Monday 20 June 2016

Cara Menggunakan Mode Ubin dan Menjepit Jendela di Linux Mint

Mode Ubin dan Menjepit Jendela Linux Mint Cinnamon - Ingin mengetahui cara mengatur jendela-jendela aplikasi di desktop Cinnamon seperti menata sebuah ubin? Linux Mint menyediakan fasilitas ini dan kita dapat menggunakan serta mengatur mode 'Ubin dan Menjepit' sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Mungkin kita tidak akan perlu merubah pengaturan pada ubin dan menjepit bila kita tidak terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu area kerja desktop komputer. Karena, ubin dan menjepit jendela aplikasi akan berguna bila kita membuka banyak aplikasi dan melalui cara inilah kita dapat mengatur setiap posisi dari jendela aplikasi dalam desktop komputer.

Cara Menggunakan Mode "Ubin dan Menjepit" Jendela di Linux Mint

Cara Menggunakan Mode "Ubin dan Menjepit" Di Linux Mint Cinnamon


Pada contoh kali ini saya menggunakan sistem operasi Linux Mint Cinnamon. Sedangkan bagi pengguna lingkungan desktop selain Cinnamon dapat menyesuaikan (bila terdapat pengaturan ubin dan menjepit/window Tilling)

Buka Pengaturan Sistem => Preferensi => Window Tiling

Setelah itu, silahkan atur setelan untuk 'Ubin dan Menjepit' jendela sesuai keinginan. Menggunakan mode 'Ubin dan Menjepit' caranya cukup mudah. Kita tinggal menarik jendela aplikasi ke sisi kanan-kiri atau atas-bawah. Setelah terlihat ambang penampakan untuk mengubinkan jendela, tekan tombol 'CTRL' lalu lepaskan jendela aplikasi.

Tombol CTRL yang kita gunakan untuk masuk pada mode jepret jendela, dapat kita ubah dengan tombol lainnya. Kita dapat melakukannya melalui setelan Window Tilling bagian "Pemodifikasi Yang Digunakan Sebagai Pengalih Antara Mode Ubin dan Derek".

Kita bisa menggunakan tombol CTRL, SHIFT, ALT DAN SUPER (Window)

Setelah itu jendela akan menempatkan diri dalam mode Ubin di bidang layar monitor yang dituju.

Ambang Penampakan


Ambang Penampakan akan menampilkan luas bayangan area peng-ubin-an. Kita dapat mengaturnya melalui jendela setelan 'Window Tilling' pada bagian 'Mengubinkan ambang penampakan HUD (pixel)', stkitardnya (25px).

Perbesar Penuh Jendela


Saat kita menarik jendela ke layar monitor bagian atas, kita dapat memaksimalkan tampilan jendela tersebut dengan mengaktifkan bagian setelan pada "Perbesar Hingga Penuh, Daripada Mengkotakkan, Ketika Menarik Sebuah Jendela Ke Ujung Atas".

Efek Suara Mode Ubin dan Menjepret Jendela


Sebelumnya saya sudah memposting artikel tentang pengaturan efek suara di linux mint. Termasuk didalamnya terdapat pengaturan efek suara saat berpindah mode 'Ubin dan Menjepret Jendela'.

Caranya adalah sebagai berikut :
Masuk ke pengaturan suara, lalu aktifkan/nonaktifkan Mode ubin dan menjepret jendela. Selain itu kita juga bisa mengganti jenis efek suara sesuka hati dengan file lain yang memiliki format yang didukung oleh sistem (ogg,wav,oga).

Mungkin kita sering menyeret jendela aplikasi ke segala arah di layar monitor. Saat berada di tepi layar monitor, terdapat tampilan ambang penampakan untuk mengubinkan jendela.

Bila kita nyaman dengan hal ini tentu bukan masalah dan kita nyaman dalam menggunakan mode Ubin dan Menjepit. Namun, bila hal tersebut hanya mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dalam menggunakan komputer, lebih baik kita nonaktifkan saja.

Kesimpulan


Mungkin kita jarang menggunakan mode Ubin dan Menjepit saat melakukan aktivitas di depan komputer. Coba kita lakukan setelah membaca artikel ini dan lihatlah tampilan peng-ubin-an jendela aplikasi. Bila kita tertarik dengan mode ubin dan Menjepit ini, kita bisa menggunakannya setiap saat di keseharian kita.OS = Linux Mint Cinnamon 17.3 Rosa. Sekian dan Terima Kasih


EmoticonEmoticon