi bersih hanya ikon dan applet saja yang ada disana.

Klik kanan panel => Tambah applet ke panel => Klik kanan window list => Pilih hapus dari panel

3. Window List With App Grouping


Kita bisa mendapatkan applet Window List With App Grouping di situs cinnamon-spices. Setelah mengunduh dan memasang Applet ini, kita dapat langsung menggunakannya melalui setelan Applet.

Klik kanan panel => Tambah applet ke panel

atau

Menu => Pengaturan Sistem => Preferensi => Applet

Pada jendela setelan applet :

Klik applet Window List With App Grouping => Klik Tambahkan ke panel

Applet Window List With App Grouping akan menampilkan daftar jendela aplikasi yang terbuka berdasarkan kelompok. Daftar kelompok ini didasarkan pada aplikasi/program. Bila kita membuka lebih dari satu jendela aplikasi yang sama, maka akan dikelompokan dalam satu daftar saja. Saat kita melayangkan mouse di atas daftar aplikasi tersebut, maka akan ditampilkan seluruh jendela aplikasi dalam satu kelompok. Hampir sama dengan tampilan daftar jendela pada windows 7.

Window List With App Grouping dilengkapi juga dengan pengaturan beberapa fungsi dan tampilan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Number Display = Mengatur tampilan angka jumlah tampilan jendela aplikasi (Normal, Smart, All, None)
  • Title Display = Mengatur judul tampilan jendela aplikasi (Focuses, Title, App, None)
  • Show Pinned apps = Menampilkan aplikasi yang di-pinned (disematkan/diletakan di Window List With App Grouping)
  • Arrange Pinned app = Aktifkan setelan ini bila kita ingin memindahkan/menggeser ikon aplikasi yang sudah di-pinned
  • Group apps into single icon
  • Icon Padding = Jarak antar ikon aplikasi
  • Hover peek = Terdiri dari dua bagian yaitu Window fade time dan Window opacity (Silahkan atur sesuai keinginan)
  • Thumbnail Settings = Berbagai setelan Thumbnail (Tampilan saat mouse melayang diatas ikon). Thumbnail time out, Thumbnail Size, Show Thumbnail, Vertical Thumbnail, Stack Thumbnail dan Open Thumbnails OnClick.

4. Windows QuickList With Close Button


Hampir sama dengan window quick list (Applet Standard Cinnamon). Pada Windows QuickList With Close Button ditambahkan tombol 'close' dan pengelompokan jendela aplikasi yang sama dalam satu grup. Kalau dilihat dari tampilannya, Applet ini mirip dengan window quick list yang sudah dimodifikasi. Beberapa elemen fungsi ditambahkan seperti tombol 'close' dan 'Pengelompokan (Group)'.

Applet ini bisa kita dapatkan di situs web cinnamon-spices.linuxmint.com

Kesimpulan


Keberadaan Applet sangat membantu kita dalam menggunakan Linux Mint. Applet bawaan Linux Mint sudah cukup lengkap, kita tinggal menggunakannya saja. Kita juga dapat menambahkan Applet yang kita buat sendiri atau hasil unduhan. Bila anda mahir otak-atik kode di dalam Applet, anda bisa membuat sendiri Applet dengan berbagai fungsi yang menarik.


EmoticonEmoticon