Saturday 16 January 2016

Pilih OpenJDK Atau Oracle JAVA

Java Dan OpenJDK - Program Java merupakan salah satu aplikasi yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan dan membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java. Hampir semua platform komputer dapat di instal Java sesuai dengan slogan Java yaitu “write once run anywhere”. Java kini menjadi salah satu bahasa pemrogaman komputer paling populer denga jutaan pustaka library yang siap untuk digunakan.

Kita sering melihat aplikasi Java pada sistem operasi Windows , MAC OS , Linux maupun pada sistem komputer lainnya. Bila sebelumnya aplikasi Java adalah produk resmi dari perusahaan Oracle, namun sejak tahun 2006 sun microsystems berupaya untuk membuat proyek baru Java yang didukung oleh para komunitas Java dan kemudian diberi nama OpenJDK. Linux Mint sendiri menggunakan OpenJDK JRE sebagai aplikasi default sistem.

Yang membedakan dari keduanya adalah dalam hal open source. Kode binary dari Oracle Java tidak semuanya dibebaskan melainkan ada beberapa kode binary yang melibatkan pihak ketiga sehingga tidak sepenuhnya open source. Sedangkan openJDK murni open source dan sampai sekarang masih terus dikembangkan dan banyak digunakan sebagai aplikasi default sistem berbagai distro linux.

PILIH ORACLE JAVA atau OpenJDK


Pilih openJDK atau Oracle JAVA
Pilih openJDK atau Oracle JAVA

  • Oracle JDK sebelumnya disebut SUN JDK , namun setelah diambil alih oleh Oracle namanya diganti menjadi Oracle JDK.
  • OpenJDK merupakan implementasi open source dari platform Java Standard Edition dengan kontribusi dari Oracle dan komunitas Java.
  • OpenJDK adalah implementasi referensi resmi untuk Java Standard Edition dari Java SE 7.
  • OpenJDK rilis dibawah lisensi GPL v2, sedangkan Oracle JDK dibawah lisensi dari Oracle Binary Kode.
  • Proses pembuatan Oracle JDK sebenarnya berasal dari sumber kode openJDK, jadi secara teknis tidak ada perbedaan antara keduanya.
  • Oracle JDK mencakup Java PLugin dan Java Webstart.
  • OpenJDK Font Rendering dan Oracle JDK Flight Recorder adalah perbedaan utama antara Oracle JDK dan OpenJDK
  • JRockit merupakan komponen dari Oracle JVM dan dari Java SE 7, kemudian HotSpot dan JRockit bergabung menjadi satu ke dalam JVM, jadi sekarang hanya tersedia HotSpot JVM.
  • Tidak ada informasi resmi berapa biaya untuk mendapatkan lisensi Oracle komersial. Untuk mendapatkan lisensi Oracle, kita perlu menghubungi bagian penjualan Oracle secara langsung.
  • Sedangkan OpenJDK dapat kita dapatkan secara Gratis dan dapat digunakan sesuai lisensi GPLv2.    Ada suatu kasus dimana seseorang mengklaim bahwa ia memiliki masalah saat menjalankan OpenJDK dan masalah tersebut dapat dipecahkan ketika beralih ke Oracle JDK. Ini adalah klaim yang dibuat dalam forum publik dan tidak dapat diverifikasi. Mengingat fakta bahwa Oracle JDK mendapat sumbernya dari OpenJDK hal ini sulit untuk dibukikan.
  • Bila kode sumber Oracle JDK dari OpenJDK maka, saat menggunakan OpenJDK mengalami masalah kemungkinan bila menggunakan Oracle JDK juga akan mengalami masalah yang sama.
  • Distribusi Linux besar seperti Ubuntu, Fedora dan Red Hat Enterprise Linux menawarkan OpenJDK sebagai standar pelaksanaan Java SE mereka.
  • Sedangkan twitter memiliki JDK sendiri.
  • Software seperti Android Studio, Intelli J IDEA, Minecraft berharap menggunakan Oracle JDK.
  • Tujuan dari OpenJDK 8 dan OpenJDK 9 sama seperti OpenJDK 7 yaitu menyediakan referensi sumber terbuka untuk implementasi Java Standard Edition

Kesimpulan


Setelah mengetahui perbedaan dan persamaan OpenJDK dan Oracle JDK trus pilih yang mana ya? bagi saya keduanya sama , namun Oracle JDK memiliki lebih banyak fiture bila dibandingkan dengan OpenJDK. Untuk pecinta open source, pasti akan pilih OpenJDK.

"KEEP SMILE N ENJOY YOUR TIME"

Referensi: Javapapers


EmoticonEmoticon