Thursday 16 June 2016

Cara Menggunakan CMUS, Pemutar Musik Ringan Berbasis Console Di Linux

Pemutar Musik Ringan Linux Mint -  CMUS merupakan aplikasi pemutar file audio (suara) berbasis perintah teks (konsol). CMUS sangat ringan berjalan di komputer dan cocok bagi kita yang suka menggunakan perintah teks Terminal linux. Aplikasi pemutar musik ini memiliki tampilan yang sangat simpel, hanya berupa teks saja dan dalam mengoperasikannya, kita harus tahu fungsi-fungsi tombol player dari cmus ini. Tidak butuh waktu lama, hanya beberapa menit saja pasti sudah dapat mengoperasikan pemutar musik berbasis perintah teks ini dengan baik.

Cara Menggunakan CMUS di Linux Mint


CMUS perlu kita pasang terlebih dulu di sistem Linux Mint/Ubuntu. Cukup dengan buka terminal linux [CTRL+ALT+t] lalu ketik perintah dibawah ini :

sudo apt-get install cmus

Bila ingin mengunduh file installer CMUS, kita bisa memperolehnya di situs web cmus.github.io dalam bentuk file yang terkompresi (cmus.tar.gz). Selanjutnya  baca Cara instal file program di Linux Mint secara offline

Setelah proses instal cmus selessai, kita dapat menjalankan aplikasi ini melalui terminal linux dengan mengetikan perintah cmus dan setelah itu kita akan melihat antarmuka cmus pada terminal. Berikut ini langkah-langkah dasar dalam menggunakan CMUS music player.

  • Membuka CMUS musik player
  • Menambahkan file musik ke Library
  • Memutar musik dari Library
  • Mengelola daftar antrian di CMUS
  • Mengelola Playlist
  • Mencari Track musik
  • Mengganti Tema CMUS
  • Membuat KeyBindings (Mirip Tombol Shortcut)
  • Menutup CMUS musik player

1. Membuka CMUS musik player


Setelah kita memasang CMUS musik player di sitem Linux Mint, kita dapat langsung membukanya melalui terminal linux. Buka terminal linux lalu ketik cmus dan tekan tombol enter.

Kurang lebih tampilan dari cmus musik player adalah seperti dibawah ini :

CMUS , "Console Music Player" Linux Mint Yang Cepat dan Ringan Berjalan di Komputer , Terminal, linux mint

2. Menambahkan File Musik ke Library CMUS


Untuk menambahkan file musik ke dalam Library playlist CMUS, gunakan tombol berikut ini :

  • Angka 5 = Menampilkan Direktori File Penyimpanan
  • Tombol a = Menambahkan file musik ke Library CMUS
  • Tombol Enter = Masuk ke direktori/folder
  • Anak panah (Atas/Bawah) = Berpindah file
  • Backspace = Kembali ke direkrori sebelumnya

Setelah kita menekan tombol 'a', kita akan dibawa ke next file yang ditandai dengan highlight ( hal ini memudahkan kita saat menambahkan file musik dalam jumlah banyak). Kita juga dapat melihat durasi waktu dari total file musik yang kita tambahkan di library pada kolom yang terletak di bagian bawah jendela CMUS.

Perlu kita ketahui, CMUS tidak memindahkan dan membuat salinan file

3. Memutar Track Musik di Library


Setelah selesai menambahkan file musik ke dalam library, selanjutnya kita tinggal memutar setiap track musik. Tekan tombol '2' untuk menampilkan jendela sederhana library CMUS. Setelah itu gunakan tombol anak panah untuk memilih track musik, lalu tekan enter untuk memainkan musik.

