Monday 12 June 2017

Cara Instal Plank Dock Di Ubuntu, Mint, Debian

Plank Dock – Aplikasi dock paling populer di sistem operasi Linux ini dapat kita instal dengan cukup mudah pada distribusi Linux Ubuntu (16.04 ke atas) dan Linux Mint (versi 18 ke atas). Paket aplikasi Plank Dock sudah terdapat di repository dan kita cukup instal aplikasi ini seperti layaknya instal aplikasi Linux pada umumnya.

Plank Dock menjadi populer dan diminati oleh para pengguna distro Linux karena tampilannya yang simpel dan elegan serta tidak memerlukan sumber daya yang besar untuk menjalankannya. Plank cocok bagi mereka yang menggunakan komputer dengan sumber daya berasal dari batereai seperti misalnya: Laptop.

Meskipun terdapat beberapa aplikasi dock dengan tampilan yang lebih bervariasi, seperti misalnya Docky atau Cairo Dock, Plank tetap menjadi pilihan terbaik karena selain hemat daya, Plank juga dilengkapi dengan tema yang beragam. Banyak distro Linux populer menyertakan Plank pada repository-nya bahkan menjadi aplikasi default sistem, seperti Elementary OS.

Cara Instal Plank Dock Di Ubuntu, Mint, Debian

Instal Plank Di Ubuntu Dan Linux Mint


Proses instal Plank di Ubuntu dan Linux Mint cukup mudah, kita tinggal buka terminal lalu ketik perintah di bawah ini :

sudo apt-get install plank

Bila kita tidak terbiasa menggunakan terminal untuk menjalankan perintah di sistem Linux, kita bisa gunakan aplikasi berbasis GUI dengan perintah grafis yang tentunya lebih mudah dan disukai oleh mereka yang baru menggunakan sistem operasi Linux atau baru beralih dari Windows ke Linux.

Silahkan baca : Cara instal aplikasi di Linux paling mudah

Bila kita menggunakan distro Linux selain Ubuntu dan Linux Mint, kita dapat menambahkan ppa: ke dalam sistem komputer:

sudo add-apt-repository ppa:docky-core/stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank

Atau bila ingin menggunakan Plank versi terbaru, kita bisa menambahkan ppa untuk versi testing dari Plank Dock.

sudo add-apt-repository ppa:ricotz/docky
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank

Setelah proses  intall Plank Dock selesai, kita bisa tambahkan beberapa tema Plank Dock dengan cara sebagai berikut:

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank-themer
cd /tmp/ && ./Replace.sh;cd

Masih kurang puas dengan tema yang ada, kita dapat menambahkan tema Plank Secara Manual.
  • Pertama Download tema plank di situs web penyedia tema untuk Plank Dock (silahkan googling)
  • Kedua, ekstrak file hasil download tersebut
  • Ketiga, letakan (copy & paste) tema Plank Dock pada direktori /usr/share/plank/themes atau pada lokal komputer .local/share/plank/themes (gunakan tombol ctrl-h pada direktori home untuk menampilkan file yang tersembunyi).

Instal Plank Di Debian


Pengguna distro Linux Debian nampaknya belum dapat langsung instal aplikasi Plank Dock melalui stable repository Debian 8 Jessie. Plank masih berada pada tahap testing, bila kita ingin instal Plank maka harus merubah stable repository ke testing.

Baca : Cara menggunakan testing dan unstable repository Debian

Meskipun begitu, tanpa perlu mengganti stable repository ke testing pun kita masih dapat instal Plank Dock, dengan cara buil from source. Berikut cara build from source Plank Dock di Linux Debian 8 Jessie (Dapat juga dilakukan pada distribusi Linux lainnya, termasuk Ubuntu dan Linux Mint) :
  1. Download File Source Plank Dock pada alamat web site https://launchpad.net/plank
  2. Ekstrak file hasil download dengan manajer arsip (engrampa, file-roller atau yang lainnya). Klik kanan pada file plank.tar.xz lalu pilih ekstrak di sini
  3. Instal dependendy untuk plank dock, lihat di bawah
  4. Instal plank dock, lihat di bawah

Dependency Plank Dock

  • automake
  • gnome-common
  • intltool (>= 0.35)
  • libtool
  • pkg-config
  • valac (>= 0.14.1)
  • libbamf3-dev (>= 0.2.94)
  • libdbusmenu-gtk3-dev (>= 0.6.2) (optional)
  • libgdk-pixbuf2.0-dev (>= 2.26.0)
  • libgee-dev (>= 0.5.2)
  • libglib2.0-dev (>= 2.32.0)
  • libgtk-3-dev (>= 3.0.0)
  • libwnck-3-dev
  • libx11-dev
Instal dependency dengan mengetikan baris perintah teks di bawah ini pada terminal Debian (masuk sebagai root)

apt install automake gnome-common intltool pkg-config valac libbamf3-dev libdbusmenu-gtk3-dev libgdk-pixbuf2.0-dev libgee-dev libglib2.0-dev libgtk-3-dev libwnck-3-dev libx11-dev libgee-0.8-dev

Install satu persatu tiap paket juga bisa, silahkan gunakan cara yang paling mudah dalam menginstal paket aplikasi Linux.

Instal Plank Dock

Proses build from source untuk instal Plank di Linux Debian dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu:
  1. Konfigurasi
  2. Make
  3. Make Install
Setelah semua proses di atas selesai, buka folder hasil ekstrak source file Plank Dock, klik kanan lalu pilih “open in terminal” (intinya membuka folder hasil ekstrak di terminal Debian). Pada terminal Debian (tidak masuk sebagai root), ketik perintah :

./configure

Tunggu hingga proses konfigurasi file selesai. Pastikan tidak ada pesan error saat proses konfigurasi file, biasanya bila ada pesan error terdapat dependency yang belum terinstall.

Setelah proses konfigurasi selesai, masih dalam terminal Debian (tidak masuk sebagai root), ketik perintah berikut ini :

make

Tunggu hingga proses selesai, setelah itu baru install plank dock. Masih dalam terminal Debian (masuk sebagai root) ketik perintah berikut ini :

make install

Setelah proses instal Plank Dock selesai, update shared library dengan mengetikan perintah teks di bawah ini (masuk sebagai root) :

ldconfig

Selesai!, kini kita dapat menjalankan Plank Dock di Linux Debian. Baca juga : cara membuat sudo user di linux debian

Lihat pada direktori /usr/share/local/bin pastikan file executable plank terdapat di folder tersebut. Untuk menjalankan plank, kita dapat klik dua kali file tersebut atau bisa juga melalui Menu > Aksesories > Plank atau ketik plank di terminal Debian (tidak perlu masuk sebagai root)

Supaya plank dapat berjalan secara otomatis ketika komputer pertama kali dihidupkan, tambahkan plank pada “Startup Application” sistem komputer.

Kesimpulan


Meggunakan aplikasi Plank Dock dapat mempercantik dan mempermudah kita dalam menggunakan komputer dengan sistem Linux di dalamnya, terutama yang menggunakan desktop Mate, Cinnamon, Xfce atau Lxde. Bila dalam repository sistem operasi komputer sudah terdapat paket aplikasi plank dock, sebaiknya kita instal dari repository saja untuk hasil yang lebih baik. Demikian Cara instal plank dock di Linux Ubuntu, Mint dan Debian. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya.


EmoticonEmoticon