Beikut ini beberapa tombol keyboard yang dapat kita gunakan untuk memutar musik di cmus :

  • Tombol c = jeda/lanjutkan
  • Tombol b = Memutar track musik berikutnya (player-next)
  • Anak panah (kanan dan kiri) = Menuju track musik sejauh 10 detik
  • Tombol ‘<’  dan ‘ >’ = Menuju track musik sejauh 1 menit

Pastikan mode yang aktif adalah all from library (lihat pojok kanan bawah) bila kita akan memutar seluruh musik yang ada di library CMUS

Tekan tombol 'm' untuk beralih ke mode lainnya (artis from library dan album from library).
Lihat disebelah kanan bawah jendela CMUS. Disana terlihat tanda grep '|' dan disebelah kanannya terdapat huruf 'C'. CMUS akan menampilkan 3 mode dalam memainkan musik, bila semuanya aktif.

C = Continue

Bila mode ini dalam kondisi nonaktif/off , CMUS tidak akan menampilkan huruf 'C' disebelah kanan tanda grep '|' dan CMUS akan berhenti memainkan track musik setelah selesai dengan satu track musik tanpa melanjutkan ke track berikutnya.

Untuk mengaktifkan dan nonaktifkan mode Continue, tekan tombol 'shift+c' .

R = Repeat

Tekan tombol 'r' untuk mengaktifkan dan nonaktifkan mode Repeat. Saat mode ini 'on' setiap kali CMUS selesai memutar satu track musik, maka track musik tersebut akan diputar lagi dari awal tanpa berpidah ke track musik lainnya.

S = Shuffle

Tekan tombol 's' untuk mengaktifkan dan nonaktifkan mode shuffle/acak. Bila mode shuffle dalam kondisi aktif, CMUS akan memilih track musik yang ada dalam grup library secara acak setiap kali berpindah track musik.

4. Mengelola Daftar Antrian di CMUS


Tekan tombol '4' untuk melihat daftar antrian musik. Tampilannya hampir sama dengan tampilan library. Karena kita belum menambahkan musik ke dalam daftar antrian, maka daftar antrian dalam keadaan kosong tanpa ada track musik yang bisa kita putar.

Lakukan seperti langkah ke-2 untuk menambahkan musik ke dalam antrian CMUS. Tekan tombol '5' lalu pilih musik yang akan kita tambahkan ke daftar antrian lalu tekan tombol 'e' (enqueue).

CMUS akan memutar musik yang sudah ditambahkan ke dalam daftar antrian secara urut dari track musik pertama hingga terakhir atau dalam kata lain disebut FIFO (First IN First OUT ). Mode Shuffle (acak) tidak berlaku di daftar antrian.

Setiap musik yang ditambahkan ke daftar antrian akan menempatkan diri secara urut dan tidak menyela (mengganggu) track musik lainnya yang sedang diputar

Ketika selesai memutar satu track musik, maka secara otomatis akan memutar track musik berikutnya dan musik yang sudah selesai diputar akan terhapus dari daftar antrian. Ketika semua track musik yang ada didalam daftar antrian telah selesai diputar, maka daftar antrian akan kosong kembali.

Gunakan tombol 'p' untuk mengatur urutan track musik di daftar antrian dan tombol 'shift+d' untuk menghapus track musik dari daftar antrian.

5. Mengelola Playlist


Playlist bekerja seperti library lainnya. Kita dapat menambahkan track musik ke playlist dengan menekan tombol 'y'. Kita dapat membuat sebuah campuran musik berbagai genre dan album ke dalam playlist CMUS.

Gunakan tombol 'p' untuk mengatur urutan track musik di daftar antrian dan tombol 'shift+d' untuk menghapus track musik dari daftar antrian

Tekan tombol angka '3' untuk memasuki jendela playlist CMUS. Untuk memutar track musik pada playlist, pilih salah satu playlist lalu tekan 'enter'. Gunakan mode playlist dengan menekan tombol 'shift+m' saat memutar track musik di playlist (lihat pada kanan bawah jendela cmus 'playlist | CRS') .

Saat menambahkan track musik ke dalam playlist, tidak berpengaruh terhadap apapun di CMUS. Semua dapat kita lakukan dengan mudah dan nyaman

6. Mencari Track Musik


Mencari track musik di dalam library CMUS dapat kita lakukan dengan mudah. Tekan tombol angka '2' untuk memasuki jendela library CMUS. Selanjutnya tekan tombol '/' lalu ketik kata yang tepat track musik apa yang kita cari. Tekan tombol enter untuk keluar dari kolom pencarian dan selanjutnya tekan tombol 'n' untuk mencari kata yang tepat berikutnya.

Kita juga dapat menggunakan tombol papan ketik untuk mencari track musik. Tekan tombol angka '1' untuk menampilkan library dalam bentuk pohon-batang (tingkatan). Gunakan tombol anak panah (atas bawah) untuk memilih musik berdasarkan nama artis dan album.

Tekan tombol 'spasi' untuk menampilkan track musik di dalam album, lalu tekan tombol 'tab' untuk berpindah dari jendela artis/album ke jendela track musik.

7. Mengganti Tema CMUS


CMUS menggunakan tema default ketika kita menjalankannya untuk pertama kali. CMUS memiliki beberapa tema yang dapat kita lihat di direktori ~/usr/share/cmus (green.theme, green-mono-88.theme, zenburn.theme dll).

Tekan tombol angka '7' untuk menampilkan jendela setting di CMUS. Untuk mengganti tema, kita ketik pada kolom 'command prompt' (paling bawah) perintah berikut ini :

: colorscheme nama_tema

misalnya

: colorscheme green

Kita juga dapat menambahkan tema cmus lainnya yang bisa kita peroleh dengan mengunduh tema pada situs web penyedia tema untuk cmus dan setelah itu salin dan tempel tema pada direktori ~/usr/share/cmus.

8. Membuat KeyBindings (Mirip Tombol Shortcut)


Kita mengoperasikan CMUS (C* Music Player) dengan menggunakan tombol papan ketik seperti layaknya sebuah tombol 'shortcut'. Tekan tombol angka '7' untuk menampilkan jendela 'settings' CMUS.

Terlihat tombol-tombol akses cepat yang dapat kita gunakan untuk mengoperasikan CMUS. Kita dapat mengubah dan membuat tombol perintah tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih salah satu tombol
  • Tekan Enter (terlihat dalam kolom perintah setelan tombol tersebut)
  • Ubah dengan nilai lainnya

Misalnya Saya akan mengubah tombol player/pause di CMUS. Saya akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Tekan tombol angka '7' untuk melihat list perintah di CMUS
  • Mencari setelan tombol dengan nama : common c player-pause
  • Tekan Enter
  • Lihat di pojok kiri bawah terdapat perintah teks ':bind -f common c player-pause
  • Ganti huruf 'c' dengan huruf atau angka lainnya yang belum digunakan sebagai perintah di CMUS (Huruf kecil dan Besar merupakan suatu yang berbeda 'case sensitive')

Untuk membuat tombol perintah baru, lihat pada 'Unbound Commands'. Disana terlihat beberapa perintah yang belum memiliki 'keybindings'. Ganti <key> dengan tombol yang akan kita gunakan sebagai 'keybindings'.

9. Menutup CMUS musik player


Setelah selesai menggunakan CMUS (C* Music Player) tekan tombol 'q' lalu tekan tombol 'y' untuk keluar dari CMUS. Semua setelan, library, queue dan playlist akan tersimpan. Lebih lengkap mengenai cmus dapat kita lihat pada manual CMUS, ketik pada terminal :

man cmus

Kesimpulan


CMUS merupakan salah satu player favorit saya karena ringan berjalan di sistem komputer. Tampilannya sederhana dan cukup mudah untuk menggunakannya sebagai sebuah console player.
Demikian cara install dan menggunakan CMUS (C* MUSIC PLAYER) di Linux Mint. Salam linux

Ref : github.com/cmus


EmoticonEmoticon